Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Organ-organ Tumbuhan

Posted by on 02 May 2016 - 10:04 AM

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi ini meliputi beberapa subtopik pada materi organ tumbuhan yaitu struktur akar, struktur batang, struktur daun, dan struktur bunga. Dari beberpa soal yang pernah keluar dalam SBMPTN bidang study biologi, model soal tentang organ tumbuhan yang sering keluar antara lain mengidentifikasi ciri khas struktur anatomi daun, mengidentifikasi perbedaan antara batang dikotil dan batang monokotil, mengidentifikasi ciri-ciri dan struktur bunga berdasarkan penyerbukannya, menjelaskan pertumbuhan pada batang yang berkaitan dengan pembentukan lingkaran tahun, mengidentifikasi bagian-bagian akar yang bersifat meristematis, mengidentifikasi perbedaan antara akar dikotil dan akar monokotil, mengidentifikasi karakter batang monokotil, dan menjelaskan pertumbuhan sekunder pada batang dikotil.

Soal 1
Ciri khas struktur anatomi daun yang berbentuk lembaran adalah ...
A. Berkas pengangkutnya pipih
B. Xilem berada di sisi atas
C. Floem berada di sisi atas
D. Pada epidermisnya banyak stomata
E. Sel-sel epidermisnya berkloroplas

Pembahasan :
Struktur daun berbentuk lembaran merupakan jenias daun yang dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Pada tumbuhan monokotil, daun berbentuk lurus dan panjang.

Salah satu ciri khas struktur anatomi daun yang berbentuk lembaran adalah berkas pembuluh pipih. Pada tumbuhan monokotil tulang daun berderet sejajar sumbu daun dan dihubungkan oleh berkas-berkas pengangkut yang kecil.

Jadi, ciri khas struktur anatomi daun yang berbentuk lembaran adalahberkas pengangkutnya pipih.
Jawaban : A

Soal 2
Batang dikotil dan batang monokotil dapat dibedakan dari ...
1. Letak berkas pembuluh
2. Ada tidaknya empulur
3. Ada tidaknya jari-jari empulur
4. Ada tidaknya kambium

Pembahasan :
Batang dikotil dan batang monokotil dapat dibedakan dari beberapa faktor pembeda, yaitu:
1. Letak berkas pengangkut
2. Ada tidaknya bagian empulur
3. Ada tidaknya jari-jari empulur
4. Ada tidaknya kambium

Pada batang tumbuhan dikotil, berkas pembuluh berada teratur dalam lingkaran sedangkan pada batang tumbuhan monokotil, letak berkas pengangkutnya menyebar.

Pada batang tumbuhan dikotil ditemukan bagian empulur dan memiliki jari-jari empulur sedangkan pada batang tanaman monokotil tida memiliki bagian empulur.

Batang tumbuhan dikotil memiliki kambium sehingga dapat mengalami pertumbuhan sekunder sedangkan batang monokotil tidak memiliki kambium.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Tumbuhan Lumut dan Paku.

Soal 3
Bunga yang penyerbukannya secara anemogami, memiliki ciri-ciri ...
1. Warna bunga cerah
2. Struktur bunga kecil dan sederhana
3. Bau bunga harum
4. Serbuk sari ringan

Pembahasan :
Penyerbukan secara anemogami merupakan penyerbukan bunga dengan bantuan angin. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya berlangsung secara anemogami antaralain:
1. Bunga tidak memiliki mahkota
2. Struktur bunga kecil dan sederhana
3. Serbuk sari banyak dan ringan
4. Kedudukan serbuk sari bergantungan
5. Kepala putik besar

Jadi, opsi yang benar adalah 2 dan 4.
Jawaban : C

Soal 4
Jaringan berikut termasuk silinder pusat akar tumbuhan dikotil, kecuali ....
A. Xilem
B. Floem
C. Kambium
D. Perisikel
E. Endodermis

Pembahasan :
Struktur anatomi akar dapat diamati dengan cara memotong akar secara melintang. Struktur akar terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1. Epidermis
2. Korteks
3. Endodermis
4. Silinder pusat

Silinder pusat atau stele merupakan daerah yang terletak di bagian dalam endodermis. Di dalam silinder pusat terdapat jaringan pengangkut xilem dan floem.

Pada tumbuhan dikotil, antara xilem dan floem terdapat kambium. Aktivitas ambium ke arah luar membentuk unsur kulit dan aktivitas ambium ke arah dalam membentuk unsur kayu.

Di lapisan terluar dari silinder pusat terdapat perisikel atau perikambium. Aktivitas perisikel atau perikambium membentuk cabang-cabang akar.

Endodermis merupakan lapisan dalam yang terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa sebaris sel-sel yang terususn rapat tanpa ruang antar sel.

Jadi, yang tidak termasuk bagian silinder pusat akar tumbuhan dikotil adalah endodermis.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Hormon Endokrin.

Soal 5
Batang tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan dikotil mengalami pertumbuhan sekunder.
SEBAB
Batang tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan dikotil memiliki kambium dan endodermis.

Pembahasan :
Berdasarkan aktivitas pembelahan meristem, pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Pertumbuhan primer
2. Pertumbuhan sekunder

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang diawali dengan pembelahan sel-sel meristem apikal yaitu sel-sel meristem yang terdapat pada pucuk batang dan ujung akar.

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan hasil pembelahan sel-sel meristem lateral. Terdapat dua macam meristem lateral yang terlibat, yaitu kambium vasikuler dan kambium gabus.

Pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhan tahunan (parenial) berkayu. Tumbuhan berbiji terbuka dan dikotil keduanya memiliki kambium sehingga keduanya mengalami pertumbuhan sekunder.

Endodermis merupakan lapisan pemisah yang jelas antara korteks dan stele. Kambium berada pada bagian stele atau silinder pusat.

Jadi, pernyataan benar tapi alasan salah.
Jawaban : C

Soal 6
Pada batang monokotil tidak dijumpai ...
1. Kambium fasikuler
2. Xilem sekunder
3. Felogen
4. Sel pengiring

Pembahasan :
Salah satu ciri batang monokotil yang membedakannya dengan batang dikotil adalah batang monokotil tidak memiliki kambium. Karena tidak memiliki kambium, maka batang monokotil tidak mengalami pertumbuhan sekunder.

Karena tidak mengalami pertumbuhan sekunder maka diameter batang tumbuhan monokotil cenderung tetap dan tidak mengalami pembentukan berkas angkut skunder seperti xilem sekunder dan floem sekunder. Selain itu juga tida ada aktivitas pembentukan felogen dan kambium gabus.

Meski demikian, pada batang monokotil masih terdapat sel-sel pengiring yang merupakan bagian pembentuk floem bersama-sama dengan pembuluh tapis, parenkim, dan sklereid.

Jadi, opsi yang benar adalah 1, 2, dan 3.
Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Gerak Manusia.

Soal 7
Pada batang dikotil, lingkaran tahun dibentuk oleh kambium.
SEBAB
Kambium merupakan jaringan meristem primer yang senantiasa dapat tumbuh.

Pembahasan :

Adanya kambium pada batang tumbuhan dikotil menyebabkan pertumbuhan sekunder sehingga diameter batang dikotil membesar.

Kambium merupakan jaringan meristem sekunder yaitu jaringan yang sel-selnya berkembang dari jaringan dewasa yang sudah mengalami diferensiasi.

Aktivitas kambium tidak selalu sama dan tidak selalu teratur karena aktivitas kambium dipengaruhi oleh musim. Pada musim hujan, aktivitas pertumbuhan ambium lebih giat dibandingkan musim kemarau.

Perbedaan aktivitas ini menyebabkan timbulnya perbedaan lebar cincin-cincin kosentris pada batang dikotil yang dikenal dengan istilah lingkaran tahun.

Jadi, pernyataan benar tapi alasan salah.
Jawaban : C

Soal 8
Bagian akar yang mempunyai sifat meristematis adalah ...
1. Endodermis
2. Kambium
3. Korteks
4. Perisikel

Pembahasan :
Pada akar terdapat beberapa bagian, yaitu:
1. Epidermis
2. Korteks
3. Endodermis
4. Silinder pusat

Epidermis akar terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Epidermis akar memiliki rambut akar hasil aktivitas sel-sel di belakang titik tumbuh.

Korteks akar tersusun dari beragam sel yang membentuk beberapa lapis sel. Dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas.

Endodermis akar berupa sebaris sel-sel yang terususn rapat tanpa ruang antar sel. Lapisan endodermis merupakan lapisan di sebelah dalam korteks.

Silinder pusat terletak di sebelah dalam endodermis. Di silinder pusat terdapat berkas pengangkut xilem dan floem. Pada tumbuhan dikotil, terdapat kambium di antara xilem dan floem. Pada akar juga terdapat perisikel atau perikambium.

Kambium dan perisikel yang terdapat pada silinder pusat merupakan bagian akar yang bersifat meristematis atau aktif membelah. Jadi, opsi yang benar adalah 2 dan 4.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Sistem Koordinasi.

Soal 9
Akar dan batang dikotil berbeda dengan akar dan batang monokotil dalam hal ...
1. Epidermis akar
2. Floeterma
3. Korteks batang
4. Endodermis akar

Pembahasan :
Pada bagian batang, yamg membedakan antara batang monokotil dan batang dikotil adalah pada batang dikotil terdapat floeterma sedangkan batang monokotil tida mengandung foeterma.

Selain itu perbedaan pada batang monokotil dan dikotil paling jelas terlihat pada bagian silinder pusat atau stele. Pada tumbuhan dikotil terdapat kambium di silinder pusat sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak ada kambium.

Pada bagian endodermis akar, tanaman dikotil dan monokotil juga menunjukkan perbedaan. Pada tumbuhan monokotil, endodermis pada akar yang tua tetap berfungsi untuk memindahkan air dari korteks ke silinder pusat.

Pada tumbuhan dikotil, endodermis pada akar yang tua tidak berfungsi lagi karena lapisan gabus atau cincin kaspari akan tumbuh meluas dan menutupi permukaan sel endodermis, sehingga sel sendodermis tidak dapat dilalui air.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada tumbuhan dikotil selalu terbentuk akar baru dengan sel endodermis yang baru sehingga tetap bisa memindahkan air dari korteks ke silinder pusat.

Jadi, opsi yang benar adalah 2 dan 4.
Jawaban : C

Soal 10
Pada batang tumbuhan dikotil, aktivitas kambium vasikuler ke arah dalam menghasilkan ...
A. Empulur
B. Floem primer
C. Floem sekunder
D. Xilem primer
E. Xilem sekunder

Pembahasan :
Salah satu ciri batang dikotil yang membedakannya dengan batang monokotil adalah batang dikotil memiliki kambium pada bagian silinder pusat.

Kambium yang terletak di antara berkas pengangkut dan parenkim disebut kambium vasikuler. Kambium yang terletak di antara dua berkas pengangkut disebut kambium intervasikuler.

Aktivitas kambium vasikuler ke arah dalam pada batang dikotil akan menghasilkan xilem sekunder dan ke arah luar akan menghasilkan floem sekunder.
Jawaban : E


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment