DERAJAT PERBANDINGAN (DEGREE OF COMPARISON) DALAM BAHASA INGGRIS

Posted by on 03 October 2017 - 5:11 PM

Edutafsi.com - Degree of Comparison. Sesuai dengan namanya, perbandingan merupakan suatu bentuk penilaian terhadap dua atau lebih objek berdasarkan aspek tertentu yang dimiliki oleh objek tersebut. Aspek yang menjadi perbandingan biasanya adalah kata sifat atau keterangan dari objek-objek tersebut. Secara sederhana, pembahasan perbandingan (comparison) ini adalah untuk menyatakn siap yang lebih atau paling di antara beberapa objek. Lalu, bagaimana degree of comparison dalam bahasa Inggris? Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas tiga bentuk umum degree of comparison.

#1 Positive Degree

Positif degree merupakan perbandingan dasar yang biasanya digunakan untuk membandingkan suatu benda atau objek terhadap kualitas tertentu yang umumnya dinyatakan berdasarkan sifatnya. Jadi, perbandingan positif adalah kata sifat itu sendiri. Tidak ada perbandingan dengan objek lain.

Dengan kata lain, positive degree merupakan bentuk dasar perbandingan yang menyatakan perbadingan positif saat membicarakan sebuah objek. Dalam hal ini kita hanya menyatakan bagaimana sifat benda tersebut sesuai dengan kata sifat atau keterangan yang sesuai.

Contoh perbandingan positif :
1). The car is expensive (mobil itu mahal)
2). Jeremy is fat (Jermy gemuk)
3). The flower is beautiful (bunga itu indah)
4). It is a tall building (ini adalah bangunan yang tinggi)
5). Apple is sweet to taste (apel manis untuk dicicipi).

Perhatikan bahwa pada kelima contoh di atas, kita hanya membicarakan satu benda atau objek saja. Dan perbandingan yang kita lakukan hanya antara benda itu dengan kata sifat. Perhatikan juga bahwa kata sifat yang digunakan ditulis dalam bentuk dasarnya.

#2 Comparative Degree

Ketika kita membandingkan dua objek, benda, atau hal, maka kita dapat menggunakan bentuk perbandingan comparative degree. Perbandingan ini untuk membandingkan benda atau objek mana yang lebih- dari benda yang dibandingkan.

Salah satu ciri dari perbandingan comparative adalah adanya penggunaan kata "Than" atau "daripada" untuk menyatakan bahwa salah satu objek bernilai lebih atau lebih dominan dalam hal sifat atau keterangan yang diperbandingkan.

Bentuk #1 : kata Sifat (adj) atau adverb dengan satu suku kata
Pola : ... adjective/adverb + er + than ....

Contoh :
1). The box is bigger than that one (Kotak itu lebih besar dari yang itu).
2). A horse runs faster than a goat (Kuda lari lebih cepat daripada kambing).

Bentuk #2 : kata sifat (adj) atau adverb dengan dua atau lebih suku kata
Pola : .... more + adjective/adverb + than ....

Contoh :
1). The soup is more delicious than the salad (Sup itu lebih lezat daripada salad itu).
2). Beyonce dances more beautifully than Rihanna (Beyonce menari lebih indah daripada Rihanana).

Perhatikan dari beberapa contoh di atas, kata sifat (adjective) atau keterangan (adverb) ditulis dengan penambahan -er atau more dan diikuti dengan kata 'than'. Kata 'than' merupakan kata penting dalam perbandingan komparatif.

#3 Superlative Degree

Superlative degree adalah bentuk perbandingan yang biasa digunakan untuk membandingkan dua atau lebih objek, benda, atau kegiatan. Dalam perbandingan ini, kita menilai objek mana yang paling- atau yang ter- di antara semua objek tersebut.

Degree of comparison

Jadi, jika kita membandingkan lebih dari dua benda atau objek atau hal berdasarkan sifat atau keterangan tertentu, maka perbandingan yang dapat kita buat adalah perbandingan berbentu superlative dengan cara melihat siapa yang paling dominan di antara semuanya.

Bentuk #1 : kata Sifat (adj) atau adverb dengan satu suku kata
Pola : ... the + adjective/adverb + est.

Contoh :
1). The box is the biggest here (Kotak itu yang paling besar di sini).
2). Rani is the tallest girl in my class (Rani adalah gadis tertinggi di kelasku).
3). He runs the fastest of the gorup (Dia lari dengan paling cepat di group itu).

Bentuk #2 : kata sifat (adj) atau adverb dengan dua atau lebih suku kata
Pola : .... the + most + adjective/adverb

Contoh :
1). The Barongsai is the most attractive one (Baringsai adalah yang paling atraktif).
2). Beyonce dances the most beautifully of all (Beyonce menari dengan paling indah).

Demikianlah pembahasan singkat mengenai derajat perbandingan (degree of comparison) dalam bahasa Inggris. Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements