KELEBIHAN DAN KELEMAHAN TEORI MODEL ATOM DALTON

Posted by on 10 September 2017 - 5:03 PM

Edutafsi.com - Model Atom Dalton. Model atom pertama yang dianggap sebagai model atom yang cukup ilmiah menjelaskan tentang atom adalah model atom Dalton. Teori model atom ini dicetuskan oleh ilmuwan John Dalton. Pada tahun 1803 Dalton kembali menghidupkan gagasan mengenai atom Democritus. Sebenarnya model atom Dalton merupakan penyempurnaan dari teori yang diajukan oleh Leucippos dan Democritus. Di masa terbatasnya pengetahuan tentang atom, teori atok yang dijaukan oleh Dalton mendapat pengakuan dan dianggap benar pada masa itu sampai terdapat beberapa kelemahan yang tidak dapat ia jelaskan. Lalu, apa saja kelebihan dan kelemahan teori model atom Dalton?

A. Teori dan Model Atom Dalton

Berdasarkan beberapa penemuan pada massanya, John Dalton akhirnya merumuskan teori atom yang pertama sekitar tahun 1803 - 1807. Teori yang dikemukakan oleh Dalton kemudian dikenal dengan terori atom Dalton. Hukum yang menjadi landasan Dalton saat itu adalah hukum kekealan massa dan hukum perbandingan tetap.

Menurut Dalton, atom merupakan partikel terkecil suatu materi yang berbentuk bola. Dalton menyatakan bahwa bola-bola atom tersebut khas untuk setiap unsurnya. Berdasarkan penggambaran atom sebagai bola pejal, maka model atom Dalton dikenal pula sebagai model atom bola pejal.

Berikut beberapa poin dalam teori atom Dalton:
1). Setiap unsur terdiri dari partikel yang tidak terbagi lagi yang disebut atom
2). Atom-atom dari suatu unsur adalah khas dan identik
3). Atom digambarka sebagai bola pejal yang sangat kecil dan khas
4). Atom-atom bergabung membentuk senyawa
5). Atom unsur yang sama memiliki sifat yang sama pula
6). Tidak ada atom yang berubah akibat reaksi kimia.

Jadi, dari beberapa poin di atas jelas bahwa Dalton menyatakan atom sebagai suatu partikel terkecil dari suatu materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi. Dalton menggambarkan atom seperti sebuah bola pejal dan setiap unsur mempunyai bola atom yang khas.

B. Kelebihan dan Kelemahan Model Atom Dalton

Meskipun Dalton terbilang berhasil menyimpulkan suatu teori mengenai atom yang cukup ilmiah dan dapat diterima pada masa itu, namun sebenarnya teori atom Dalton hanyalah sebuah model untuk mewakili atom yang sebenarnya tidak dapat dilihat, sebab pada masa itu Dalton dan ilmuwan lainnya tidak pernah mengamatai keberadaan atom.

Salah satu kelebihan teori dan model atom yang dikemukaka oleh John Dalton adalah kemampuannya dalam menjelaskan hukum kekekalan massa dan hukum perbandingan tetap. Dalton dapat menjelaskan kedua hukum tersebut dengan sangat baik sehingga teori yang diajukannya dianggap sahih pada masa itu.

Akan tetapi, seiring dengan kemajuan, muncullah beberapa kelemahan yang tidak dapat dijelaskan oleh teori ini. Berikut beberapa kelemahan teori atom Dalton :
1). Tidak dapat menjelaskan perbedaan antar atom unsur-unsur
2). Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi
3). Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom berikatan
4). Ada partikel subatom yang lebih kecil dari atom
5). Reaksi kimia nuklir dapat merubah suatu atom.

Meskipun Dalton menyatakan bahwa setiap unsur memiliki bola atom yang khas, namun Dalton tidak dapat menjelaskan secara rinci bagaimana perbedaan antara atom usnur yan satu dengan unsur yang lain. Dalton juga tidak dapat menjelaskan bagaimana sifat listrik dari suatu atom.

Selain itu, Dalton juga menyebutkan bahwa senyawa hanya akan terbentuk jika atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu. Sayangnya, teori atom Dalton tidak dapat menjelaskan bagaimana cara atom-atom tersebut saling berikatan.

Dalton juga menyebutkan dalam teori atomnya, bahwa reaksi kimia hanya merupakan pemisahan dan penggabungan kembali atom-atom sehingga atom tidak berubah akibat reaksi kimia. Akan tetapi, melalui reaksi nuklir, atom dari suatu unsur dapat diubah menjadi atom unsur lain.

Beberapa unsur juga tidak terdiri atas atom-atom seperti yang dinyatakan Dalton melainkan terdiri dari molekul-molekul yang terbentuk dari atom-atom sejenis dengan jumlah tertentu.

Kelemahan-kelemahan teori atom Dalton ini kemudian menjadi sebuah motivasi bagi para ilmuwan untuk terus menemukan suatu fakta yang sesuai untuk menyatakan suatu atom. Permasalahan tersebut dapat terpecahkan setelah percobaan-percobaan lebih lanjut yang dilakukan oleh para ahli.

Kelebihan dan kekurangan model teori atom Dalton

Ditemukannya partikel subatom berupa partikel bermuatan negatif yang kemudian dikenal sebagai elektron merupakan titik awal runtuhnya teori atom Dalton. Elektron ditemukan oleh Joseph John Thomson yang kemudian berdasarkan beberapa pengamatannya berhasil menyimpulkan sebuah teori yang dikenal sebagai teori atom Thomson.

Meskipun teori Dalton memiliki beberapa kelemahan dan gugur setelah diajukannya teori baru, namun tidak dapat dipungkiri bahwa teori atom Dalton telah menjadi landasan bagi perkembangan tepri atom selanjutnya. 
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.