Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Iritabilitas dan Gerak Tumbuhan

Posted by on 03 May 2016 - 7:42 PM

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi tentang iritabilitas dan gerak tumbuhan ini meliputi beberapa subtopik dalam materi iritabilitas dan gerak tumbuhan yaitu macam-macam gerak pada tumbuhan, gerak esionom, gerak autonom, gerak higroskofis, jenis dan asal rangsangan yang mempengaruhi gerakan pada tumbuhan, gerak tropisme, gerak nasti, dan gerak taksis. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam soal SBMPTN bidang study biologi, model soal tentang iritabilitas dan gerak tumbuhan yang sering keluar antara lain mengidentifikasi macam-macam gerakan berdasarkan asal dan jenis rangsangannya, menjelaskan gerak sebagai salah satu cara tumbuhan dalam menanggapi rangsangan, mengidentifikasi beberapa gerak tumbuhan yang tergolong gerak nasti, mengidentifikasi asal rangsangan yang menyebabkan gerakan pada tumbuhan, dan menjelaskan mekanisme gerak fototropisme pada tumbuhan.

Soal 1
Adaptasi adalah contoh kegiatan makhluk hidup dalam melakukan ...
A. Pertumbuhan dan perkembangan
B. Anabolisme dan katabolisme
C. Respons terhadap rangsangan
D. Perkembangan
E. Gerak aktif

Pembahasan :
Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah kemampuan beradaptasi. Adaptasi pada dasarnya bertujuan untuk mempertahankan hidup dan melestraikan diri.

Bentuk adaptasi makhluk hidup dapat berupa adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku. Adaptasi yang paling sederhana dapat berupa respons terhadap rangsangan salah satunya melalui gerakan.
Jawaban : C

Soal 2
Instabilitas yang menanggapi rangsangan sentuhan disebut ...
A. Fototropisme
B. Tigmotropisme
C. Hidrotropisme
D. Kemotropisme
E. Getropsime

Pembahasan :
Iritabilitas merupakan ciri makhluk hidup yang peka terhadap rangsangan. Tumbuhan juga peka terhadap rangsangan. Tanggapan terhadap rangsangan ditunjukkan dalam bentuk gerak.

Berdasarkan asal rangsang dan jenis rangsang yang mempengaruhi tumbuhan, gerak pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
1. Gerak autonom
2. Gerak esionom
3. Gerak higroskofis.

Gerak esionom adalah gerak yang dipengaruhi oleh rangsang yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Berdasarkan arah geraknya gerak esionom dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
1. Gerak tropisme
2. Gerak nasti
3. Gerak taksis

Beberapa macam gerak tropisme dan jenis rangsangannya antara lain:
1. Fototropisme : cahaya
2. Tigmotropisme : sentuhan
3. Hidrotropisme : air
4. Kemotropisme : kimia
5. Geotropisme : gaya tarik bumi

Jadi, instabilitas yang menanggapi rangsangan sentuhan disebut tigmotropisme.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Gymnospermae dan Angiospermae.

Soal 3
Stomata tumbuhan membuka pada saat ...
A. Volume air dalam sel penjaga tinggi
B. Volume air dalam sel penjaga sedikit
C. Ion K dalam sel penjaga sedikit
D. Karbondioksida tanaman banyak
E. pH sel penjaga rendah

Pembahasan :
Pengambilan air oleh sel penjaga menyebabkan volume air di dalam sel penjaga menjadi tinggi sehingga sel penjaga mengembung dan mendorong dinding bagian dalam stomata hingga merapat.

Dinding luar sel penjaga bertambah panjang dan mengembung ke arah luar, sedangkan dinding dalamnya tertarik oleh mikrofibril. Hal ini mengakibatkan stomata membuka.
Jawaban : A

Soal 4
Sulur tanaman labu Cucurbita sp. akan membelit apabila menyentuh tiang penyangga, peristiwa ini disebut ...
A. Fototropisme
B. Tigmotropisme
C. Fotonasti
D. Tigmonasti
E. Niktinasti

Pembahasan :
Gerak membelit sulur tanaman labu saat menyentuh tiangnya merupakan salah satu contoh gerak tigmotropisme, yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau persinggungan.

Gerak sulur tersebut tidak digolongkan gerak tigmonasti karena pada gerak nasti arah gerakan tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, sedangkan pada sulur tanaman labu, gerak sulur membelit mengikuti tiang.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Kormofita Berbiji.

Soal 5
Berikut ini contoh gerak nasti, kecuali ...
A. Menutupnya daun flamboyan menjelang malam
B. Menutupnya daun sikejut
C. Mekarnya bunga
D. Gerak Euglena mendekati cahaya
E. Membuka dan menutupnya stomata

Pembahasan :
Gerak nasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Beberapa contoh gerak nasti antara lain:
1. Menutupnya daun flamboyan menjelang malam
2. Menutupnya daun sikejut
3. Mekarnya bunga
4. Membuka dan menutupnya stomata

Gerak Euglena mendekati cahaya bukan gerak nasti tapi merupakan gerak fototaksis, yaitu gerak pindah tempat seluruh bagian tubuh tumbuah karena pengaruh rangsang cahaya.
Jawaban : D

Soal 6
Jika kecambah kacang hijau disinari pada salah satu sisi batangnya, maka pertumbuhan kecambah akan menjauhi arah datangnya sinar.
SEBAB
Pada sisi batang yang terkena sinar matahari, jumlah auksin akan meningkat.

Pembahasan :
Jika pada salah satu sisi batang kecambah kacang hijau disinari, maka akan terjadi pengangkutan auksin dari bagian yang terkena sinar ke bagian yang tidak terkena sinar sehingga jumlah auksin pada bagian yang terkena sinar akan menurun.

Karena kerja auksin lebih aktif di kondisi gelap, maka auksin merangsang pertumbuhan sel-sel pada bagian yang tidak terkena sinar sehingga pertumbuhan lebih cepat pada bagian yang gelap. Akibatnya, batang bergerak menuju arah datangnya sinar matahari.

Jadi, pernyataan dan alasan salah.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Dunia Tumbuhan Plantae.

Soal 7
Zat yang mempunyai peran penting dalam proses membuka dan menutupnya mulut daun adalah ...
A. Glukosa
B. Vitamin
C. Protein
D. Lemak
E. Mineral

Pembahasan :
Membuka dan menutupnya mulut daun merupakan salah satu gerak nasti kompleks yaitu gerak yang dipengaruhi oleh beberapa jenis rangsangan seperti sinar matahari, suhu, air, dan glukosa.
Jawaban : A

Soal 8
Transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi air ...
A. Dari sel ke sel melalui plasmodesmata
B. Di dalam berkas pembuluh kayu
C. Yang menembus sitoplasma dan vakuola
D. Yang melalui ruang-ruang antar sel
E. Di dalam berkas pengangkutan

Pembahasan :
Ada dua macam transportasi yang umum pada tumbuhan, yaitu:
1. Transportasi vaskuler
2. Transportasi ekstravaskuler

Transportasi vaskuler merupakan transportasi pada tumbuhan yang berlangsung melalui berkas pembuluh angkut. Trnasportasi ekstravaskuler dibedakan menjadi :
1. Transportasi simplas
2. Transportasi apoplas

Transportasi simplas merupakan transportasi melalui plasmodesma menembus sitoplasma dan vakuola. Transportasi apoplas merupakan transportasi ekstravaskuler yang berlangsung melalui dinding sel dan ruang-ruang antar sel.
Jawaban : D

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Klasifikasi Tumbuhan.

Soal 9
Pada waktu kita sentuh daun tumbuhan sikejut (Mimosa pudica), seluruh daunnya akan menutup, karena adanya ...
A. Pengaruh gravitasi pada tubuh tanaman
B. Perubahan turgor jaringan sendi daun
C. Gerak nutrisi atau gerak autonom
D. Gerak tigmotropi yang merupakan respon terhadap sentuhan
E. Pengaruh perubahan kadar hormon auksin

Pembahasan :
Menutupnya daun tumbuhan sikejut saat disentuh menunjukkan bahwa daun tumbuhan sikejut peka terhadap rangsangan berupa sentuhan. Ketika disentuh, daunnya akan terlipat.

Menutupnya daun sikejut terjadi karena hilangnya turgor secara tiba-tiba dalam massa sel parenkim di pangkal setiap anak daun.

Jika hanya bagian ujung daun sikejut saja yang disentuh, maka daun akan melipat berpasang-pasangan dari ujung ke pangkal seolah-olah ada rangsangan yang mengalir dalam daun.

Peristiwa itu terjadi karena adanya gerakan kimiawi melalui berkas pembuluh. Oleh karena itu, gerak menutupnya daun sikejut disebut gerak seismonasti, yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau getaran.
Jawaban : B

Soal 10
Batang tanaman kacang hijau di tempat gelap menunjukkan fototropisme positif atau tumbuh melengkung ke arah cahaya. Hal ini disebabkan oleh ...
1. Pertumbuhan bagian batang yang tidak terkena sinar lebih cepat
2. Pertumbuhan bagian batang yang tidak terkena sinar lebih lambat
3. Auksin pada batang yang kena sinar menjadi tidak aktif
4. Cahaya mempercepat pembelahan sel

Pembahasan :
Gerak fototropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang cahaya disebut juga gerak heliotropisme. Contoh gerak fototropisme antaralain gerak batang dan bunga matahari menuju kearah cahaya matahari.

Gerak fototropisme positif yang terjadi pada batang tanaman kacang hijau tersebut terjadi karena pengaruh rangsang cahaya dan berhubungan dengan kerja hormon auksin.

Pada sisi batang yang terkena cahaya, kadar hormon auksin lebih sedikit dibanding bagian batang yang tidak terkena cahaya sehingga pertumbuhan pada batang yang tidak kena cahaya lebih cepat.

Karena kerja hormon auksin dihambat dengan adanya cahaya, maka auksin akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada bagian yang tidak terkena cahaya. Akibatnya, batang melengkung menuju arah datangnya sinar.

Jadi, opsi yang benar adalah 1 dan 3.
Jawaban : B


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment