JENIS-JENIS PANTUN BERDASARKAN ISI DAN CONTOH

Posted by on 08 October 2016 - 8:50 AM

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang masih terikat oleh aturan berupa jumlah suku kata dalam satu baris, jumlah baris dalam satu bait, dan persajakan. Pantun terdiri dari empat baris dalam satu bait dan umumnya bersajak ab-ab atau aa-aa. Kata pantun berasal dari kata panuntun yang artinya tuntunan. Berdasarkan asal kata tersebut, maka jelas bahwa pantun umumnya digunakan untuk menyampaikan tuntunan atau nasihat. Dalam setiap bait pantun terdapat empat baris dengan dua baris pertama merupakan sampiran dan dua baris terakhir merupakan isi. Antara sampiran dan isi tidak memiliki hubungan makna hanya saja terdapat hubungan persajakan atau rima. Persajakan merupakan salah satu ciri pantun yang paling mudah dikenali. Pada kesempatan ini, Bahan belajar sekolah akan membahas beberapa jenis pantun berdasarkan usia dan berdasarkan isinya beserta beberapa contoh.

Jenis Pantun Berdasarkan Isi

Jika dilihat berdasarkan isinya, maka pantun dapat dibagi menjadi beberapa jenis antaralain pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun nasihat, pantun cinta dan kasih sayang, pantun pujian, pantun agama, pantun adat, pantun cerita, pantun kepahlawanan, pantun suka cita, pantun duka cita, dan sebagainya.

#1 Pantun Jenaka
Pantun jenaka adalah jenis pantun yang isinya lucu atau mengandung humor sehingga dapat menimbulkan tawa. Pantun jenaka biasanya digunakan untuk menghibur pembaca atau pendengar sehingga suasana menjadi lebih ceria. Pada pesta adat Melayu, biasanya masih digunakan pantun jenaka.

Bua rambutan buah belimbing
Sungguh manis si gula jawa
Sungguh senang punya teman sumbing
Kalau marah tetap tertawa

#2 Pantun Teka-teki
Sesuai dengan namanya, pantun teka-teki adalah pantun yang isinya berupa teka-teki atau tebak-tebakan. Pada pantun teka-teki, baris ketiga umumnya merupakan pengantar sebelum bertanya sedangkan baris keempat merupakan pertanyaan teka-teki.

jenis-jenis pantun

Pantun teka-teki umumnya digunakan dalam percakapan atau pergaulan sehari-hari dan sering digunakan untuk saling berbalas pantun. Jawaban atas teka-teki tersebut juga dapat disajikan dalam bentuk pantun.

Burung kenari burung prenjak
Terbang sejenak hinggap di tali
Kalau saudara memanglah bijak
Hewan apa tanduk di kaki

Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Bentuk Ragam Sastra.

#3 Pantun Nasihat
Pantun nasihat adalah jenis pantun yang isinya sebuah petuah atau nasihat yang tujuannya memberi tuntunan kepada banyak orang. Pantun nasihat berisi kata-kata yang mengarahkan pembaca atau pendengar ke arah yang lebi baik.

Buah pinang dibelah dua
Tangan bengkak disengat lebah
Sedari muda hingga ke tua
Ajaran baik janganlah diubah

#4 Pantun Kasih Sayang
Pantun kasih sayang adalah jenis pantun yang isinya tentang rasa cinta atau kasih sayang dan umumnya merupakan pantun anak muda. Pantun ini biasa digunakan sebagai sarana untuk perkenalan, mengungkapkan perasaan ke seseorang, atau sekedar memberikan pujian.

Burung elang terbang melayang
Turun ke bumi jangan dipinta
Dari awal menanam sayang
Moga kelak menjadi cinta

#5 Pantun Nasib
Pantun nasib adalah pantun yang isinya menceritakan keadaan diri. Pantun ini biasanya digunakan menceritakan nasib seseorang ketika berada di perantauan seperti kerinduan, perjuangan hidup, dan sebagainya.

Teduh sejenak kala gerimis
Carilah batu permukaan rata
Sungguh diri hendak menangis
Mengenang ibu yang jauh di mata

#6 Pantun Agama
Pantun agama adalah jenis pantun yang mengandung nasehat atau petuah yang sesuai atau berdasarkan ajaran agama. Pantun ini biasanya berisi nasihat tentang apa yang baik dilakukan dan apa yang tidak baik dilakukan sehingga mengingatkan untuk tetap teguh pada agama.

Simpanlah benang di dalam peti
Jarum di pasir tidak terlihat
Bersifat jujur bersihkan hati
Kemana pergi pasti selamat

#7 Pantun Adat
Pantun adat adalah pantun yang isinya berupa petuah atau nasihat berdasarkan nilai-nilai atau aturan yang ada dalam adat istiadat yang dianut. Pantun ini umumnya menggunakan gaya bahasa dengan nuansa daerah yang mencerminkan kebudayaan.

Memandang jauh terlihat padat
Elok bersantai di bangku taman
Sedari muda tak belajar adat
Tua besar tergerus zaman

#8 Pantun Kepahlawanan
Pantun kepahlawanan adalah pantun yang isinya berhubungan dengan semangat kepahlawanan, perjuangan pahlawan, atau hal-hal yang berkaitan dengan perjuangan yang sifatnya heroik.

Jatuhlah gelas pecah dan hancur
Cerita lama ulur terkenang
Maju semangat berpantang mundur
Yakin berjuang pastilah menang

Baca juga : Pengertian, Unsur-unsur Drama dan Jenis Drama.

#9 Pantun Suka Cita
Pantun suka cita adalah pantun yang isinya menceritakan tentang kegembiraan dan kebahagiaan. Pantun suka cita umumnya merupakan pantun anak-anak yang menggambarkan kehidupan masa anak-anak yang penuh dengan kesenangan.

Pohon pinus pohon cemara
Bersanding sejajar pohon meranti
Sungguh senang dapat juara
Pujian datang hadiah menanti

#10 Pantun Duka Cita
Pantun suka cita adalah pantun kebalikan dari pantun suka cita yang isinya menceritakan tentang kesedihan atau kesusahan. Pantun duka cita umumnya menggambarkan kehidupan masa anak-anak yang penuh dengan kesengsaraan karena sebab tertentu.

Roti dipanggang berlapis keju
Semakin lezat tambah camilan
Berbantal lengan berselimut baju
Dalam tidur menggigil sekujur badan

Jenis Pantun Berdasarkan Usia

Jika dibagi berdasarkan usia, maka pantun dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Pantun anak-anak
2. Pantun anak muda
3. Pantun orang tua

Pantun anak-anak adalah pantun yang menggambarkan kehidupan anak-anak untuk menunjukkan kegembiraan atau kesedihan mereka serta mengandung petuah atau nasihat agar anak menjadi manusia yang baik. Pantun anak-anak meiputi pantun suka cita dan pantun suka cita.

Pantun anak muda adalah pantun yang menggambarkan kehidupan anak muda meliputi kehidupan asmara, pergaulan, atau perjuangan dalam mencapai sesuatu. Berdasarkan isinya, pantun anak muda biasanya merupakan pantun nasib, pantun kasih sayang, pantun perkenalan, pantun pujian, dan sebagainya.

Pantun orangtua adalah pantun yang menggambarkan karakter orangtua sehingga sarat akan nasihat atau petuah. Berdasarkan isinya, pantun orangtua biasanya merupakan pantun agama, pantun adat, pantun nasihat, pantun jenaka, dan sebagainya.

Baca juga : Jenis-jenis Puisi Lama, Puisi Baru, dan Kontemporer.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements