KLASIFIKASI ALAT MUSIK MENURUT FUNGSI, CARA DAN SUMBER BUNYINYA

Posted by on 06 June 2017 - 9:02 AM

Edutafsi.com - Penggolongan jenis-jenis alat musik. Instrumen atau alat musik merupakan salah satu media seni musik yang memegang peranan penting dalam penciptaan suatu karya musik. Dalam seni musik dikenal beragam instrumen musik dengan karakternya masing-masing yang jika digunakan baik secara tunggal atau secara ensambel akan menghasilkan musik dengan karakter tertentu yang kemudian dikenal sebagai aliran musik. Penggunaan beragam alat musik yang berbeda yang dipadukan dengan tenik tertentu juga menghasilkan karakter musik yang dapat dibedakan berdasarkan tananan masyarakat. Jika ditinjau dari segi tersebut, maka instrumen musik secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern. Seiring dengan perkembangannya, alat musik tradisi dan alat musik modern seringkali dipadukan sehingga berbaur dan menghasilkan musik tertentu. Pada kesempatan ini, Edutafsi akan membahas pengelompokkan alat musik berdasarakn fungsi, cara memainkan dan sumber bunyinya.

A. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Sebagai media seni musik, tentu saja instrumen atau alat musik sengaja diciptakan dengan fungsi tertentu sesuai dengan karakter yang dihasilkan. Setiap alat musik memiliki fungsi yang khas sehingga keberadaannya memberi warna tersendiri dalam karya musik yang dihasilkan.

Dilihat menurut fungsinya, alat musik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Ketiga fungsi tersebut merupakan fungsi vital dari sebuah alat musik sehingga dihasilkan sebuah karya musik yang menarik dan enak untuk didengar.

#1 Alat Musik Melodis
Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat berfungsi untuk menghasilkan melodi dalam suatu lagu. Secara umum, alat musik melodis tidak dapat memainkan kord secara tunggal. Beberapa alat musik yang memiliki fungsi melodis antara lain biola, rekorder, harmonika, flute, saxofon, trombon, dan sebagainya.

#2 Alat Musik Harmonis
Alat musik yang memiliki fungsi harmonis disebut alat musik harmonis. Fungsi harmonis yaitu memainkan harmoni dalam sebuah lagu. Alat ini dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh : gitar, keyboard, harpha, piano, organ, siter, kentrung, dan sebagainya.

#3 Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring pengatur tempo pada lagu. Alat musik ini membantu memberi ketukan pada sebuah lagu. Alat musik ini umumnya bernada tetap atau tidak bernada, misalnya drum, triangele, tifa, ketipung, tamborin, cymbal, kedang, dan sebagainya.

Baca juga :  Jenis Seni Musik Berdasarkan Tatanan Masyarakat.

B. Macam Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Selain fungsi, karakter sebuah alat musik juga dapat dilihat dari cara memainkannya. Berdasarkan cara memainkannya, instrumen musik dapat dibedakan menjadi enam kelompok, yaitu alat musik gesek, petik, pukul, tiup, getar, dan alat musik tekan.

#1 Alat Musik Gesek
Alat musik gesek adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini umumnya merupakan alat musik kordofon yang menggunakan dawai atau senar. Beberapa alat musik gesek antaralain viola, celo, rebab, contre bass, dan sebagainya.

#2 Alat Musik Petik
Alat musik petik adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau alat kecil khusus untuk membantu petikan. Sama seperti alat musik gesek, alat musik petik umumnya juga menggunakan senar, misalnya gitar, siter, kecapi, lute, harpa, banjo, ukulele dan sebagainya.

#3 Alat Musik Pukul
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul disebut sebagai alat musik pukul. Alat musik ini dipukul secara mekanik bisa merupakan alat idifofon atau membranofon. Beberapa contoh alat musik pukul antaralain kendang, drum, tamborine, timpani, rebana, bongo, talempong, gong, saron, dan sebagainya.

#4 Alat Musik Tiup
Sesuai dengan namanya, alat musik tiup adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Bunyi pada alat musik ini berasal dari getaran udara dalam tabung sehingga termasuk alat musik aerofon. Contoh alat musik tiup antaralain rekorder, flute, terompet, trombone, klarinet, pianika, suling, horn, oboe, saxofon, harmonika, dan sebagainya.

#5 Alat Musik Goyang
Alat musik goyang atau alat musik getar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara diguncang atau digoyang agar bergetar. Contoh alat musik ini yang paling pouler adalah angklung, tamborin, dan marakas.

#6 Alat Musik Tekan
Alat musik tekan adalah alat musik yang dimainkan dengan cara memberi tekanan menggunakan jari. Alat musik ini biasanya mengunakan bilah nada dalam susunan yang khusus, misalnya keyboard, organ, piano, dan akordeon.

Baca juga : Perbedaan Seni Musik Tradisional dan Musik Modern.

C. Instrumen Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jika ditinjau berdasarkan sumber bunyinya, maka alat atau instrumen musik dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu alat musik idiofon, membranofon, kordofon, aerofon, dan elektrofon. Berikut penjelasan dari masing-masing alat musik tersebut.
 
#1 Idiofon → getaran inti

Idiofon adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran tubuh bagian inti dari instrumen itu sendiri. Alat musik idifofon umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Beberapa contoh idiofon antaralain gong, kastanyet, bonang, angklung, saron, gender, dan sebagainya.

#2 Membranofon → selaput membran
Sesuai dengan namanya, membranofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput yang terdapat pada instrumen tersebut. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan jari atau alat pemukul, misalnya gendang, conga, rebana, timpani, bongo, bass drum, dan sebagainya.

Klasifikasi alat musik menurut fungsi dan sumber bunyinya.

#3 Kordofon → dawai atau senar
Kordofon adalah jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari seutas tali yang disebut dawai atau senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara yang beragam, ada yang dipetik, ada yang digesek, dan ada yang dipukul. Contoh : harpa, lute, mandolin, gitar, ukelele, banji, siter, viola, celo, rebab, dan piano.

#4 Aerofon → getaran udara
Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung disebut alat musik aerofon. Alat musik ini umumnya dimainkan dengan cara ditiup. Beberapa alat musik aerofon antaralain terompet, suling, flute, rekorder, horn, trombone, saxofon, oboe, harmonika, akordeon, pianika, dan sebagainya.

#5 Elektrofon → sirkuit elektronik
Elektrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari suatu sinyal yang dihasilkan dari hasil getaran atau osilasi sirkuit listrik. Contoh alat musik elektrofon yang cukup populer antaralain organ, electon, keyboard, dan sebagainya.

Baca juga : Contoh Musik Modern Nusantara dan Mancanegara.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements