TRIK MEMAHAMI PELAJARAN DENGAN CEPAT

Posted by on 23 May 2015 - 9:46 AM

Apakah anda mengalami kesulitan menyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas anda? Jika ya, mungkin anda pernah bertanya dalam hati kenapa teman anda bisa begitu mudah menangkap pelajaran yang sedang kalian pelajari. Anda mungkin berfikir apa yang dilakukan teman anda sehingga ia bisa seperti itu. Anda tidak perlu bertanya apa yang ia makan karena kita semua makan nasi. Anda mungkin berfikir untuk mengonsumsi suplemen otak tetapi ternyata hal itu juga tidak membantu. Jika teman anda bisa, maka anda juga bisa. Semua manusia pada awalnya sama. Sama-sama tidak tahu. Sebenarnya tidak ada manusia yang bodoh, yang ada hanya manusia malas. Kemalasanlah yang menyebabkan kita semakin bodoh. 

Yang perlu anda lakukan jika anda mengalami kesulitan dalam menyerap pelajaran adalah mengubah cara belajar anda. Karena daya serap masing-masing orang berbeda-beda maka anda harus menyesuaikan kapasitas anda dan mengoptimalkannya. Teman anda mungkin terlihat begit mudah memahami materi yang sedang diajarkan. Dia terlihat begitu cerdas dan tak terkalahkan. Tapi percayalah, kelebihan yang dimiliki teman anda tidak datang begitu saja. Semua karena ada ketekunan. Yang membuat kalian berbeda hanya ketekunan dan pola fikir. 

Anda mungkin tidak mengerti dengan detail bagaimana cara teman anda memahami pelajaran. Anda memperhatikannya mampu memahami pelajaran begitu pelajaran tersebut dijelaskan. Tetapi anda tidak melihat bahwa ada usaha lain yang ia lakukan sebelum pelajaran tersebut disampaikan. Secara umum, berikut beberapa hal yang dilakukan orang-orang agar bisa menyerap pelajaran dengan mudah. 
  1. Pusatkan Perhatian Anda Pada Guru

    Ketika guru anda menjelaskan di depan kelas, maka usahakan fokus anda hanya tertuju padanya. Cermatilah setiap kata-katanya dan tanyakan apa yang kurang anda pahami. Jangan malu-malu itulah kuncinya. Sebagian besar murid cenderung tidak suka mendengarkan penjelasan guru sehingga apa yang disampaikan masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Sebagian lagi bahkan baru masuk telinga kanan langsung mendal.

    Memang benar, adakalanya guru tidak pandai menguasai kelas dan kurang pandai dalam menyampaikan ilmu. Akan tetapi, bagaimanapun keadaan guru di depan, tujuannya adalah menyampaikan ilmu dan jika anda mengabaikannya begitu saja maka tidak akan ada berkah yang anda dapat. Bahkan murid pintar sekalipun, jika ia mengabaikan gurunya dan menganggap sepeleh maka ilmu yang ia dapat tidak akan berkah. God knows that.

    Yang perlu anda lakukan ketika mendengarkan penjelaan guru adalah mencatat poin-poin penting yang perlu anda ingat. Sekalipun guru anda mungkin memberi kesempatan untuk mencatat, akan tetapi biasanya kata kunci mengenai catatan itu berada pada ucapan-ucapannya. Misalnya, anda sedang belajar fisika kemudian guru anda menjelaskan rumus tentang usaha, maka tidak mungkin semua yang ia jelaskan terulis di papan tulis. Poin-poin penting penerapan rumus tersebut kebanyakan justru tersiat dari penjelasan-penjelasan yang ia sampaikan secara lisan. Jika ana tidak mendengarkan secara sesama tentu anda tidak akan paham mengenai rumus tersebut.

  2. Perbaiki Catatan dan Mengulangi pelajaran

    Catatan-catatan yang anda buat ketika mendengar penjelasan guru mungkin akan berantakan karena anda harus menulis dengan cepat dan hanya poin-poin pentingnya saja. Oleh karena itu perbaikilah catatan tersebut dan kembangkan sesuai dengan pemahaman yang masih melekat di kepala anda. Sussun catatan anda sedemikian rupa sehingga anda mudah memahaminya. Dengan cara ini, anda akan terbiaa mengulang pelajaran yang telah anda pelajari di sekolah.

  3. Selalu Selangkah Lebih Maju

    Ketika anda belajar, maka perhatikanlah materi selanjutnya yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Terkadang sebagian guru megingatkan kita untuk mempelajari topik tertentu. Ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama dan anda mungkin akan merasa bosan, tetapi jika telah terbiasa maka ini bisa anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Dan jika itu terjadi, maka anda akan lebih mudah memahami materi yang dijelaskan sebab anda sudah punya gambaran mengenai materi tersebut.

    Dengan mempelajari suatu materi sebelum materi tersebut dijelaskan guru di sekolah, maka anda akan selangkah lebih maju dari teman-teman anda yang sama sekali belum mempelajarinya. Sebenarnya sebagian teman anda terlihat mudah memahami pelajaran yang sedang dijelaskan, itu tidak lain karena dia sudah mempelajari tentang materi itu sebelumnya (walau sekedar membaca) atau bisa jadi pemahamannya itu bersumber dari ingatan-ingatan akan pelajaran di waktu yang lalu. Ya, bagaimanapun kan pelajaran di sekolah selalu berkesinambungan. Pelajaran SMA merupakan lanjutan dari pelajaran SMP, palajaran SMP merupakan lanjutan dari pelajaran SD.

  4. Selalu siapkan pertanyaan 

    Adakalanya kita sama sekali tidak tahu apa yang tidak kita tahu. Maksudnya, kalaupun diberi kesempatan bertanya kita tidak mau bertanya karena tidak tahu apa yang mau ditanyakan. Biasanya kita baru menemukan kesulitan setelah kita berhadapan dengan soal-soal. Saat itulah kita menyadari bahwa ada yang tidak kita pahami dan saat itu tiba sudah terlambat untuk bertanya. Oleh karena itu selalu sediakan pertanyaan seputar meteri yang akan dipelajari.

    Ketika anda belajar di rumah, maka buatlah beberapa pertanyaan yang memang anda tidak tahu penjelasannya. Ketika materi tersebut dijelaskan maka beberapa pertanyaan anda akan tejawab. Ketika pertanyaan anda belum terjawab, maka saat itulah kesempatan anda untuk bertanya langsung kepada guru. Jangan takut bahwa pertanyaan anda mungkin terdengar konyol atau bodoh karena lebih bodoh jika tidak mau tahu sama sekali.

  5. Pahami Model Soal 

    Terkadang, cara yang paling mudah memahami pelajarn adalah langsung berhadapan dengan permasalahannya. Lihatlah beberapa contoh soal dan perhatikan dengan seksama model soalnya. Hal ini akan sangat membantu anda ketika guru anda menjelaskan contoh soal di papan tulis. Dengan cara ini anda bisa membandingkan beberapa metode penyelesaian dan dengan memahami model-model soalnya, anda secara tidak langsung akan memahami konsep materinya.

  6. Tekun dan Jangan Patah Semangat 

    Selanjutnya tentulah ketekunan. Tidak ada keberhasilan yang digapai hanya dengan bermalas-malasan. Sepintar apapun orang itu, jika malas maka orang yang tekun akan mengalahkannya. Semua orang bisa menjadi pintar karena mereka tekun dalam belajar. Maka itulah yang harus anda lakukan. Lakukan itu untuk anda sendiri karena segala sesuatu yang dilakukan atas dasar kemauan sendiri akan lebih mudah.
    Selain tekun anda juga harus semangat. Jangan pernah patah semangat sekalipun usaha anda belum membuahkan hasil.

    Adakalanya saat menjelaskan, seorang guru hanya berpusat pada satu orang yang pintar di kelas tersebut seolah-olah mereka sedang les privat dan cenderung mengabaikan murid yang lain (karena memang terkadang Cuma murid itu saja yang mau mengikuti). Hal itu tentu membuat beberapa murid patah semangat dan menjadi malas belajar. Jika anda ingin maju, maka janganlah patah semangat hanya karena keadaan seperti itu. Justru sebaliknya, jadikanlah itu pemicu dan motivasi bagi anda. Lakukan yang terbaik maka seiring dengan berjalannya waktu keadaan akan berubah.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment