KREASI BUNGA MAWAR DARI KANTUNG PLASTIK BEKAS

Posted by on 04 August 2015 - 9:17 PM

Salah satu jenis sampah yang masih menjadi masalah kebersihan hingga saat ini adalah sampah jenis plastik terutama kantung plastik. Kantung plastik yang digunakan untuk membungkus beberapa barang yang dibeli biasanya akan terbuang begitu saja. Alhasil dimana-mana ada sampah plastik yang merusak pemandangan.

Tak hanya merusak keindahan saja, tentu sampah plastik yang berserakan dapat menimbulkan masalah lingkungan karena sampah plastik sulit terurai. Kalaupun dibakar, sampah-sampah plastik yang menumpuk akan menyebabkan polusi udara apalagi jika pembakaran dilakukan di lokasi padat pemukiman yang minim tempat kosong.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita tidak membuang plastik bekas sembarangan. Kita dapat memanfaatkan kantung plastik tersebut untuk berkreasi. Banyak yang dapat kita lakukan dengan kantung plastik yang sudah tidak terpakai, salah satunya adalah kreasi bunga mawar dari kantung plastik bekas yang tidak ada salahnya kita coba.

Selain mengurangi sampah plastik, hasil pemanfaatan kantung plastik bekas untuk pembuatan kerajinan tangan juga tidak kalah menarik. Seperti halnya bunga mawar ini. Bunga mawar sederhana berbahan dasar kantung plastik bekas ini dapat dijadikan penghias ruangan dan tentu menjadi lebih bermanfaat daripada menjadi sampah.

Alat dan Bahan

Untuk membuat bunga mawar dari kantung plastik, alat dan bahan yang kita perlukan juga sangat mudah didapat dan tidak memerlukan modal yang besar karena dapat memanfaatkan benda-benda bekas di sekitar kita.

DIY bunga mawar dari kantung plastik

Berikut alat dan bahan yang kita perlukan :
  1. Kantung plastik berwarna merah dan hijau
  2. Kawat bekas atau lidi untuk batang
  3. Tali plastik atau benang
  4. Gunting

Bunga mawar dari kantung plastik

Cara Membuat Bunga Mawar Kantung Plastik

Setelah alat dan bahan tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Bentangkan kantung plastik merah dengan rapi kemudian lipat beberapa kali agar mudah untuk dipotong.
  2. Potong kantung plastik secara horizontal dengan tinggi 16 - 20 cm tergantung ukuran bunga yang anda inginkan.
  3. Gunting bagian salah satu ujungnya sehingga didapat bahan persegi panjang dengan panjang sesuai ukuran plastik yang digunakan dan lebar sesuai dengan tinggi yang kita pakai.
  4. Lipat plastik dari atas ke bawah seperti gambar di bawah ini.


  5. Pada bagian atas lipatan, gunakan kedua tangan anda (jempol dan telunjuk) untuk memutar plastik secara berlawanan arah sehingga dihasilkan likukan seperti gambar di atas. Lekukan itu berfungsi untuk membentuk efek kelopak bunga. Saat membuat lekukan, usahakan plastik tidak koyak atau sobek.
  6. Gulung plastik dari salah satu ujungnya dengan lingkaran yang bertahap. Buat gulungan kecil untuk bagian dalam dam semakin besar untuk bagian luarnya.
  7. Ikat bagian bawah gulungan dengan tali atau benang (bagian atas adalah bagian lipatan yang ada lekukannya) sehingga diperoleh bentuk bunga.
  8. Rapikan bentuk kelopak bunganya sedemikian rupa sehingga dihasilkan bentuk yang anda inginkan. Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Buatlah beberapa bunga sesuai keinginan anda dengan langkah yang sama.

    bunga mawar dari plastik

  9. Gunting kantung plastik hijau dengan ukuran setengah ukuran plastik merah untuk membuat daun.
  10. Bentangkan plastik yang sudah digunting sehingga dihasilkan bahan berbentuk panjang dengan panjang 15 cm dan lebar kurang lebih 8 cm.
  11. Lipat plastik (atur agar bagian kiri dan kanan plastik berupa lipatan) kemudian putar bagian tengahnya dua kali dan lipat secara simetris sehingga dihasilkan bentuk daun.
  12. Pasangkan kawat atau lidi ke bagian bawah bunga (selipkan di dalam lipatannya) kemudian ikat dengan benang atau tali.
  13. Pasang daun yang sudah dibuat sebelumnya ke batang dengan jumlah dan letak sesuai keinginan anda.
  14. Gunting kantung plastik hijau dengan lebar 2 cm untuk melapisi kawat atau lidi yang digunakan sebagai batang.
  15. Bungkus kawat atau lidi dengan plastik dimulai dari bagian bawah bunga hingga ke ujung batang. Putar plastik secara teratur agar tidak terjadi gumpalan sehingga dihasilkan setangkai bunga mawar yang menarik. Kurang lebih hasilnya seperti gambar di bawah ini.

    Kreasi bunga mawar dari kantung plastik

  16. Buat beberapa tangkai bunga sesuai keinginan anda kemudian jadikan satu dan tempatkan di sebuah vas bunga atau tempat yang anda inginkan.

KREASI BUNGA MAWAR DARI KANTUNG PLASTIK BEKAS

Demikianlah cara membuat bunga mawar dari kantung plastik bekas, selamat berkreasi.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment