SOAL DAN JAWABAN TENTANG MUTASI, JENIS, DAN PENYEBABNYA

Posted by on 07 August 2015 - 11:41 AM

  1. Apa yang dimaksud dengan mutasi? Jelaskan! 

    Jawaban :
    Mutasi adalah proses perubahan kesatuan kimia yang bersifat tetap. Perubahan tetap tersebut merupakan perubahan yang terjadi pada bahan genetik baik pada tingkat gen maupun tingkat kromosom. Secara sederhana, mutasi dapat pula diartikan sebagai perubahan gen dalam kromosom. Bila terjadi secara terus-menerus dari generasi ke generasi, maka pada suatu saat akan muncul spesies baru yang mempunyai sifat berbeda dengan moyangnya.

  2. Apa yang dimaksud dengan mutagen?

    Jawaban :
    Mutagen merupakan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mutasi. Mutagen dapat berupa bahan-bahan kimia, fisika, maupun biologi. Bahan-bahan tersebut memiliki karakteristik yang memungkinkan terjadinya mutasi salah satunya daya tembus yang kuat dan daya ionisasi yang besar. Karakteristik tersebut sangat berpengaruh terhadap susunan kimia DNA sehingga dapat menyebabkan perubahan.

  3. Jelaskan jenis-jenis mutagen beserta contohnya!

    Jawaban :
    Mutagen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :
    1. Mutagen kimia
      Mutagen kimia merupakan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan mutasi. Mutagen kimia dapat kita bagi menjadi beberapa golongan yaitu :
      • Bahan pestisida misalnya DDT, TEM, dan sebagainya.
      • Bahan makanan dan minuman misalnya natrium nitrit, siklamat, dll.
      • Obat-obatan seperti danaprin, derivat acridine, siklofosfamid, dll.

    2. Mutagen Biologi
      Mutagen biologi merupakan organisme yang dapat menyebabkan perubahan gen atau mutasi. Virus dan bakteri patogen merupakan contoh mutagen biologi.

    3. Mutagen Fisika
      Berikut beberapa bahan fisika yang dapat menyebabkan mutasi :
      • Sinar ultraviolet dan sinar kosmis 
      • Alat nuklir yang menimbulkan energi pengionisasi
      • Radiasi sinar dari bahan radioaktif


  4. Jelaskan perbedaan antara mutasi gen dan mutasi kromosom!

    Jawaban :
    Salah satu perbedaan yang mencolok antara mutasi gen dan kromosom adalah mutasi kromosom akan mempengaruhi beberapa gen sehingga berakibat lebih nyata pada fenotip (sifat tampak) individu dibandingkan mutasi gen. Pada mutasi gen tidak terjadi perubahan lokus dan hanya merupakan bentuk penambahan atau pengurangan basa nitrogen dalam DNA.

  5. Jelaskan perbedaan antara addisi dan delesi! Tunjukkan contoh dalam gambar!

    Jawaban :
    Perbedaan addisi dan delesi terletak pada perubahan yang terjadi. Kalau pada addisi terjadi perubahan akibat penambahan satau atau beberapa basa nitrogen, sedangkan delesi merupakan kebalikan dari addisi yaitu akibat pengurangan satu atau beberapa basa nitrogen.

    perbedaan addisi dan delesi
    Berdasarkan penyebab terjadinya, addisi dapat terjadi secara alamiah karena adanya transposom (fragmen DNA yang suka berpindah) maupun secara eksperimental dengan pemberian kultur mutagen kimia. Sedangkan delesi, dapat terjadi akibat infeksi virus dan radiasi sinar radioaktif.

  6. Jelaskan pembagian mutasi berdasarkan faktor penyebabnya!

    Jawaban :
    Berdasarkan faktor penyebabnya, mutasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
    1. Mutasi Alami
      Mutasi alami juga disebut sebagai mutasi spontan. Mutasi spontan merupakan perubahan materi genetik yang terjadi dengan sendirinya secara alamiah. Mutasi alami dapat disebabkan oleh faktor suhu, radiasi sinar kosmos, bahan radioaktif, ionisasi internal, mikroorgnisme, serata kesalahan DNA dalam metabolisme.

    2. Mutasi Buatan
      Sesuai dengan namanya, mutasi buatan merupakan perubahan yang disengaja dengan melalui eksperimen. Tujuan positf dari mutasi buatan antara lain untuk menghasilkan mutan yang lebih unggul dan berguna dari individu sebelumnya.

  7. Jelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya mutasi alami!

    Jawaban :
    Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya mutasi alami antara lain :
    1. Sinar kosmis
      Sinar kosmis melepaskan energi yang menyebabkan eksitasi elektron sehingga ion-ion menjadi reaktif dan memungkinkan terjadinya perubahan susunan kimia DNA.

    2. Sinar ultraviolet
      Paparan sinar matahari yang tidak terhalang oleh lapisan ozon menyebabkan sinar ultraviolet yang masuk ke bumi justru dapat menyebabkan kanker kulit.

    3. Radiasi sinar radioaktif
      Radiasai mineral yang terdapat di alam yang bersifat radioaktif dan zat-zat kimia di lingkungan dapat menimbulkan perubahan yang terjadi secara spontan dan kebetulan.

    4. Kesalahan DNA
      Ketika panas tidak mendukung, pada saat repilikasi DNA dapat terjadi salah pasangan basah yang terjadi secara kebetulan.

  8. Perubahan set (Aneuploidi) dapat terjadi pada manusia akibat terjadinya digini dan diandri. Jelaskan maksud dari kedua istilah tersebut!

    Jawaban :
    Digini merupakan dua sel telur yang dibuahi satu sperma. Digini dapat terjadi karena kegagalan sel kutub (polosit) memisah. Diandri merupakan sel telur yang dibuahi oleh dua sperma. Diandri dapat terjadi akibat terlambatnya pembelahan.

  9. Sebutkan 4 keuntungan dari peristiwa mutasi!

    Jawaban :
    Empat keuntungan peristiwa mutasi antara lain :
    • Dihasilkannya tanaman mutan poliploidi yang unggul dengan buah besar, tidak berbiji, dan bereproduksi tinggi sehingga akan meningkatkan penghasilan petani.
    • Dihasilkannya bibit unggul melalui proses mutasi radiasi dengan sinar gamma seperti bibit padi yang tahan terhadap serangan hama dan bakteri.
    • Mutasi radiasi dapat dimanfaatkan dalam pengendalian populasi hama misalnya dengan cara menghasilkan jantan mandul pada wereng jantan sehingga populasi wereng menurun.
    • Mutasi melalui radiasi dapat dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan HIV.

  10. Sebutkan 5 dampak mutasi yang merugikan makhluk hidup!

    Jawaban :
    Meskipun dapat dimanfaatkan, secara umum mutasi berdampak buruk bagi makhluk hidup. Berikut 5 dampak mutasi yang merugikan makhluk hidup :
    • Terjadinya kelainan-kelainan pada manusia seperti sindrom down, sindrom turner, dan sebagainya akibat mutasi yang disebabkan oleh gagal berpisah (non disjunction).
    • Terjadinya diandri dan digini (poliploidi) pada manusia yang menyebabkan manusia berumur pendek.
    • Mutasi gen dapat menyebabkan beberapa penyakit pada manusia seperti anemi sel sabit, albinisme, dan sebagainya.
    • Mutasi buatan kebanyakan bersifat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker.
    • Penggunaan mutasi dalam pengendalian hama yang berlebihan dan dengan kadar tidak tetap justru dapat menimbulkan serangan yang lebih hebat terhadap lahan pertanian karena hama menjadi resisten.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment