CARA MENGGAMBAR MASJID DENGAN COREL DRAW

Posted by on 29 June 2015 - 3:18 PM

Gambar ilustrasi merupakan salah satu bagian penting dalam dunia informasi. Adanya gambar ilustrasi membuat informasi yang disajikan menjadi lebih menarik dan membantu pembaca untuk membayangkan keadaan dalam cerita itu. Gambar ilustrasi dapat dihasilkan dengan memanfaatkan berbagai alat baik berupa kamera atau berupa gambar yang dihasilkan menggunakan komputer dan hasil tangan. Dewasa ini sangat mudah untuk mendapatkan gambar yang kita butuhkan untuk mendukung artikel atau untuk sekedar koleksi. Kita bisa mengambilnya dengan kamera kita sendiri atau mendownloadnya dari internet. Meskipun teknologi pengambilan gambar melalui camera semakin berkembang pesat dengan kualitas yang pantas diajungi jempol, tetapi gambar yang dihasilkan secara manual dengan menggunakan perangkat komputer masih cukup digemari terlebih bagi mereka yang hobi menggambar.

Beberapa situs besar juga menggunakan gambar ilustrasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Banyak perangkat yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar menggunakan komputer. Pada kesempatan ini kita akan mencoba menggambar vektor masjid dengan memanfaatkan corel draw.

Untuk menggambar masjid menggunakan corel draw, yang harus kita lakukan pertama kali adalah menggambar bentuk dasar bangunan masjid atau dengan melihat contoh secara langsung tanpa membuat outline terlebih dahulu.

Selanjutnya, berdasarkan contoh atau bentuk dasar yang sudah kita buat, kita kembangkan bentuk-bentuk lainnya yang harus melibatkan beberapa tools dan metode. Ingat bahwa untuk menggambar suatu bentuk kita dapat menggunakan beberapa metode atau alat yang berbeda.

Untuk pewarnaan, kamu bisa mewarnai setiap bentuk atau objek yang baru saja kamu gambar secara langsung atau menunggu setelah objek selesai secara keseluruhan. Akan tetapi, lebih baik jika kita mewarnai di awal agar tidak bermasalah dengan timpang tindihnya.

Untuk menggambar mesjid, kita dapat terlebih dahulu merancang bentuk masjid yang ingin kita gambar. Pada kesempatan ini, kami menggunakan gambar masjid yang terdapat pada sajadah sebagai contoh.

cara menggambar masjid dengan corel draw

Berikut tahap-tahap pembuatannya.
  1. Buka progam corel draw dan buka lembar baru
  2. Dengan menggunakan rectangle tool, buatlah bangunan utama masjid yang berupa gabungan dari beberapa persegi. Untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

    Sesuaikan warnanya sesuai dengan keinginan anda.

  3. Dengan menggunakan bezier pada freehand tool, buatlah komponen utama lainnya yaitu menara masjid seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

    Pada bagian yang melengkung, gunakan shape tool untuk mengkonversi garis ke kurva kemudian atur kelengkungan sesuai dengan keinginan.

  4. Dengan menggunakan rectangle, bezier, dan shape tool, buatlah kubah utama berukuran besar seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

    Setelah kubah besar selesai dan telah digroup, arahkan pick tool ke kubah dan kopi kubah menjadi beberapa kemudian perkecil ukurannya.

  5. Letakkan kubah ke bangunan utama yang kita hasilkan pada langkah 3 di atas dan sesuaikan ukurannya sehingga dihasilkan gambar seperti di bawah ini.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

  6. Selanjutnya, dengan menggunakan rectangle tool, bezier, dan shape tool buatlah pintu dan pemisah ruangan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

    Untuk mempersingkat waktu, copy paste bentuk atau motif yang sama kemudian letakkan di tempat yang diinginkan.

  7. Selanjutnya tambahkan detail dan motif yang diinginkan sehingga dihasilkan gambar yang lebih menarik. Gunakan rectangle tool, bezier, shape tool untuk membentuk motifnya dan gunakan fontain fill untuk menghasilkan gradasi warna.

    cara menggambar masjid dengan corel draw

  8. Tambahkan detail lebih banyak sesuai kreativitas anda. Anda bisa menambah halaman, pohon, awan, burung, atau properti lain yang membuat masjid terlihat lebih menarik.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment