Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Posted by on 06 June 2016 - 2:52 PM

Menggambar dengan pensil atau lebih populer dengan istilah pencil drawing sudah menjadi hobi banyak orang. Banyak seniman yang menggunakan pensil sebagai alat untuk menghasilkan karya-karya gambar. Beberapa seniman bahkan menjadikan pecil drawing sebagai salah satu ciri khas dan ladang usaha untuk memperoleh penghasilan. Ada yang hanya menggunakan pensil hitam untuk menghasilkan gambar klasik benilai seni tinggi dan ada pula yang menggunakan pensil warna untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah. Salah satu kelebihan pensil dibanding cat lain adalah penggunaannya yang relatif lebih mudah. Struktur pensil yang keras dan dapat diruncingkan memudahkan pengguna untuk menggambar dan mewarnai suatu objek dengan lebih detail hingga ke celah atau area yang sangat kecil. Selain itu, dengan pensil hitam ataupun pensil warna pengguna dapat menghasilkan gradasi warna yang sangat baik dengan pilihan warna yang beragam.

Karena karakter tersebut, tak heran jika banyak karya berkualitas yang dihasilkan menggunakan pensil. Dengan detail yang sangat bagus pensil sangat cocok digunakan untuk menggambar suatu objek secara realistik sehingga sangat mirip dengan objek aslinya.

Pensil warna tersedia dalam beberapa varian, ada yang berisi tinta menyerupai pulpen ada yang berbentuk padat seperti halnya pensil. Pensil warna yang berbentuk padat juga terdiri dari beberapa jenis ada yang klasik, ada yang menggunakan air dalam aplikasinya, dan ada pula yang berasal dari crayon.

Karena cat tersedia dalam bentuk pensil dengan struktur yang cukup keras, maka pensil warna cenderung lebih disukai oleh pemula yang belajar menggambar karena lebih mudah digunakan. Selain mudah digunakan, pensil warna juga menyediakan berbagai pilihan warna yang variatif.

Tak hanya itu, hasil yang diperoleh dengan menggunakan pensil warna juga tak kalah bagus dengan cat lainnya. Para seniman profesional bahkan mampu menghasilkan suatu karya yang sangat realistik dan jauh lebih bagus dari lukisan yang menggunakan cat minyak.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Alam dengan Cat Crayon.

Salah satu kekurangan pensil warna adalah media aplikasinya yang relatif terbatas. Kita tidak bisa menggunakan pensil warna untuk menggambar di kanvas seperti halnya cat air atau cat minyak. Akan tetapi, hal itu tidak jadi masalah karena saat ini terseda kertas gambar dengan kualitas premiun yang tahan lama.

Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar menggambar bunga menggunakan pensil warna. Bunga yang akan kita gambar kali ini adalah bunga kamboja. Bunga kamboja memiliki beberapa warna namun kali ini kita akan menggambar bunga kamboja yang berwarna putih dengan corak kuning di bagian tengahnya.

Berikut gambar bunga kamboja yang akan kita gambar.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Membuat Kerangka
Langkah pertama kita buat outline atau sketsa menggunakan pensil. Gambar bentuk bunga, batang, daun, dan kuncup bunga seperti berikut ini.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna


Mewarnai Daun
Langkah selanjutnya adalah mewarnai objek. Berikan warna dasar untuk masing-masing komponen bunga. Misalnya gunakan warna hijau muda untuk warna dasar daun dan gunakan warna kuning untuk warna dasar kelopak bunga. Lakukan pewarnaan secara halus.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Selanjutnya gunakan warna hijau yang lebih tua dari warna hijau pertama untuk mewarnai daun. Goreskan pensil dengan arah yang sama membentuk sudut kemiringan terhadap tulang daun. Gunakan warna hijau tua untuk mewarnai tulang daun dan timpa warna daun dengan hijau tua pada bagian-bagian yang perlu untuk menmbulkan efek lekukan.

Baca juga : Menentukan Jenis Kertas yang Cocok untuk Menggambar.

Mewarnai Bunga
Langkah selanjutnya mewarnai bunga. Perjelas warna kuning pada bunga namun jangan terlalu terang karena warna bunga yang akan kita gambar adalah putih kekuningan.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Tambahkan Corak Warna
Jika pewranaan pada bunga sudah cukup rata, maka selanjutnya gunakan warna jingga untuk mewarnai bagian cekungan dalam bunga yang menjadi titik pertemuan kelopak bunga.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Berikutnya, gunakan warna kuning untuk memberi corak pada pangkal kelopak bunga. Goreskan cat kuning mengikuti arah kelopak seperti gambar di atas.

Baca juga : Jenis-jenis Pensil yang Cocok untuk Menggambar.

Menambahkan Detail
Langah selanjutnya, gunakan warna hijau tua untuk memperjelas tangkai dan kuncup bunga. Gunakan warna kuning dan hijau muda untuk mewarnai beberapa bagian pada kuncup bunga.

Menggambar Bunga Kamboja Menggunakan Pensil Warna

Agar gambar terlihat lebih jelas, tambahkan garis luar pada masing-masing objek menggunakan warna lebih tua yang sesuai dengan latar atau gambar yang ditimpah. Setelah itu, tambahkan warna latar belakang sesuai keinginan.

Demikianlah cara menggambar bunga kamboja menggunakan pensil warna untuk pemula. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment