Pembahasan Soal Ujian Nasional Enzim Metabolisme

Posted by on 10 April 2016 - 10:51 AM

Ujian Nasional Biologi - Enzim. Pada pembahasan kali ini akan dibahas beberapa soal ujian nasional bidang study biologi tentang enzim-enzim metabolisme. Biasanya ada satu atau lebih soal tentang enzim yang keluar dalam ujian nasional. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam ujian nasional biologi, model soal tentang enzim yang paling sering muncul adalah mengidentifikasi pengelompokkan enzim, mengenali ciri-ciri khusus enzim, memahami cara kerja enzim dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Kumpulan Soal Ujian Nasional Enzim

  1. Beberapa ciri zat adalah sebagai berikut :
    1. Berperan sebagai pelarut 
    2. Konsentrasinya ditentukan oleh molekul zat
    3. Bekerja secara specific
    4. Memperlambat suatu reaksi
    5. Rusak bila suhu terlalu tinggi
    Dari kelima ciri tersebut, yang merupakan ciri khas enzim adalah ....
    1. 1 dan 3
    2. 1 dan 4
    3. 2 dan 3
    4. 3 dan 5
    5. 4 dan 5

    Pembahasan :
    Enzim merupakan slaah satu zat yang berfungsi sebagai biokatalisator, yaitu zat yang dapat mempercepat reaksi yang terjadi di dalam sel makhluk hidup.

    Enzim bekerja secara spesifik, artinya enzim mempunyai fungsi khusus dan hanya akan berfungsi jika bertemu dengan substrat dan kondisi yang sesuai.

    Berikut beberapa ciri khas dan sifat dari enzim :
    1. Mempercepat Reaksi Kimia
      Enzim berperan sebagai biokatalisator sehingga dapat mempercepat berlansungnya reaksi kimia. Perlu diingat bahwa katalisator itu ikut serta dalam reaksi hanya saja tidak mempengaruhi hasil akhir. Dengan kata lain, enzim hanya mempercepat laju reaksinya saja.

    2. Merupakan Koloid
      Enzim tersusun atas komponen protein dan memiliki permukaan antarpartikel yang sangat besar sehingga bidang aktivitasnya juga besar.

    3. Bersifat Termolabil
      Enzim terusun atas apoenzim yang bersifat termolabil oleh karena itu enzim juga bersifat termolabil yaitu cenderung rusak oleh panas yang berlebih.

    4. Diperlukan Dalam Jumlah Sedikit
      Meskipun dibutuhkan untuk mempercepat berlangsungnya reaksi, namun enzim hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, enzim juga dapat digunakan berulang kali jika tidak rusak.

    5. Bekerja Secara Spesifik
      Salah satu karakter dari enzim adalah bekerja secara spesifik. Enzim hanya akan berkerja pada substrat yangs sesuai. Untuk perubahan zat tertentu, diperlukan enzim tertentu pula.

    6. Dipengaruhi Lingkungan
      Kerja enzim dalam mempercepat suatu reaksi juga dipengaruhi oleh lingungan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kerja enzim antaralain temperatur, perubahan pH, konsentrasi enzim dan substrat, dan inhibitor.

    Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa ciri khas enzim yang ada pada opsi jawaban adalah nomor 3 dan 5.
    Jawaban : D

    Untuk informasi lebih lengkap tentang defenisi, ciri-ciri, dan cara kerja enzim, kamu dapat membaca pembahasannya melalui link berikut ini.

    Read more : Defenisi, Sifat, dan Cara Kerja Enzim.

  1. Salah satu hasil aktivitas pernapasan adalah terbentuknya zat racun berupa peroksida air (H2O2). Untuk menetralisir zat tersebut diperlukan enzim ...
    1. Protease
    2. Hidrase
    3. Lipase
    4. Amilase
    5. Katalase

    Pembahasan :
    Secara umum, penamaan atau pengelompokkan enzim dilakukan berdasarkan nama substratnya. Penamaan biasanya diawali dengan nama substrat ditambah akhiran -ase misalnya enzim karbohidrase, protease, dan sebagainya.

    Selain berdasarkan substratnya, pengelompokkan enzim juga dapat dilakukan berdasarkan sistem atau proses metabolisme yang dipengaruhinya misalnya enzim untuk rspirasi, enzim untuk pencernaan, dan sebagainya.

    Berikut tabel enzim yang mempengaruhi aktivitas pernapasan :
    EnzimFungsi
    OksidaseMembantu penggabungan O2 dengan substrat
    PeroksidaseMengoksidase senyawa fenolat
    HidraseMengatur kadar air dalam senyawa
    DesmolaseMenggabungkan ikatan karbon dalam pemecahan fruktosa
    KarboksilasePengubahan asam piruvat secara bolak-balik
    KatalaseMenetralisir peroksida air
    DehidrogenaseMemindahkan hidrogen antar zat

    Dari data pada tabel di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa enzim yang berfungis untuk menetralisir peroksida air adalah enzim katalase.

    Enzim katalase banyak ditemukan pada sel hati. Enzim ini berfungsi untuk menguraikan peroksida air (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2).
    Jawaban : E

    Untuk infromasi lebih lengkap tentang pengelompokkan enzim, berikut kami lampirkan link pembahasan tentang penamaan enzim.

    Read more : Penamaan, Klasifikasi, dan Contoh Enzim.

  1. Berikut ini adalah data percobaan pengaruh suhu terhadap enzim katalase.
    Suhu
    (oC)
    Hati + H2O2
    GelembungNyala api
    30+-
    35++
    37++++++
    40--
    42--

    Keterangan :
    - : tida ada
    + : sedikit
    ++ : sedang
    +++ : banyak

    Kesimpulan  dari percobaan tersebut adalah ....
    1. Kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh suhu
    2. Semakin rendah suhu semakin efektif kerja enzim
    3. Semakin tinggi suhu maka semakin efektif kerja enzim
    4. Kerja enzim otpimal pada suhu 42oC
    5. Kerja enzim ootimal pada suhu 37oC

    Pembahasan :
    Selain bekerja secara spesifik, kerja enzim juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu suhu, perubahan pH, konsentrasi substrat, inhibitor (zat penghambat).

    Karena terususn atas protein, enzim sangat rentan terhadap perubahan suhu. Enzim akan bekerja secara optimum pada suhu-suhu tertentu. Secara umum, temperatur optimum enzim berada pada 30oC-40oC.

    Jika enzim berada pada temperatur yang terlalu tinggi, maka enzim akan mengalami denaturasi protein. Sedangkan jika berada pada suhu yang terlalu rendah, enzim akan mengalami koagulasi atau penggumpalan.

    Berdasarkan tabe di atas, dilakukan percobaan dengan temperatur yang berbeda. Dari tabel tersebut dapat kita lihat bahwa jumlah gelembung dan nyala api paling banyak dihasilkan pada suhu 37oC.

    Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa enzim katalase pada percobaan di atas bekerja optimal pada suhu 37oC.
    Jawaban : E

    Untuk pembahasan lebih lanjut, kamu dapat membaca pembahasan tentang cara kerja enzim dan faktor yang mempengaruhinya melalui link berikut.

    Read more : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim.

  1. Berikut adalah jenis-jenis enzim yang termasuk dalam golongan karbohidrase, kecuali ....
    1. Katalase
    2. Selulose
    3. Hidrolase
    4. Sitokrom
    5. Karboksilase

    Pembahasan :
    Secara umum, enzim dikelompokkan berdasarkan kelompok substrat yang dipengaruhinya. Secara garis besar ada tiga golongan utama, yaitu :
    1. Karbohidrase
      Golongan enzim yang berfungsi untuk memecah karbohidrat disebut enzim karbohidrase. Enzim-enzim yang tergolong ke dalam karbohidrase antaralain karboksilase, amilase, selulose, pektinase, sukrose, katalase, hidrolase, dan laktose.

    2. Protease
      Protoase adalah golongan enzim yang berfungsi untuk memecah protein seperti enzim galatinase, pepsin, enterokinase, peptidase, renin, dan sebagainya.

    3. Esterase
      Golongan enzim yang berfungsi menguraikan substrat yang termasuk ke dalam golongan ester disebut enzim esterase. Yang termasuk golongan ini antaralain enzim lipase, enzim posfatase, dan sebagainya.

    Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa yang buan termasuk golongan karbohidrase adalah sitokrom. Sitokrom merupakan pigmen uang dapat dioksidasi dan bukan merupakan enzim.
    Jawaban : D

    Read more : Penamaan dan Penggolongan Enzim Berdasarkan Substrat.

  1. Salah satu teori yang menjelaskan kerja enzim adalah teori kunci gembok (lock and key hypothesis). Cara kerja enzim menurut teori ini adalah enzim bekerja karena adanya ...
    1. Kesesuaian suhu dan pH
    2. Kesesuaian bentuk substrat
    3. Induksi substrat
    4. Apo-enzim pada substrat
    5. Inhibitor pada substrat

    Pembahasan :
    Berikut ilustrasi cara kerja enzim berdasarkan teori kunci-gembok.

    Pembahasan Soal Ujian Nasional Enzim Metabolisme

    Berdasarkan teori ini, enzim dimisalan sebagai gembok arena memiliki sebagian kecil  yang dapat berikatan dengan substrat. Bagian tersebut disebut sisi atif enzim.

    Selanutnya, substrat dimisalkan sebagai kunci karena dapat berikatan secara pas dengan sisi aktif enzim yang dimisalkan sebagai lubang gembok.

    Nah, arena dimisalkan sebagai kunci dan gembok, maka enzim hanya dapat bekerja jika bentuk substrat sesuai dengan bentuk sisi aktif enzimnya.

    Jadi, menurut teori kunci-gembok enzim bekerja karena adanya kesesuaian bentuk substrat dengan bentu sisi aktif pada enzim.
    Jawaban : B




Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment