Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Sistem Respirasi

Posted by on 28 April 2016 - 1:10 PM

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi tentang sistem respirasi ini meliputi beberapa subtopik dalam bab sistem pernapaasan yaitu alat-alat pernapasan, proses pernapasan, pertukaran oksigen dan karbondioksida, dan kelainan atau gangguan pada sistem respirasi. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam soal SBMPTN, modal soal tentang sistem pernapasan yang paling sering muncul antaralain mengidentifikasi organ-organ pernapasan dan melihat hubungan sistem pernapasan dengan sistem organ lainnya, mengidentifikasi jenis pernapasan berdasarkan keterlibatan oksigen, mengidentifikasi ciri-ciri dan proses respirasi aerob dan respirasi anaerob, menganalisis peran oksigen dan karbondioksida dalam proses pernapasan, dan mengidentifikasi berbagai jenis gangguan atau kelainan pada sistem respirasi.

Soal 1
Sistem organ yang berkaitan langsung dengan sistem respirasi adalah ...
A. Otot
B. Ekskresi
C. Pencernaan
D. Sirkulasi
E. Regulasi

Pembahasan :
Sistem respirasi merupakan sistem organ yang bertugas menjalankan fungsi pernapasan dan melibatkan beberapa organ pernapasan yaitu hidung, tenggrorokan, bronkus, paru-paru, dan alveolus.

Respirasi merupakan proses memasukkan serta mengeluarkan udara ke dan dari dalam tubuh. Udara yang dimasukkan mengandung oksigen sedangkan udara yang dikeluarkan mengandung karbondioksida.

Oksigen digunakan untuk melakukan proses respirasi yaitu memecah zat-zat makanan untuk menghasilkan energi. Sedangkan karbodnioksida dan uap air akan dikeluarkan sebagai sisa metabolisme.

Berbicara mengenai pertukaran oksigen dan karbondioksida, maka tidak lepas dari peranan paru-paru. Pada paru-paru terdapat pembuluh nadi paru-paru yang disebut arteri pulmonalis. Pembuluh ini dilewati oleh darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru.

Di dalam paru-paru, darah melepas karbondioksida dan mengikat oksigen. Pengikatan dan pengangkutan oksigen dalam tubuh dilakukan oleh palsma darah dan hemoglobin.

Jadi, sistem organ yang berhubungan langsung dengan sistem respirasi adalah sistem sirkulasi atau peredaran darah. Karena melalui peredaran darah, oksigen dari paru-paru diangkut ke seluruh tubuh dan karbondioksida dari seluruh tubuh diangkut ke paru-paru.
Jawaban : D

Soal 2
Gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan disebut ...
A. Asfiksi
B. Sinusitis
C. Rinitis
D. Bronkitis
E. Pleuritis

Pembahasan :
Asfiksi merupakan gangguan pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan karena alveolus terisi air misalnya akibat tenggelam dan sebagainya.

Bronkitis, sinusitis, rinitis, dan plueritis merupakan gangguan pernapasan akibat peradangan.
1. Bronkitis : peradangan pada bagian bronkus
2. Sinusitis : peradangan pada bagian atas rongga hindung
3. Rinitis : peradangan pada hidung
4. Peluritis : peradangan pada pleura

Jadi, gangguan pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan disebut asfiksi.
Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Peredaran Darah.

Soal 3
Pada waktu burung terbang, pengambilan oksigen dilakukan oleh kantong hawa.
SEBAB
Saat burung terbang, otot pektoralis minor mengangkat sayap ke atas sehingga paru-paru tertekan dan udara mengalir ke kantung hawa.

Pembahasan :
Alat pernapasan burung terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Selain paru-paru, burung juga mempunyai alat bantu pernapasan beruba kantung udara.

Kantung-kantung udara berperan sebagai alat penghembus agar udara yang masuk ke paru-apru selalu segar dan berfungsi meringankan tubuh burung saat terbang.

Pada saat burung terbang, gerakan aktif dari rongga dada tak dapat berlangsung karena tulang-tulang dada dan tulang rusuk merupakan pangkal pelekatan yang kuat untuk otot-otot terbang.

Karena itu, proses inspirasi dan ekspirasi dilakukan oleh kantung hawa. Caranya dengan menggerak-gerakkan sayap ke atas dan ke bawah. Gerakan sayap dapat menekan dan melonggarkan kantung udara sehingga terjadi pertukaran udara di dalam paru-paru.

Jadi, pernyataan benar tapi alasannya salah karena udara mengalir ke paru-paru bukan ke kantung hawa.
Jawaban : C

Soal 4
Pertukaran gas pada alveoli paru-paru terjadi secara ...
A. Difusi
B. Osmosis
C. Endositosis
D. Imbibisi
E. Transfor aktif

Pembahasan :
Manusia memiliki dua buah paru-paru yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Tiap paru-paru tersusun atas jutaan alveolus yaitu kantung udara kecil.

Dinding tipis pada alveolus memudahkan pertukaran gas krbondioksida dari kapiler darah dengan gas oksigen dari alveolus. Adanya alveolus memperluas permukaan paru-paru.

Proses pertukaran tersebut berlangsung secara difusi. Ketika karbon dioksida dari darah dalam kapiler berdifusi ke alveolus, oksigen juga berdifusi dari alveolus ke kapiler.

Dengan kata lain, oksigen masuk ke dalam aliran darah dan karbondioksida keluar dari aliran darah karena adanya perbedaan tekanan.
Jawab : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Pencernaan.

Soal 5
Dalam repirasi aerob, karbondioksida dilepaskan pada proses ...
(1). Siklus Krebs
(2). Transfor elektron
(3). Pembentukan asetil CoA
(4). Glikolisis

Pembahasan :
Tahapan respirasi dapat dibedakan menjadi 4 tahapan, yaitu :
1. Glikolisis
2. Oksidasi piruvat
3. Siklus Krebs
4. Tranfor elektron

Dalam respirasi aerob yang melibatkan oksigen, karbondioksida dilepaskan pada proses:
1. Oksidasi piruvat
2. Sikulus Krebs

Oksidasi piruvat merupakan proses pembentukan asetil CoA. Asam piruvat yang dihasilkan dari proses glikolisis dioksidasi dan menghilangkan 1 dari 3 karbon pada asam piruvat. Karbon tersebut dilepaskan dalam bentuk karbondioksida.

Asetil CoA yang terbentuk dari proses oksidasi piruvat selanjutnya memasuki tahapan siklus Krebs. Pada tahapan ini, fragmen berkarbon dua asetil CoA memasuki siklus dan 2  molekul karbondioksida dilepaskan bersama 8 elektron.
Jawaban : B

Soal 6
Paru-paru embrio manusia masih belum berfungsi.
SEBAB
Embrio tumbuh anaerob di dalam rahim ibunya.

Pembahasan :
Paru-paru embrio masih kempis sehingga belum dapat berfungsi sebagaimana fungsi paru-paru. Karena belum berfungsi, maka embrio mendapatkan oksigen melalui plasenta.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Bioteknologi.

Soal 7
Pada respirasi aerob, oksigen berperan pada proses ...
A. Glikolisis
B. Pembentukan asetil CoA
C. Siklus Krebs
D. Transfor elektron
E. Pembentukan ATP

Pembahasan :
Respirasi aerob adalah serangkaian reaksi enzimatik yang mengubah glukosa secara sempurna menjadi karbondioksida, uap air, dan energi. Reaksi dapat terjadi secara sempurna karena melibatkan oksigen yang cukup.

Oksigen berperan penting dalam tahapan teransfor elektron. Pada sistem elektron, oksigen berperan sebagai akseptor elektron yang terakhir. Setelah menerima elektron, oksigen akan bereaksi dengan hidrogen dan membentuk uap air.
Jawaban : D

Soal 8
Gejala asidosis pada penderita pneumonia adalah manifestasi dari gangguan proses pengangkutan ...
A. Oksigen
B. Karbonmonoksida
C. Karbondioksida
D. Karbohidrat
E. Oksihemoglobin

Pembahasan :
Asidosis merupakan gangguan sistem pernapasan yang ditandai dengan peningkatan kadar karbondioksida sehingga pH darah menjadi rendah.

Pneumonia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan radang paru-paru atau radang dinding alveolus akibat infeksi bakteri Diplococcus pneumoniae. Pneumonia menunjukkan gejala asidosis.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Asal-usul Kehidupan.

Soal 9
Berikut ini merupakan bagian dari proses pernapasan :
(1) Udara mengalir masuk paru-paru
(2) Relaksasi diafragma
(3) Volume paru meningkat
(4) Kontraksi diafragma
Urutan yang benar ketika orang menghirup napas adalah ...
A. 1-3-4
B. 2-3-4
C. 2-4-3
D. 3-4-2
E. 4-3-1

Pembahasan :
Mekanisme pernapasan manusia dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Pernapasan dada
2. Pernapasan perut

Pernapasan yang melibatkan kontraksi diafragma adalah pernapasa perut. Ketika menghirup napas, maka proses yang terjadi adalah proses inspirasi.

Fase inspirasi dimulai ketika kontraksi diafragma menyebabkan diafragma mendatar. Akibatnya rongga dada membesar dan volume paru-paru meningkat. Karena volume paru meningkat, maka paru-paru ikut membesar dan udara masuk ke paru-paru.

Jadi urutan yang benar ketika orang menghirup napas adalah:
1. Kontraksi diafragma (4)
2. Volume paru meningkat (3)
3. Udara masu ke paru-paru (1)
Jawaban : E

Soal 10
Orga pernapasan mamalia berikut ini yang berhubungan dengan kapiler darah adalah ...
A. Laring
B. Alveolus
C. Paru-paru
D. Trakea
E. Bronkus

Pembahasan :
Kapiler darah berkaitan dengan proses pertukaran oksigen dan karbondioksida. Tempat difusi oksigen dan karbondioksida dalam alat pernapasan mamalia berlangsung di alveolus.

Pada dinding alveolus terdapat kapiler darah yang membantu proses difusi oksigen dari alveolus ke kapiler dan proses difusi karbondioksida dari kapiler ke alveolus.
Jawaban : B


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment