Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Posted by on 05 June 2016 - 4:26 PM

Menggambar menggunakan cat crayon memang memberikan keunikan tersendiri. Meskipun tidak sehalus cat minyak atau cat air, namun gambar yang dihasilkan tidak kalah menarik jika komposisi yang digunakan tepat dan serasi. Goresan crayon yang kasar dan cenderung sulit disatukan justru menimbulkan kesan tersendiri yang menjadikannya berbeda dari cat lainnya. Karakter cat crayon yang memang sulit digabungkan sehingga sulit menghasilkan gradasi warna sebagus cat air atau cat minyak. Saat menggunakan cat crayon, kita tidak bisa benar-benar menghasilkan goresan yang rata dan halus karena tiap goresannya cenderung meninggalkan sisa berupa titik yang tidak terjangkau oleh partikel cat. Oleh karena itu, kita perlu menggores berulang-ulang untuk menghasilkan warna serata mungkin sesuai keinginan. Meski sulit untuk memperoleh gradasi warna yang diinginkan, dengan teknik yang rapi kita bisa menghasilkan gambar yang menarik dan tidak kalah dengan lukisan atau gambar yang dibuat menggunakan cat minyak atau cat air.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba menggambar sebuah pemandangan alam dengan menggunakan cat crayon. Pemandangan yang akan kita gambar cukup sederhana namun cukup bagus untuk melatih kreativitas dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Pemandangan yang akan kita gambar terdiri dari beberapa aspek utama yaitu pohon, rerumputan, tanaman hias, rumah, jalan, dan awan. Untuk menggambar pemandangan ini, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah menggambar outline atau sketsa kasarnya.

Setelah kita menyelesaikan outline gambarnya, maka selanjutnya kita dapat menentukan warna-warna apa saja yang akan kita gunakan. Sebagai langkah awal, gunaan warna-warna dasar sesuai dengan warna objek yang akan kita warnai.

Dalam mewarnai gambar, kita bisa mewarnainya satu persatu secara detail atau mewarnainya sekaligus dengan warna dasar untuk kemudian diberikan warna yang lebih detail sesuai dengan gradasi warna yang dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa gambar yang dihasilkan dengan menggunakan cat crayon cenderung tidak terlalu detail karena ukuran cat crayon yang relatif besar mempersulit kita mewarnai area yang sempit atau terlalu kecil.

Baca juga : Teknik dan Tips Menggambar Menggunakan Cat Crayon.

Berikut gambar pemandangan alam yang akan kita gambar.

gambar pemandangan alam dengan cata crayon


Membuat Outline Gambar
Langkah pertama gambarlah outline atau sketsa kasar menggunakan pensil sesuai dengan bentuk-bentuk objek yang ada di pemandangan. Tidak perlu detail yang penting kita mengerti bentuk objek yang akan digambar.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Warna Dasar
Setelah kerangka gambar selesai, kita dapat memberikan warna dasar pada masing-masing objek.Gunakan warna yang muda terlebih dahulu agar mudah untuk melakukan gradasi warna.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Mewarnai Pohon Besar
Selanjutnya berikan warna yang lebih detail untuk setiap objek. Kita bisa memulai dari objek manapun yang kita inginkan. Pada contoh ini kita akan mewarnai pohon terlebih dahulu.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Untuk daun pohon, mulailah dengan goresan kasar menggunakan warna hijau muda setelah itu timpal dengan warna hijau yang lebih tua. Agar memberikan kesan yang cukup detail berikan putaran kecil secara sembarang sehingga dapat menimbulkan efek daun.

Baca juga : Perbedaan Antara Cat Crayon dan Pastel Oil.

Selanjutnya gunakan warna hitam untuk bagian-bagian daun yang tidak terkena cahaya atau bagian pohon yang gelap. Kita bisa melakukannya sesuai dengan orientasi cahaya yang kita inginkan atau lakukan saja secara acak dengan memperhatikan nilai estetika.

Mewarnai Rumah
Objek selanjutnya yang akan kita warnai adalah rumah. Mulailah dari bagian atap rumah. Goreskan cat secara vertikal dari atas ke bawah seolah-olah merupakan garis pada atap rumah tersebut. Berikan warna yang lebih tua pada bagian atap yang terlindung dari cahaya.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Selanjutnya warnai dinding rumah sesuai dengan keinginan kita. Goreskan cat crayon dengan arah yang teratur agar hasilnya rapi dengan ketebalan yang relatif sama dan tidak saling bertabrakan.

Mewarnai Rumput dan Tanaman Hias
Di sekeliling rumah terdapat rumput dan tanaman hias. Gunakan warna hijau muda untuk mewarnai rumput dan tanaman tersebut. Untuk rumput goreskan dengan arah yang teratur namun tidak merata.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Untuk tanaman hias, goreskan cat hijau dengan bentuk sembarang ada yang diputar ada juga yang melengkung sedemikian rupa. Sama seperti sebelumnya pewarnaan tidak perlu rata hanya sekedar memperjelas warna saja.

Berikan garis luar untuk tanaman hias dan rumput agar bentuk-bentuknya terlihat lebih jelas. Gunakan cat hijau yang lebih tua sehingga ada perbedaan yang jelas terlihat.

Baca juga : Jenis-jenis Cata Untuk Menggambar dan Melukis.

Berikan Volume
Goreskan cat warna hijau tua secara vertikal dari bagian bawah tanaman hias dan rumput sedemikian rupa untuk menimbulkan volume sehingga tanaman hias terlihat lebih berisi. Timpa warna hijau muda dengan warna hijau tua sedemikian sehingga timbul efek gelap terang.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Gradasi Warna
Selanjutnya perhalus goresan-goresan yang digunakan untuk menimbulkan gradasi warna. Lakukan berulang-ulang sehingga dihasilkan gradasi warna yang kita inginkan.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Menambahkan detail
Setelah gradasi warna dirasa sudah cukup, tambahkan detail warna dan struktur pada masing-masing objek untuk menyempurnakannya. Kita bisa mengulang beberapa langkah untuk menghasilkan komposisi yang kita inginkan.

Menggambar Pemandangan Alam Dengan Cat Crayon

Demikianlah tutorial menggambar pemandangan alam dengan cat crayon. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment