Soal dan Pembahasan SBMPTN Asal-usul Kehidupan

Posted by on 28 October 2015 - 3:26 PM

  1. Teori abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh ....
    1. Aristoteles
    2. Harold Urey
    3. Louis Pasteur
    4. Alexander Oparin
    5. Anthonioe Van L.

    Pembahasan :
    Teori abiogenesis mendapat sanggahan dari para tokoh pendukung teori biogenesis. Pada awalnya Francesco Redi dan Lazzaro Spallanzani berusaha melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.

    Akan tetapi, karena terdapat kekurangan dan celah, percobaan yang dilakukan oleh kedua tokoh tersebut belum cukup untuk menjadi bukti dan masih banyak yang menentangnya. Karena itu, meskipun menunjukkan tanda-tanda yang mendukung teori biognenesis, hasil percobaan kedua tokoh tersebut masih belum mampu menumbangkan teori abiogenesis yang sudah lebih dulu dianut.

    Teori abiogenesis atau yang lebih dikenal sebagai generatio spontanea akhirnya runtuh setelah Louis Pasteur berhasil memperbaiki eksperimen yang dilakukan oleh Redi dan Spallanzani. Dengan menggunakan air kaldu dan botol berbentuk leher angsa, Louis Pateur akhirnya berhasil menyempurnakan percobaan sebelumnya dan menguatkan teori biogenesis.
    Jawaban : C
  1. Usaha untuk membantah teori generatio spontanea, ilmuwan berikut ini yang percobaannya berkaitan erat dengan proses sterilisasi yaitu ....
    1. Alexander Oparin
    2. Lazzaro Spallanzani
    3. Harold Urey
    4. Francesco Redi

    Pembahasan :
    Tokoh yang membantah teori generatio spontanea adalah tokoh-tokoh yang menganut teori biogenesis. Tokoh-tokoh yang mendukung teori biogenesis adalah Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, dan Louis Pateur.

    Karena hanya ada Lazzaro Spalanzani dan Francesco Redi, maka jawaban yang benar adalah antara 2 dan 4. Untuk itu, berikut percobaan yang dilakukan oleh Francesco Redi dan Lazzaro Spalanzani :
    1. Francesco Redi
      Melakukan percobaan dengan menggunakan daging segar yang dimasukkan ke dalam tabung dengan perlakuan yang berbeda-beda pada tabung. Ada tabung yang ditutup dengan kain kasa adapula yang ditutup rapat. Salah satu perlakuan yaitu menutup tabung dengan rapat agar tidak terkontaminasi dengan lingkungan luar merupakan perlakuan yang erat kaitannya dengan proses sterilisasi.

    2. Lazzaro Spallanzani
      Sama dengan Louis Pasteur, Spallanzani melakukan percobaan dengan cara mensterilkan air kaldu yaitu dengan cara memanaskannya terlebih dahulu agar semua organisme yang ada di dalam air kaldu tersebut mati.

    Berdasarkan uraian di atas, maka ketiga tokoh biogenesis melakukan percobaan yang berkaitan dengan proses sterilisasi. Dengan demikian pernyataan (2) dan (4) benar.
    Jawaban : C
  1. Gabungan antara percobaan Stanley Miller dan percobaan Louis Pasteur telah dapat menjelaskan tentang ....
    1. Unsur penyusun makhluk hidup
    2. Evolusi kehidupan
    3. Asal-usul kehidupan
    4. Ciri-ciri kehidupan

    Pembahasan :
    Louis Pasteur merupakan tokoh yang mendukung teori biogenesis yang membahasa tentang asal-usul kehidupan. Sedangkan Stanley Miller merupakan tokoh yang mengemukakan teori modern tentang asal-usul kehidupan.

    Berikut percobaan yang dilakukan oleh kedua tokoh tersebut :
    1. Louis Pasteur
      Louis Pasteur melakukan percobaan yang menyempurnakan percobaan sebelumnya yang dilakukan oleh Francesco Redi dan Lazzaro Spallanzani. Pateur menggunakan labu atau botol kaca berleher angsa yang di dalamnya berisi media air kaldu. Eksperimen tersebut berhasil menumbangkan teori abiogenesis dan menguatkan teori biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.

    2. Stanley Miller
      Stanley Miller melakukan percobaan dan berhasil membuktikan teori yang dikemukakan oleh Harold Urey tentang asal-usul kehidupan. Sebelumnya, Harold Urey menyebutkan bahwa makhluk hidup pertama berasal dari senyawa metana, amonia, hidrogen, dan uap air yang akibat pengaruh sinar kosmis dan kilat terbentuk zat hidup.

      Untuk membuktikan teori tersebut, Stanley Miller menggunakan bunga api listrik dari sumber listrik bertegangan tinggi yang dialirkan ke bejana tertutup yang berisi campuran metana, amonia, dan uap air. Dari eksperimen tersebut, Miller berhasil memperoleh asam amino yang merupakan substansi dasar penyusun makhluk hidup.

    Percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur dan Stanley Miller, tak hanya menjelaskan tentang asal-usul kehidupan, tetapi hasil percobaan tersebut juga bisa menjelaskan beberapa hal berikut :
    1. Percobaan Stanley Miller dapat menjelaskan tentang unsur penyusun makhluk hidup yaitu asam amino.
    2. Percobaan kedua tokoh tersebut bisa menjelaskan evolusi kehidupan yaitu bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya yang seiring dengan waktu mengalami perubahan atau evolusi.
    3. Berhasilnya percobaan Pasteur yang membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lainnya menunjukkan salah satu ciri-ciri makhluk hidup yaitu berkembang biak. Mahkluk hidup ada karena perkembangbiakan makhluk hidup sebelumnya.

    Jadi penyatan (1), (2), (3), dan (4) benar.
    Jawaban : E


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment