CIRI-CIRI DAN DAUR HIDUP TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA)

Posted by on 08 June 2015 - 9:27 AM

Tumbuhan lumut (Bryophyta) merupakan salah satu divisi dari kormofita berspora. Kormofita berspora adalah tumbuhan berkormus yang sudah memiliki akar, batang, dan daun, tetapi juga dapat menghasilkan sporangium. Kormofita berspora terdiri dari dua divisi yaitu Bryophyta dan Pteridophyta (tumbuhan paku). Tumbuhan lumut merupakan peralihan antara tumbuhan bertalus dan tumbuhan berkormus.

Ciri-ciri Tumbuhan Lumut

Berikut beberapa ciri-ciri umum tumbuhan lumut :
  1. Merupakan peralihan antara tumbuhan talus dan kormus
  2. Merupakan tumbuhan yang hidup sebagai epifit
  3. Hidup kosmopolit (tersebar luas) di tempat lembab, air, daerah tropis, tundra, dan puncak gunung
  4. Susunan tubuh lebih kompleks dari tumbuhan talus
  5. Struktur batang masih sederhana.
  6. Bersifat fotoautotrof sudah mengandung klorofil dalam sel tubuhnya
  7. Batang terdiri dari selapis sel epidermis, beberapa lapis kulit dalam, dan silinder pusat dengan parenkima yang berguna sebagai jaringan pengangkutan
  8. Belum memiliki xylem dan phloem, akar berupa rhizoid
  9. Generasi Gametofit (tumbuhan lumut) lebih dominan bermumur panjang
  10. Generasi sporofit (sporogonium) berumur pendek
Baca juga : Ciri-ciri dan Daur Hidup Tumbuhan Paku.

Struktur Tubuh Tumbuhan Lumut

Karena merupakan peralihan dari tumbuhan talus ke tumbuhan kormus, struktur dan susunan tubuh lumut lebih kompleks dari tumbuhan talus. Tumbuhan lumut memiliki akar, batang, dan daun dengan karakter sebagai berikut :
  1. Ciri-ciri Akar Lumut

    Akar tumbuhan lumut masih berupa akar semu (rhizoid). Sel penyusun akar lumut sejenis dan merupakan sederetan sel yang memanjang. Akar semu ini juga berada pada beberapa bagian sel epidermis.

  2. Ciri-ciri Batang Lumut

    Struktur batang tumbuhan lumut masih sangat sederhana. Batang lumut terdiri atas selapis sel epidermis yang beberapa bagiannya dilengkapi dengan akar semu, beberapa lapisan kulit dalam yang tersusun atas sel-sel berbeda, dan silinder pusat yang disusun oleh jaringan parenkim sebagai alat pengangkut. Batang lumu tbelum dilengkapi dengan berkas pembuluh angkut xylem dan phloem.

  3. Ciri-ciri Daun Lumut

    Tumbuhan lumut memiliki daun yang kecil. Daun lumut tersusun atas selapis sel kloroplas berbentuk jala. Di dalam daun terdapat sel besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.
Baca juga : Perbandingan Daur Hidup Tumbuhan Lumut dan Paku.

Siklus Hidup Tumbuhan Lumut

Daur hidup tumbuhan lumut terdiri dari dua fase yaitu generasi gametofit dan generasi sporofit. Alat perkembangbiakan vegetatif tumbuhan lumut adalah sporogonium yang merupakan tempat menghasilkan spora. Berikut skema daur hidup tumbuhan lumut :

Siklus hidup tumbuhan lumut

Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa pada tumbuhan lumut, yang berperan sebagai generasi gametofit adalah tumbuhan lumut dan yang berperan sebagai generasi sporofit adalah sporogonium.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment