GLOSARIUM ISTILAH BIOLOGI BERDASARKAN ABJAD C

Posted by on 09 September 2015 - 11:54 AM

Pada tabel di bawah ini disajikan glosarium biologi yang memuat arti istilah-istilah biologi yang diawali dengan huruf C. Pengertian istilah-istilah yang disajikan dalam glosarium berikut ini merupakan defenisi standar umum yang masih dapat dikembangkan sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran, sehingga bisa saja defenisi yang ditampilkan kurang sesuai atau tidak tepat jika diterapkan dalam beberapa kasus tertentu.

IstilahArti/definisi
CabakSejenis burung mala terlihat seperti burung layang-layang, pemakan serangga dan keluar pada malam hari.
CabangBagian batang kayu yang tumbuh dari pokok atau dahan pada tanaman bercabang.
CabroGenus hewan penyengat.
CabukSejenis ikan laut, nama penyakit kulit pada bagian kaki yang berbau busuk.
Cacah jiwaPerhitungan jumlah penduduk di suatu daerah.
CacapLendir yang terdapat pada sendi tulang seperti pada tulang kerbau, sapi, dan sebagainya. Cairan ini sering digunakan dalam obat untuk memperlambat pertumbuhan rambut.
CacarPenyakit infeksi berat yang dapat menular dan disebabkan oleh virus. Cacar diawali dengan demam, nyeri punggung, dan sakit kepala hingga timbul erupsi kulit yang menjadi vesikel dan pustula. Ketika kering dan sembuh, cacar meninggalkan cekungan pada permukaan kulit.
Cacar air Penyakit infeksi menular ringan yang disebabkan oleh virus dengan gejala erupsi papel yang berubah menjadi vesikel dan pustul tanpa meninggalkan cacat saat kering.
Cacar monyetKelainan berupa lepuh-lepuh, sebagian berisi nanah, tidak disertai demam, dapat menyerang anak-anak atau orang dewasa.
CachexinSebuah zat yang menghambat penyimpanan lemak dalam sel-sel jaringan lemak. Zat dapat menyebabkan lesu kurus kering seperti layaknya penderita kanker.
CaecumUsus buntu terletak di antara usus halus dan usus besar.
CacinosisDampak dari metabolisme yang patologis berupa endapan kapur pada jaringan.
CafeinismeGangguan kesehatan akibat konsumsi kopi secara berlebihan.
CahexiaSuatu keadaan lemah dan kurus yang disebabkan oleh penyakit baru atau penyakit lama.
Cakram benihDorsal telur yang berbentuk cakaram, mengandung inti dan oplasma. Cakram benih merupakan pusat pembelahan embrio awal setelah proses pembuahan.
CalamoichtyesJenis ikan bertulang sejati yang bersisik pada siripnya. Terdapat di perairan mesir, Nigeria, dan Kongo.
CalamusJenis tumbuhan rotan.
CalatheaSejenis tanaman hias yang memiliki daun dengan banyak corak dan warna yang bervariasi. Sering ditanam dalam pot sebagai hiasan, tidak dapat tumbuh besar dan daunnya tidak mudah rontok.
tanaman hias calathea
CalcareaBunga karang yang rangkanya terbentuk dari spikula kapur.
CalcicosisSuatu keadan penimbunan garam kalsium di dalam jaringan tubuh.
CalciferolVitamin D, berasal dari ergosterol dan dapat menjadi calciferol jika kulit hewan terkena sinar ultraviolet.
CalcitoninJenis hormon yang digetahkan tiroid. Hormon ini digunakan untuk menurunkan konsentrasi Ca di dalam darah yang terlalu tinggi.
CalcoidGumpalan keras yang mengapur yang terbentuk secara patologis dengan suatu saluran atau permukaan suatu jaringan.
CallusBagian kulit yang menebal dan mengeras (ering disebut sebagai kapalan); jaringan permukaan pada luka tumbuhan; bakal bibit tebu berebntuk bongkahan tidak beraturan.
CalorimeterSebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kalor suatu bahan.
CapsidSalud virus yang tersusun dari peotein.
CapsulaSuatu cangkang kecil terbuat dari gelatin atau zat lain yang digunakan sebagai pembungkus obat; tempat tertutup untuk astronot atau hewan percobaan dalam roket ruang angkasa.
CentromereKepala kromosom, tidak mengandung gen aktif dan berfungsi untuk mengatur pemisahan dan perpindahan kromosom anak pada proses pembelahan.
CentrospermaeTumbuhan dikotil yang bijinya berangkai pada satu poros putik di bagian tengah. Bunganya mengandung banyak stamen dan pada bagian batangnya terdapat dging tebal yang dapat digunakan untuk menyimpan air.
CerebellumOtak kecil.
CerebrumOtak besar.
CertopoghonSejenis hewan kecil yang disebut agas. Hewan ini mengisap darah manusia dan ternak.
ChalcidiaeFamily hewan penyengat yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama secara biologis.
Chondros crispusSejenis tumbuhan yang mengandung lendir putih dan kekuningan dan mirip bahan tanduk yang diekstrak dan dipakai sebagai campuran pasta gigi. Tanaman ini mirip tanaman pagar.
ChylomicronButiran lemak halus berupa emulsi dalam darah yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi hasil pencernaan dari usus halus.
Circulus arteriosusBertemunya arteri vertebralis dengan arteri carotis interma membentuk lingkaran di dasar otak.
CleavagePembelahan sel, umumnya terjadi secara mitosis. Embrio yang terdiri dari puluhan sel pasif disebut morulla atau blastulla ketika sudah memiliki rongga berisi caian. Daerah pemelahan.
CoelenterataHewan yang disebut binatang karang. Hewan ini memiliki rongga tubuh yang menyatu dengan usus. Coelenterata biasa hidup melekat pada batuan di air.
Crossing overPindah silang. Peristiwa terjadinya pertukaran bagian kromatid dari pasangan kromosom homolog.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment