PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA MAKNA KATA DAN ISTILAH

Posted by on 01 February 2018 - 10:47 PM

Edutafsi.com - Makna Kata dan Istilah. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang makna kata dan istilah untuk tingkat menengah atas. Selain mempelajari mengenai tata kalimat, dalam bahasa Indonesia juga dipelajari tata makna. Tata makna sendiri merupakan kajian khusus mengenai makna atau arti dari kata dan penggunaan kata dalam kalimat. Secara umum dikenal beberapa jenis makna kata seperti makna leksikal, makna gramatikal, makna denotasi, makna konotasi, dan sebagainya. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang makna kata dan istilah yang pernah keluar dalam ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Semoga dapat memberikan gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri.

Soal 1 : Menentukan Makna Lugas

Cermatilah penggunaan kata dalam kalimat karya tulis berikut ini!
Penulis tergelitik hatinya untuk melakukan penelitian iklim organisasi di sekolah berikut.
Makna lugas untuk menganti kelompok kata yang tercetak miring di atas adalah ...
A. Terkesan
B. Tertarik
C. Terpanggil
D. Terpaksa
E. Tersentuh

Pembahasan :
Secara garis besar, makna kata dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Makna konotasi adalah makna lugas (makna sebenarnya). Makna ini bersifat apa adanya, dan hanya satu alternatif. Sedangkan makna konotasi adalah makna kiasan atau ungkapan idiomatis yang bersifat relatif terhadap konteksnya dan memerlukan berbagai penafsiran.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia tentang makna kata

Kelompok kata yang tercetak miring pada paragraf di atas, yaitu "tergelitik hatinya" merupakan kata bermakna konotasi atau bukan makna sebenarnya. Kata tersebut menunjukkan bahwa penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian. Dengan demikian, makna lugas yang tepat untuk menggantikan kelompok kata yang bermakna kiasan tersebut adalah tertarik.
Jawaban : B

Soal 2 : Menentuan Makna Lambang Suatu Kata

Bacalah puisi berikut ini denga seksama!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil 
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
siang tadi"

Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut adalah tanda ....
A. Bersedih
B. Berduka
C. Berdoa
D. Bermohon
E. Berharap

Pembahasan :
Makna lambang merupakan suatu makna yang dilambangkan atau digambarkan oleh suatu kata atau kelompok kata. Biasanya makna lambang tersebut merupakan tanda atau gambaran suasana yang diwakili oleh kata yang digunakan. Jika melihat isi dari puisi di atas secara keseluruhan, maka makna lambang "Pita Hitam" adalah sebagai tanda berduka.

Hal itu sebenarnya dijelaskan secara gamblang oleh baris berikutnya. Sebenarnya, selain menggambarkan suasana duka, puisi di atas juga menggambarkan kesedihan (sebab peristiwa kematian tentu menimbulkan kesedihan), hanya saja suasana yang ditekankan dalam puisi tersebut adalah suasana duka dan ketiga anak tersebut merasa turut berduka atas suatu kematian.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Makna Istilah dalam Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Spertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda campuran untuk mempersembahkan gelaj juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan seringkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.

Makna istilah turnamen dalam paragraf di atas adalah ....
A. Pertandingan olahraga yang menggunakan bola
B. Festival ganda campuran beregu
C. Pertandingan antara regu pria dan wanita
D. Pertandingan yang diiukuti beberapa regu
E. Lomba olahraga yang dilaksanakan beregu

Pembahasan :
Makna dari suatu kata pada dasarnya dapat dilihat dari konteks kalimat dan hubungan pertalian antara bentuk dan acuannya. Pada paragraf di atas, dijelaskan bawha turnamen tersebut diikuti oleh beberapa regu dari berbagai negara. Hal itu sesuai dengan kamus besar Bahasa Indonesia, yang mengartikan turnamen sebagai pertandingan yang diikuti oleh beberapa regu.
Jawaban : D

Soal 4 : Menentukan Makna Kata dalam Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Makna kata domestik dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Asli Indonesia
B. Pribumi
C. Dalam negeri
D. Luar negeri
E. Kenegaraan

Pembahasan :
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata domestik berhubungan dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri, mengenai (bersifat) rumah tangga, atau tentang piaraan (binatang); jinak. Jika dilihat dari isi karangan tersebut, maka makna domestik yang paling tepat adalah dalam negeri. Jadi, wisatawan domestik itu dimaksudkan adalah wisatawan yang berasal dari dalam negeri.
Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Makna Kata dalam Puisi

Bacalah puisi berikut dengan seksama!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu, miskin harta

Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna dan lambang ....
A. Masa tua
B. Waktu sore hari
C. Suasana senja
D. Perasaan manusia
E. Kehidupan manusia

Pembahasan :
Sesuai dengan judulnya, puisi di atas menggambarkan rasa penyesalan seseorang (penyair) karena telah menyia-nyiakan waktu atau masa mudanya. Pada baris kedua disebutkan "Hari mudaku sudah pergi" kemudian dilanjutkan dengan "Sekarang petang datang membayang". Berdasarkan hubungan kedua baris tersebut, maka kata petang memiliki makna masa tua.
Jawaban : A 

Soal 6 : Menentukan Arti Kata dalam Paragraf
Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 juta hektar lahan terlantar. (2) Lahan jutaan hektar tersebut selayaknya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang Agraria menyebutkan semua hak aats tanah mempunyai fungsi sosial. (4) Pemerintah dituntut memiliki kebijakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan jelas peruntukan lahan pertanian, industri, pemukiman, dan hutan. (5) Hal itu akan menjamin kepastian hukum sehingga setiap orang dapat bekerja dan berproduksi dengan tenang.

Arti kata strategi pada paragraf di atas adalah ....
A. Musyawarah untuk melaksanakan kegiatan
B. Cara menempatkan personel dalam mengatur kegiatan
C. Rencana yang cermat mengenai kegiatan sesuai dengan tujuan
D. Pertimbangan untuk melaksanakan suatu tujuan
E. Usulan untuk menyusun sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan.

Pembahasan : 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata strategi memiliki beberapa arti, yaitu : (1) Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai, (2) ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan, (3) Rencana yang cermat mengenai suatu kegiatan untuk mencapai sasaran khusus, (4) Tempat yang baik menurut sisasat perang.

Dari keempat arti yang dijabarkan di atas, arti kata strategi yang paling tepat untuk paragraf di atas adalah suatu cara yang cermat mengenai suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, strategi itu disusun agar kegiatan berjalan sesuai dengan tujuan.
Jawaban : C

Soal 7 : Menentukan Makna Lambang Dari Puisi
Bacalah puisi berikut ini dengan seksama!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam sinarmu
Menusuk hati dan jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba menangkapnya
Sinar itu menghilang bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam ditinggalkan sang rembulan
Tak ada harapan
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan kembali
(Karya Rian Ardiani)

Makna lambang kata sinar dalam puisi tersebut adalah ....
A. Cahaya terang
B. Tujuan hidup
C. Kecerahan hidup
D. Tantangan hidup
E. Ketengangan hidup

Pembahasan :
Jika dilihat secara keseluruhan, maka puisi di atas menggambarkan suatu kekecewaan seseorang karena apa yang diharapkan tidak tercapai. Hal itu tergmbar jelas pada baris "Namun apa daya" yang menunjukkan kekecewaan karena tidak sesuai dengan harapan. Sesuatu yang menjadi harapan itu adalah sinar yang tajam. Tentu saja kata sinar tidak bermakna cahaya terang sebab kata itu hanyalah kiasan.

Jika dilihat berdasarkan isinya, maka kata sinar dalam puisi itu melambangkan tujuan hidup. Tujuan di sini bisa saja berkenaan dengan suatu harapan, cita-cita, atau ambisi seseorang (penyair) yang berusaha untuk dicapai namun pada kenyataannya harapan atau ambisi tersebut tidak kesampaian.
Jawaban : B

Soal 8 : Memilih Istilah yang Tepat
Cermatilah paragraf berikut ini!
Kita harus berhati-hati menjaga sebuah asuransi. Kalau perusahaan asuransi tidak bisa menepati janjinya akan menjadi prosedur buruk bagi perusahaan sendiri. Sementara, petugas asuransi dikonfrontasi melalui telepon tidak mejawabnya, bahkan dihubungi via pesan singkat tidak membalas. Hal itu membuat masyarakat semakin antisipasi terhadap perusahaan asuransi.

Istilah yang tepat untuk memperbaiki paragraf tersebut adalah ....
A. Citra, dikonfirmasi, aktivasi
B. Prestasi, dihubungi, aktivatif
C. Presiden, dihubungi, anti-pati
D. Preseden, dikonfirmasi, antipati
E. Citra, dihubungi, anti pati

Pembahasan :
Istilah yang tepat untuk memperbaiki paragraf di atas adalah preseden, dikonfirmasi, dan antipati. Preseden merupakan istilah untuk menyatakan hal yang telah terjadi lebih dahulu dan dapat dipakai sebagai contoh, konfirmasi artinya penegasa, penjelasan, atau menginformasikan, sedangkan antipati merupakan penolakan atau perasaan tidak suka yang kuat terhadap sesuatu yang biasanya berkaitan dengan masalah kepercayaan.
Jawaban : D

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang makna kata dan istilah. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.