Pembahasan Soal Ujian Nasional Organel Sel

Posted by on 06 April 2016 - 2:06 PM

Ujian Nasional Biologi - Organel Sel. Pada pembahasan kali ini akan dibahas beberapa soal ujian nasional bidang study biologi tentang organel sel dan fungsinya. Biasanya ada dua atau lebih soal tentang organel sel yang keluar dalam ujian nasional. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam ujian nasional biologi, model soal biologi sel yang paling sering muncul adalah menentukan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, menentukan fungsi organel-organel sel, dan mengenali nama organel berdasarkan ciri-ciri yang ditunjukkan oleh gambar.

Kumpulan Soal Ujian Nasional Biologi Sel

  1. Berikut ini adalah bagian-bagian dari sel :
    1. Mitokondria
    2. Sentriol
    3. Lisosom
    4. Kloroplas
    5. Dinding Sel
    6. Membran sel
    Bagian-bagian sel yang terdapat pada sel hewan adalah ....
    1. 1, 2, dan 5
    2. 1, 3, dan 4
    3. 2, 3, dan 4
    4. 2, 3, dan 6
    5. 3, 5, dan 6

    Pembahasan :
    Bagian-bagian sel yang membedakan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah dinding sel dan kloroplas. Pada sel hewan tidak terdapat kloroplas dan dinding sel.

    Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa organel yang terdapat pada sel hewan :
    1. Membran sel
    2. Mitokondria
    3. Lisosom
    4. Sentriol
    5. Badan Golgi
    6. Retikulum Endoplasma
    7. Peroksisom
    8. dll

    Pada opsi jawaban yang diberikan, bagian sel yang tidak ada pada sel hewan hanya kloroplas dan dinding sel. Itu artinya, opsi jawaban yang ada nomor 4 dan nomor 5 salah.

    Dengan demikian, opsi jawaban yang benar untuk bagian-bagian sel yang terdapat pada sel hewan adalah opsi D yaitu 2, 3, dan 6.
    Jawaban : D

    Untuk informasi lebih lanjut tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, berikut ami lampirkan link pembahasan tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yag disajikan dalam bentuk tabel dilengkapi dengan keterangan.

    Read more : Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan.

  1. Organel yang paling banyak terdapat di dalam sel-sel darah putih yang berperan penting dalam memangsa bibit penyakit yang masuk ke tubuh adalah ....
    1. Retikulum endoplasma
    2. Badan Golgi
    3. Lisosom
    4. Mitokondria
    5. Mikrofilamen

    Pembahasan :
    Berbdea dengan sel darah merah, sel darah putih memiliki inti dan beberapa organel lainnya. Organel yang terdapat dalam sel darah putih antara lain mitokondria, badan golgi, ribosom, lisosom, dan retikulum endoplasma.

    Kebaradaan organel tersebut membuat sel darah putih memiliki kemampuan untuk memperbanyak sel, menyintesi protein, dan melakukan respirasi secara aerobik. Hal itulah yang menunjang metabolisme untuk melawan infeksi.

    Peran sel darah merah untuk melwan bibit penyakit tidak lepas dari peran lisosom. Lisosom terdapat hampir pada semua sel yang terlibat dalam kegiatan fagositik seperti halnya sel darah putih dan makrofag.

    Lisosom mengandung enzim-enzim hidrolik untuk memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, dan protein. Organel ini berperan aktif melakukan fungsi imunitas atau daya tahan tubuh. Lisosom juga berperan dalam pencernaan intrasel pada sel darah putih.

    Lisosom merupakan organel yang paling banyak terdapat dalam sel darah putih karena enzim yang terdapat dalam lisosom dapat membantu sel darah putih untuk menghancurkan dan menghidrolisis berbagai kuman penyakit.
    Jawaban : C

    Untuk infromasi lebih lanjut tentang fungsi lisosom, simak pembahasan tentang bagian-bagian sel dan fungsi organel melalui link di bawah ini.

    Read more : Bagian-bagian Sel dan Fungsi Organel.

  1. Di dalam sel terdapat mitokondria yang sering disebut "the power house". Dalam butir-butir kecil ini terjadi ...
    1. Pembentukan protein
    2. Pembentukan lemak
    3. Pembentukan vitamin
    4. Oksidasi zat makanan
    5. Penyimpanan glikogen

    Pembahasan :
    Mitokondria merupakan organel sel yang berbentuk kapsul dengan saluran lekuk pendek di bagian dalamnya. Mitokondria dilindungi oleh membran rangkap.

    Berikut beberapa fungsi dari mitokondria :
    1. Sebagai pusat respirasi
    2. Sebagai pusat pembangkit tenaga
    3. Sebgai pusat oksidasi

    Mitokondria sering disebut "the power house" karena organel tersebut merupakan pusat respirasi seluler yang menghasilkan banyak ATP. Dengan kata lain, mitokondria juga berperan dlam proses oksidasi zat makanan.

    Mitokondria menghasilkan energi dalam bentuk ATP melalui pemecahan makan yang kita makan menjadi molekul sederhana seperti lemak, karbohidrat, dan sebagainya.

    Metabolisme karbohidrat akan berakhir di mitokondria ketika piruvat ditransport dan dioksidasi oleh oksigen menjadi karbondioksida dan air. Seluruh proses ini dikenal dengan istilah fosforilasi oksidatif.
    Jawaban : D

  1. Berikut beberapa organel sel :
    1. Lisosom
    2. Ribosom
    3. Vakuola
    4. Mitokondria
    5. Sentrosom
    Organel sel yang berperan dalam mencerna benda asing dan berperan dalam pembelahan sel secara berurutan adalah ...
    1. 1 dan 2
    2. 1 dan 5
    3. 2 dan 3
    4. 5 dan 1
    5. 5 dan 4

    Pembahasan :
    Lisosom merupakan organel sely yang banyak ditemukan dalam sel-sel yang berperan penting dlaa imunitas seperti leukosit dan limfosit. Lisosom memiliki beberapa fungsi di antaranya :
    1. Mencerna zat yang belum dapat diurai atau benda asing
    2. Menghancurkan bagian sel yang tidak berguna lagi
    3. Merupakan tempat pembentukan enzim pencernaan
    4. Menetralkan zat karsinogen

    Ribososm merupakan organel sel yang terdapat di sitoplasma dan biasanya menempel pada retikulum endoplasma kasar. Organel ini berperan penting dalam sintesis protein.

    Vakuola merupakan organel sel yang berfungsi untuk menyimpat makanan dan air. Organel ini juga berfungsi untuk menyimpan zat-zat yang akan dieksresikan. Vakuola umum dijumpai pada sel tumbuhan.

    Mitokondria merupakan organel sel yang berbentuk kapsul dengan saluran lekuk pendek di bagian dalamnya dan dilindungi oleh membran rangkap. Berikut beberapa fungsi dari mitokondria :
    1. Sebagai pusat respirasi
    2. Sebagai pusat pembangkit tenaga
    3. Sebgai pusat oksidasi

    Sentrosom merupakan organel sel yang berperan untuk mengendalikan gerakan kromosom. Dengan kata lain, organel ini berperan dalam proses pembelahan sel.
    Dengan demikian, organel sel yang berperan dalam mencerna benda asing dan berperan dalam pembelahan sel secara berurutan adalah 1 dan 5.
    Jawaban : B

  1. Perhatikan gambar membran sel di bawah ini!

    Pembahasan Soal Ujian Nasional Organel Sel

    Molekul glikolipid dan glikoprotein secara berurutan ditunjukkan oleh ....
    1. 1 dan 2
    2. 2 dan 3
    3. 3 dan 4
    4. 3 dan 5
    5. 4 dan 6

    Pembahasan :
    Struktur di atas merupakan strutur membran sel berdasarkan model mosaic cairan. Berdasarkan model ini, membran sel terdiri dari lipid, protein, dan karbohidrat.

    Senyawa lipid penyusun membran sel terdiri dari pospolipid, spingolipid, dan sterol. Protein dalam membran sel terdiri dari dua jenis yaitu protein intrinsik dan protein ekstrinsik.

    Senyawa karbohidrat penyusun membran sel terdiri dari  glikolipid dan glikoprotein. Pada gambar di atas, glikolipid ditunjukkan oleh gambar nomor 2 sedangkan glikoprotein ditunjukkan oleh gambra nomor 3.

    Untuk lebih jelasnya, berikut keterangan gambar di atas :
    1. Karbohidrat
    2. Glikolipid
    3. Glikoprotein
    4. Protein perifer
    5. Kolesterol
    6. Lipid 
    Jawaban : B

    Untuk informasi lebih lanjut tentang struktur membran sel dan model mosaic cairan, berikut kami lampirkan link pembahasan tentang struktur dan fungsi membran sel.

    Read more : Struktur dan Fungsi Membran Sel.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment