PENGARUH POSISI BENDA TERHADAP SIFAT BAYANGAN CERMIN CEKUNG

Posted by on 08 December 2017 - 2:51 PM

Edutafsi.com - Efek Posisi Benda Terhadap Karakter Bayangan yang Dihasilkan Oleh Cermin Cekung. Pembahasan ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai cara menentukan sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan poin-poin apa saja yang perlu dilihat untuk menentuan sifat bayangan. Poin tersebut meliputi letak, jenis, orientasi, dan ukuran bayangan yang dihasilkan. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi sifat bayangan pada cermin cekung adalah posisi benda. Posisi benda menunjukkan jarak benda di depan cermin. Lalu, bagaimana sebenarnya pengaruh posisi benda terhadap sifat bayangan? Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas efek posisi benda terhadap karakter bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung.

#1 Benda di Antara Pusat Cermin dan Titik Fokus

Posisi pertama adalah benda diletakkan di depan cermin di antara pusat cermin (O) dan titik fokus (F). Dalam metode penomoran ruang cermin, posisi ini disebut juga sebagai ruang I. Jika benda diletakkan di antara O dan F, maka jarak benda kurang dari jarak fokus (s < f).

Jika sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung dengan jarak lebih kecil daripada jarak fokus cermin, maka bayangan akan dihasilkan oleh perpotongan perpanjangan sinar pantul (perhatikan gambar di bawah). Bayangan yang dihasilkan oleh perpotongan perpanjangan sinar pantul disebut sebagai bayangan maya.

Dari gambar pembentukan bayangan di bawah ini, dapat kita lihat beberapa poin, yaitu:
1). Letak bayangan : di belakang cermin
2). Jenis bayangan : maya
3). Orientasi bayanga : tegak
4). Ukuran bayangan : lebih besar dari benda.

Sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung

Sesuai dengan empat poin di atas, maka dapat disimpulkan, sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung, jika benda diletakkan di antara O dan F adalah : maya, tegak, dan diperbesar.

#2 Sifat Bayangan Jika Benda Tepat di Titik Fokus

Posisi berikutnya adalah benda diletakkan di depan cermin tepat di titik fokus cermin (s = f). Jika benda diletakkan tepat di titik fokus cermin, maka akan terbentuk bayangan maya di tak terhingga dengan ukuran diperbesar tak berhingga.

Pengaruh posisi benda terhadap sifat bayangan

Dari gambar pembentukan bayangan di atas, dapat kita lihat beberapa poin, yaitu:
1). Letak bayangan : di titik tak berhingga di belakang cermin
2). Jenis bayangan : maya
3). Orientasi bayanga : tegak
4). Ukuran bayangan : lebih besar dari benda.

Pada gambar di atas, perhatikan bahwa perpanjangan sinar pantul akan berpotongan pada titik jauh ta berhingga sehingga pada gambar tidak terlihat. Karena tidak terlihat pada gambar, seolah-olah tidak terbentuk bayangan sama sekali. Tapi, sebenarnya terbentuk bayangan dengan sifat maya, tegak, diperbesar tak berhingga.

Baca juga : Pengaruh Posisi benda Terhadap Ukuran Bayangan.

#3 Benda di Antara Titik Fokus dan Pusat Kelengkungan

Posisi berikutnya adalah benda diletakkan di depan cermin di antara titik fokus (F) dan pusat kelengkungan (M). Dalam metode penomoran ruang cermin, posisi tersebut disebut juga sebagai ruang II. Untuk posisi tersebut, maka jarak benda adalah lebih besar dari fokus tapi lebih kecil dari pusat kelengkungan (f < s < M).

Dari gambar pembentukan bayangan di bawah, dapat kita lihat beberapa poin, yaitu:
1). Letak bayangan : di depan cermin
2). Jenis bayangan : nyata
3). Orientasi bayanga : terbalik
4). Ukuran bayangan : lebih besar dari benda.

Karakteristik bayangan pada cermin cekung

Sesuai dengan empat poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung, jika benda diletakkan di antara F dan M adalah : nyata, terbalik, dan diperbesar.

#4 Sifat Bayangan Jika Benda Tepat di Pusat Kelengkungan

Posisi selanjutnya adalah tepat di pusat kelengkungan. Jika benda diletakkan di depan cermin cekung tepat di titik pusat kelengkungan (M), maka akan dihasilkan bayangan oleh perpotongan langsung sinar pantul seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Pengaruh letak benda terhadap sifat bayangan

Dari gambar pembentukan bayangan di atas, dapat kita lihat beberapa poin, yaitu:
1). Letak bayangan : di depan cermin
2). Jenis bayangan : nyata
3). Orientasi bayanga : terbalik
4). Ukuran bayangan : sama besar dengan benda.

Dengan demikian, jika benda diletakkan di depan cermin cekung tepat di titik pusat kelengkungannya, maka akan dihasilkan bayangan yang nyata, terbalik, dan sama besar dengan benda.

#5 Benda di Luar Pusat Kelengkungan

Posisi terakhir adalah benda diletakkan di antara pusat kelengkungan dan titik tak hingga di depan cermin cekung. Dalam metode penomoran ruang, posisi tersebut disebut juga ruang III dengan jarak benda lebih besar daripada jari kelengkungan (s > R atau s > 2f).

Karakteristik bayangan oleh cermin cekung

Dari gambar pembentukan bayangan di atas, dapat kita lihat beberapa poin, yaitu:
1). Letak bayangan : di depan cermin
2). Jenis bayangan : nyata
3). Orientasi bayanga : terbalik
4). Ukuran bayangan : lebih kecil daripada benda.

Dengan demikian, jika benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak yang lebih besar daripada jari kelengkungannya, maka akan dihasilkan bayangan yang sifatnya nyata, terbalik, dan diperkecil.

Pada pembahasan ini kita sudah mempelajari satu-persatu pengaruh posisi benda terhadap sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung. Lalu bagaimana dengan cermin cembung? Apakah posisi benda di depan cermin cembung mempengaruhi sifat bayangan yang dihasilkannya? Lihat pembahasannya di bawah ini.

Baca juga : Menentukan Sifat Bayangan pada Cermin Cembung.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengaruh posisi benda terhadap sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung. Jika bahan belajar ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.