KELENGKAPAN DAN PERLENGKAPAN DALAM PAMERAN SENI RUPA

Posted by on 01 March 2017 - 10:28 AM

Kelengkapan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara dalam menyelenggarakan sebuah pameran seni rupa. Kelengkapan pameran menjadi salah satu tolak ukur kinerja panitia dalam merencanakan dan mempersiapkan pameran. Kelengkapan pameran seni rupa akan tercapai jika formasi yang terbentuk di dalam kepanitiaan bekerja sama menjalankan tugasnya masing-masing sehingga segala perlengkapan dan aspek pameran dapat terpenuhi. Kelengkapan suatu pameran seni rupa tidak hanya mengenai lengkapnya perlengkapan atau karya-karya yang digunakan untuk pameran, tetapi juga berkaitan dengan berbagai tugas yang diemban dalam kepanitiaan. Pada kesempatan ini, Bahan belajar sekolah akan membahas mengenai kelengkapan dan perlengkapan pameran seni rupa mulai dari perlengkapan administrasi hingga perlengkapan kepanitiaan.

A. Kelengkapan Pameran

Kelengkapan pameran adalah suatu kondisi yang menunjukkan lengkap tidaknya suatu pameran. Kelgnkapan itu meliputi berbagai aspek yang dibutuhkan dalam sebuah pameran mulai dari kepanitiaan, perlengkapan, hingga unsur pelaksanaan.

Kelengkapan pameran sangat penting untuk diperhatikan sebab kelengkapan akan sangat mempengaruhi penyelenggaraan pameran. Kelengkapan pameran ditujukan untuk menyemarakkan pameran sehingga penonton akan lebih tertarik untuk menikmati pameran tersebut.

Sebuah pameran yang lengkap akan lebih bervariasi dan berwarna sehingga memiliki daya tarik yang kuat untuk menarik perhatian pengunjung. Sebaliknya, jika sebuah pameran tidak lengkap dan terdapat berbagai kekurangan, maka tentu saja pameran tersebut akan menjadi kurang menarik.

Kelengkapan dan perlengkapan pameran seni rupa

Kelengkapan pameran hanya akan terwujud jika ada kerja sama yang baik antara semua seksi-seksi dalam kepanitiaan. Kerja bagus dari seksi perlengkapan tidak akan lengkap jika tidak didukung dengan kerja bagus dari seksi dekorasi atau sebaliknya.

Sebagai contoh, panitia yang bertugas sebagai seksi perlengkapan telah mempersiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan untuk pameran. Akan tetapi, karena seksi dekorasi tidak menjalankan tugas dekorasi dengan baik, akhirnya persiapan untuk pameran tidak berjalan dengan mulus dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Dalam kelengkapan pameran, panitia yang bertugas sebagai penjaga stan juga memiliki peran yang sangat penting sebab merekalah yang berhadapan langsung dengan para pengunjung. Pameran akan lengkap jika penjaga stan dilengkapi dengan pengetahuan sehingga dapat menjawab berbagai pertanyaan terkait pameran tersebut dan dapat menjelaskan kepada pengunjung.

Semua bagian dalam kepanitiaan saling mempengaruhi sehingga harus ditumbuhkan kerja sama yang solid antara satu seksi dengan seksi lainnya. Dalam hal ini, ketua dan wakil ketua memegang peran penting untuk memandu dan mengkoordinir kerja para seksi-seksinya.

Dari berbagai aspek yang diperlukan untuk kelengkapan pameran, berikut beberapa hal utama yang harus diperhatikan untuk mencapai kelengkapan pameran:
1). Pembentukan panitia yang terorganisir (sebaiknya didampingi guru kesenian)
2). Ketersediaan ruang pameran yang memadai
3). Ketersediaan karya-karya seni rupa yang layak dipamerkan
4). Penguasaan prinsip-prinsip pameran
5). Ketersediaan perlengkapan, dekorasi dan publikasi untuk pameran.

Kelengkapan kepanitiaan merupakan poin utama yang harus diperhatikan. Seluruh jenis keterangan harus diinventraisasikan oleh seksi perlengkapan di bawah koordinasi ketua panitia. Kelengkapan kepanitiaan, meliputi beberapa aspek, yaitu:
1). Kesiapan panitia
2). Kesiapan materi karya
3). Kesiapan dana atau anggaran untuk pameran
4). Kesiapan laporan masing-masing seksi
5). Kelengkapan seksi-seksi yang dibutuhkan.

Baca juga : Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa.

B.  Perlengkapan Pameran Seni Rupa

Perlengkapan pameran adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melaksanakan sebuah pameran mulai dari perlengkapan informasi, perlengkapan logistik, perlengkapan publikasi, dokumentasi, perlengkapan dekorasi, dan perlengkapan keamanan.

#1 Perlengkapan Informasi
Perlengkapan informasi adalah sejumlah barang yang dibutuhkan untuk pengumpulan atau pemerian informasi terkait pameran yang diselenggarakan. Berbagai perlengkapan informasi antaralain:
1). Katalog : memberi informasi mengenai daftar materi yang dipamerkan.
2). Buku tamu : mencatat informasi mengenai pengunjung.
3). Buku kesan pesan : untuk mencatat kesan dan pesan pengunjung.
4). Denah bangunan : gambaran tentang tata ruang lokasi pameran.
5). Petunjuk arah : informasi mengenai arah masuk atau keluar.

#2 Perlengkapan Logistik
Perlengkapan logistik adalah sejumlah benda yang dibutuhkan untuk karya-karya seni rupa yang dipamerkan. Perlengkapan logistik bergantung pada bentuk karya yang dipamerkan. Secara umum, bentuk karya seni rupa dibedakan menjadi dua dimensi dan tiga dimensi.

a). Perlengkapan untuk Karya Dua Dimensi
Untuk karya dua dimensi seperti lukisan, sulaman, atau foto, perlengkapan logisitik yang dibutuhkan antaralain :
1). Panel : penyekat dari papan tipis untuk menyekat ruang.
2). Sketsel : untuk menempatkan karya dua dimensi.
3). Stangkar : untuk meletakkan sandaran foto atau lukisan.

b). Perlengkapan untuk Karya Tiga Dimensi
Untuk karya tiga dimensi seperti patung, guci, miniatur, dan sebagainya, perlengkapan logistik yang dibutuhkan antara lain :
1). Level : sejenis panggung ukuran kecil untuk meletakkan karya besar.
2). Pustek : untuk penopang karya bentuk miniatur
3). Etalase : untuk menempatkan karya dalam ruang dibatasi kaca.

#3 Perlengkapan Publikasi
Perlengkapan publikasi adalah segala benda yang dibutuhkan oleh seksi publikasi untuk mempublikasikan adanya pameran seni rupa. Perlengkapan pbulikasi bermanfaat agar pameran yang diselenggarakan mendapat perhatian dari pengunjung.

Berbagai perlengkapan publikasi antaralain:
1). Undangan dan surat-surat izin dari pihak berwenang.
2). Poster, iklan, selebaran, pengumuman di mading.
3). Spanduk, bendera, umbul-umbul, baliho, dan sebagainya.

#4 Perlengkapan Dokumentasi
Perlengkapan dokumentasi adalah peralatan yang dibutuhkan oleh seksi dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan yang berlangsung selama pameran seni rupa. Dokumentasi dapat berupa foto atau laporan tertulis. Perlengkapan dokumentasi antaralain kamera, perekam suara jka perlu, kertas dan alat tulis.

#5 Perlengkapan Dekorasi
Perlengkapan dekorasi adalah segala benda yang dibutuhkan untuk mendekor lokasi dan ruangan pameran. Perlengkapan dekorasi dibutuhkan untuk menciptakan nuansa estetika. Beberapa perlengkapan dekorasi antaralain:
1). Dekorasi interior : meja, kursi, pot bunga, hiasan, termasuk pewarnaan dan pencahayaan.
2). Dekorasi eksterior : perlengkapan gapura, taman, dan sebagainya.

#6 Perlengkapan Keamanan
Perlengkapan keamaan adalah perlengkapan yang dibutuhkan oleh seksi keamanan untuk menjaga keamanan dan ketertiba pameran. Peralatan yang dibutuhkan untuk keamanan misalnya peluit, kartu pakir, dan sebagainya. Hal penting yang harus dikuasai seksi keamanan adalah penempatan dan kelengkapan karya seni rupa yang dipamerkan.

Baca juga : Tahap Perencanaan, Persiapan, dan Pelaksanaan Pameran.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.