Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Tentang Bioteknologi

Posted by on 25 April 2016 - 5:16 PM

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi tentang bioteknologi ini memuat beberapa subtopik dalam bab bioteknologi yaitu jenis-jenis bioteknologi, hubungan mikroorganisme dan bioteknologi, tujuan dan manfaat bitoteknologi, kultur jaringan, rekayasa genetika, dan aplikasi bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa tujuan pembelajaran yang paling sering diaplikasikan dalam soal SBMPTN bidang study biologi antara lain menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi, menjelaskan proses-proses rekayasa dalam manipulasi sifat organisme, menjelaskan manfaat dan dampak bioteknologi bagi kehidupan, dan mengidentifikasi contoh penerapan bioteknologi yang berpengaruh pada pengembangan bahan pangan dan bidang medis.

Soal 1
Produksi antibodi monoklonal merupakan hasil pemanfaatan salah satu cabang ilmu bioteknologi, yaitu ...
A. Teknologi enzim
B. Teknologi hibridoma
C. Teknologi DNA rekombinan
D. Teknologi reproduksi
E. Kultur jaringan

Pembahasan :
Antibodi monoklonal merupakan adalah antibodi yang diperoleh dari suatu sumber tunggal atau sel klona yang hanya mengenal satu jenis antigen. Salah satu bioteknologi yang menghasilkan produk berupa hormon dan antibodi adalah teknik hibridoma.

Teknik hidbridoma merupakan teknik penggabungan dua sel dari organisme yang sama ataupun dari sel organisme yang berbeda sehingga menghasilkan sel tunggal berupa sel hibrid yang memiliki kombinasi sifat dari kedua sel tersebut.

Teknik hibridoma digunakan untuk menghasilkan antibodi dan hormon dalam jumlah yang besar. Pembentukan antibodi monoklonal dilakukan dengan cara menginjeksikan antigen ke tubuh kelinci atau tikus percobaan, kemudian limpanya dipisahkan.

Selanjutnya dilakukan peleburan sel-sel limpa dengan sel-sel mieloma atau sel kanker. Sekitar 10% sel hibridoma akhir terdiri dari sel yang menghasilkan antibodi. Selanjutnya dilakukan pengklonaan sehingga diperoleh antibodi monoklonal.
Jawaban : B

Soal 2
Keberhasilan rekayasa genetika antara lain disebabkan oleh kemampuan plasmid yang pada prinsipnya berperan sebagai ...
A. Penyambung gen asing yang dicangkokkan
B. Pembawa gen asing ke sel bakteri
C. Penerjemah kode genetik
D. Penghasil metabolit sekunder di dalam sel
E Pembentuk protein antibodi

Pembahasan :
Teknik rekayasa mulai berkembang ketika Menemukan faktor yang diturunkan. Beberapa pendukung yang mempengaruhi perkembangan rekayasa genetika antara lain:
1. Ditemukannya plasmid
2. Ditemukannya enzim restriksi
3. Ditemukannya enzim ligase

Plasmid merupakan lingkaran DNA kecil pada bakteri berupa molekul yang dapat diturunkan secara stabil tanpa dikaitkan dengan kromosom. Plasmid dapat digunakan sebagai vektor untuk membawa gen asing ke dalam sel bakteri.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan.

Soal 3
Bioteknologi berhubungan erat dengan kegiatan ....
1. Sintesis mikroba
2. Sintesis hormon
3. Fermentasi sel
4. Rekayasa genetika

Pembahasan :
Bioteknologi merupakan ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biologi molekuler.

Bioteknologi merupakan teknologi yang memanfaatkan agen hayati atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang atau jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beberapa bidang yang berkaitan langsung dengan bioteknologi antaralain :
1. Teknologi fermentasi
2. Teknik kultur jaringan
3. Rekayasa genetika
4. Tenik hibridoma
5. Kloning
6. Teknik pengolahan limbah, dan sebagainya.

Dengan demikian pilihan yang tepat adalah C yaitu 2 dan 4 benar.
Jawaban : C

Soal 4
Teknik kultur jaringan sering digunakan untuk memperoleh tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat-sifat yang sama. Jaringan berikut yang sel-selnya memiliki daya totipotensi paling tinggi adalah ...
A. Meristem
B. Parenkim
C. Meristem
D. Empulur
E. Korteks

Pembahasan :
Teknik jaringan adalah teknik memperbanyak suatu tanaman secara cepat dengan hasil keturunan yang identik secara genetik dengan tanaman induk.

Prinsip dasar kultur jaringan yaitu menumbuhkan tanaman dari jaringan yang diambil dari bagian tubuh tanaman tersebut yang memiliki daya totipotensi.

Totipotensi merupakan kemampuan jaringan untuk tumbuh menjadi individu yang identik dengan induknya bila ditumbuhkan pada media yang sesuai.

Jaringan yang sel-sel penyusunnya memilii daya totipotensi paling tinggi adalah jaringan meristem yaitu jaringan muda yang aktif membelah.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Fungsi Organel Sel.

Soal 5
Sel-sel yang diperoleh dengan cara peleburan dua tipe sel somatik hasil isolasi dari jaringan yang berbeda menjadi satu sel tunggal, disebut ...
A. Zigot
B. Sel yang diklon
C. Khimera
D. Sel hasil rekombinasi
E. Hibridoma

Pembahasan :
Peleburan dua tipe sel somatik hasil isolasi dari jaringan yang berbeda menjadi satu sel tunggal merupakan metode bioteknologi yang dikenal sebagai teknik hibridoma.

Teknik hibridoma merupakan teknik penggabungan dua jaringan yang berbeda untuk menghasilkan produk tertentu seperti hormon, antibodi, dan sebagainya.
Jawaban : E

Soal 6
Plasmid adalah DNA inti bakteri yang berukuran kecil dan berbentuk melingar.
SEBAB
Plasmid sangat penting dalam proses pembentukan DNA rekombinan pada rekayasa genetika.

Pembahasan :
Pernyataan salah karena plasmid adalah DNA bakteri yang berbentuk lingkaran dan berada di luar kromosom bakteri bukan DNA inti.

Alasan benar karena dalam rekayasa genetika plasmid digunakan sebagai vektor pembawa segmen DNA asing ke dalam sel bakteri.

Pernyataan salah, alasan benar, maka opsi yang benar adalah D.
Jawaban : D

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Teori Asal-usul Makhluk Hidup.

Soal 7
Berikut merupakan contoh hasil bioteknologi, kecuali ...
A. Domba kloning
B. Bayi tabung
C. Protein sel tunggal
D. Kapas transgenik
E. Bakteri penghasil insulin

Pembahasan :
Bioteknologi merupakan teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme dan bagian-bagiannya untuk menghasilkan produk baru (barang atau jasa) dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beberapa teknik yang digunakan dalam bioteknologi antara lain:
1. Teknik plasmid
2. Teknik hibridoma
3. Teknik kultur jaringan
4. Teknologi bayi tabung
5. Teknik kloning

Beberapa contoh hasil bioteknologi antara lain:
1. Domba Dolly atau domba kloning
2. Protein sel tungga
3. Tumbuhan trasngenik
4. Bakteri penghasil insulin
5. Antibodi monoklonal, dan sebagainya.

Dengan demikian, opsi yang tidak termasuk hasil bioteknologi adalah bayi tabung karena bayi tabung merupakan salah satu teknologi reproduksi.
Jawaban : B

Soal 8
Pengembangan rekayasa genetika dalam bidang kedokteran menyangkut hal berikut ...
1. Pembuatan antibiotik
2. Pembuatan antibodi monoklonal
3. Terapi gen
4. Pembuatan vaksin

Pembahasan :
Rekayasa genetika merupakan kegiatan manipualsi gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen.

DNA rekombinan merupakan DNA yang urutannya telah direkombinasikan agar memiliki sifat-sifat satu fungsi yang diinginkan sehingga organisme penerimanya mengekspresikan sifat atau melakukan fungsi yang kita inginkan.

Beberapa produk yang dihasilkan dari rekayasa genetika sebagai penerapannya dalam bidang kedokteran antaralain antibiotik, antibodi monoklonal melalui teknik hibridoma, terapi gen untuk melawan gen-gen perusak dalam inti sel, dan pembuatan vaksin.

Dengan demikian semua opsi yang diberikan benar. 1, 2, 3, dan 4 benar.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan.

Soal 9
Penelitian yang berkaitan dengan rekayasa genetika tidak dapat lepas dari kerja potong-memotong DNA. Untuk memotong DNA dalam kegiatan ini digunakan ...
A. Gunting mikro
B. Pisau mikro
C. Sinar lase
D. Enzim
E. Mikrotom

Pembahasan :
Dalam rekayasa genetika, agar materi genetik yang dipindahkan sesuai dengan keinginan, maka materi genetik tersebut harus dipotong. Untuk memotong DNA tersebut digunakan enzim spesifik yang disebut enzim restriksi.

Enzim restriksi dapat mengenali dan memotong tempat-tempat tertentu di sepanjang molekul DNA sehingga kita dapat memotong materi genetik yang sesuai keinginan.

Selanjutnya, ntuk menyambung kembali potongan-potongan DNA tersebut digunakan enzim khusus yang disebut enzim ligase.
Jawaban D

Soal 10
Bakteri Eschercia coli sering digunakan sebagai inang untuk DNA yang akan direkayasa karena alasan berikut, kecuali ...
A. Mudah dibiakkan
B. Memiliki enzim restriksi endonuklease
C. Stabil secara genetis dalam kultur
D. Memiliki DNA yang lengkap dan telah dipetakan
E.  Dapat dimasuki vektor

Pembahasan :
Karakteristik yang harus dimiliki oleh mikororganisme agar bisa dijadikan sebagai sel inang yang ideal dalam rekayasa genetika adalah:
1. Mudah menerima vektor
2. Mudah dibiakkan dalam medium
3. Tidak memiliki enzim restriksi endonukelase
4. Stabil secara genetis dalam kultur
5. DNA telah dipetakan secara lengkap

Dengan demikian opsi yang tidak menjadi alasan pemilihan bakteri Eschercia coli dalam rekayasa genetika adalah memiliki enzim restriksi endonuklease.
Jawaban : B



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment