PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT PENJELAS

Posted by on 02 February 2018 - 12:36 PM

Edutafsi.com - Kalimat Penjelas. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang kalimat penjelas untuk tingkat menengah atas. Dalam sebuah karangan atau paragraf, selain terdapat kalimat utama, terdapat pula beberapa kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas harus berhubungan dengan kalimat utama atau topik pembicaraan agar paragraf menjadi padu. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang kalimat penjelas yang pernah keluar dalam soal ujian nasional sebagai gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Kalimat Penjelas yang Tidak Padu

Cermati paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja menyatakan secara ideal asus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional.

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf di atas adalah ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Sebuah paragraf pada dasarnya merupakan rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Di dalam sebuah paragraf terdapat gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama merupakan dasar pengembangan sebuah paragraf dan biasanya dituangkan dalam kalimat utama.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia tentang Kalimat penjelas

Sedangkan gagasan pendukung merupaka gagasan yang berfungsi memperjelas gagasan utama dan biasanya dituangkan ke dalam beberapa kalimat penjelas. Antara kalimat utama dan kalimat penjelas harus terdapat relevansi dan disusun sedemikian rupa agar dihasilkan susunan yang padu sehingga paragraf memiliki satu kesatuan pokok pembahasan dan tidak sumbang.

Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak mendukung ide pokok atau melenceng dari topik pembahasan. Topik paragraf di atas adalah "Lemahnya penegakan huku di bidang lingkungan", dengan demikian kalimat yang tidak padu adalah kalimat kelima, yaitu "Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional".

Jika diperhatikan, kalimat lima memang menyinggung masalah penegakan hukum, namun tidak secara spesifik memperjelas masalah penegakan hukum di bidang lingkungan. Kalimat tersebut lebih cocok jika topiknya adalah mengenai pelaksanaan penegakan hukum di segala bidang. Lagipula kalimat tersebut cenderung merupakan simpulan dan sama sekali tidak menyimpulkan apa yang dibahas pada kalimat sebelumnya.
Jawaban : E

Soal 2 : Kalimat Penjelas yang Sesuai dengan Topik

Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas berikut ini!
Topik : Keperingkatan Bangsa Amerika
Kalimat penjelas :
(1). Indonesia mengirim pemuda pelajar untuk belajar di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2). Dalam dunia bisnis Amerika menduduki berbagai peringkat.
(3). Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya.
(4). Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apapun.
(5). Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melakukan bisnis.

Kalimat penjelas yang berhubungan dengan topik tersebut adalah ....
A. Kalima (1), (2), dan (3)
B. Kalimat (2), (3), dan (4)
C. Kalimat (3), (4), dan (5)
D. Kalimat (4), (2), dan (5)
E. Kalimat (5), (4), dan (3)

Pembahasan : 
Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mengandung gagasan penjelas, yaitu gagasan yang mendukung atau memperjelas gagasan utama. Gagasan utama biasanya terkandung dalam topik. Topik yang digunakan adalah keperingkatan Bangsa Amerika, sehingga yang dibicarakan adalah mengenai peringkat atau pencapaian Bangsa Amerika.

Dari kelima kalimat penjelas yang diberikan, kalimat yang paling relevan dengan topik dan berfungsi memperjelas gagasan utamanya adalah kalimat (2), (3), dan (4). Ketiga kalimat tersebut menjelaskan bagaimana peringkat dan kecenderungan bangsa Amerika dalam meningkatkan peringkat mereka. Sedangan kalimat (1) dan (5) tidak relevan dengan topik sehingga kurang tepat digunakan sebagai kalimat penjelas. Jika digunakan dalam paragraf, kedua kalimat tersebut tidak akan padu.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Kalimat Deskripsi sebagai Penjelas

Perhatikan topik dan penggunaan beberapa kalimat penjelas berikut ini!
Topik : Pantai Kuta
Kalimat pejelas :
(1). Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama.
(2). Pantai Kuta terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
(3). Di pantai Kuta ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas penginapan.
(4). Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.

Urutan kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....
A. (2), (1), (3), (4)
B. (1), (3), (2), (4)
C. (3), (2), (1), (4)
D. (2), (4), (1), (3)
E. (1), (3), (4), (2)

Pembahasan :
Karena topiknya adalah pantai Kuta, maka gagasan utamanya adalah mengenai Pantai Kuta. Gagasan tersebut bisa saja mengenai letak, kondisi, atau suasana Pantai Kuta secara umum. Gagasan tersebut kemudian dapat diperjelas dengan gagasan penjelas berupa kalimat-kalimat penjelas yang lebih khusus atau detail terkait gagasan utamanya.

Keempat kalimat penjelas yang dituliskan di atas memiliki relevansi dengan topik yang dipilih sehingga sudah tepat digunaan sebagai penjelas. Hanya saja, kita harus mengurutkan kalimat-kalimat tersebut agar dihasilkan kalimat deskripsi, yaitu kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri peristiwa yang digambarkan.

Oleh karena itu, urutan kalimat harus diperhatikan sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih teratur dan mudah dipahami. Jika dilihat berdasarkan alur dan keterkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya, maka urutan yang paling tepat untuk mendeskripsikan Pantai Kuta adalah (2), (1), (3), dan (4).

Penggambaran dimulai dengan menjelaskan letak, fasilitas, kemudian suasana atau kondisinya. Kalimat (1) merupakan lanjutan dari kalimat (2) yaitu memperjelas letak Pantai Kuta. Sedangkan kalimat (4) memperkuat kalimat (3), yaitu menjelaskan bahwasanya Pantai Kuta ramai dikunjungi oleh wisatawan karena sudah memiliki fasilitas penginapan.
Jawaban : A

Soal 4 : Kalimat Penjelas yang Kurang Tepat

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Seperti yang telah dibahas pada soal sebelumnya, kalimat penjelas merupakan kalimat yang mengandung gagasan penjelas dan berfungsi memperjelas atau memperkuat kalimat utama, atau untuk mengembangkan topik pembicaraan. Sesuai dengan fungsinya, tentu kalimat penjelas haruslah relevan dengan topik yang dibicarakan dan menjelaskan gagasan utama yang ada pada kalimat (1).

Teks di atas berbicara mengenai fasilitas transportasi rekreasi yang disediakan di objek wisata Pangandaran. Jadi, fokus pembahasannya adalah mengenai transportasi tersebut, misalnya apa jenis transportasinya, siapa yang dapat menggunakannya, dan untuk apa transportasi itu disediakan. Nah, gagasan penjelas tersebut terdapat pada kalimat (2), (3), dan (4). Sedangkan kalimat (5) tidak relevan dengan gagasan utama sebab kalimat tersebut lebih menjelaskan situasi Pantai Pangandaran daripada transportasinya.
Jawaban : E

Soal 5 : Mengidentifikasi Kalimat yang Sumbang

Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
(1) Sebagai bangsa Indonesia, sudah semestinya kita mengenal tokoh-tokoh pahlawan, yaitu orang yang berjuang dan berjasa dalam membangun negara kita, Indonesia. (2) Di dalam sinetron yang ditayangkan di televisi, tokoh yang berjiwa pahlawan tidak digambarkan secara semestinya. (3) Kita dapat mengenal tokoh pahlawan bangsa melalui berita atau cerita guru, buku-buku sejarah Indonesia atau biografinya. (4) Mengetahui tokoh dan perjuangannya dapat memberikan keteladanan bagi kita. (5) Di samping itu, untuk menambah rasa patriotik.

Kalimat sumbang dalam paragraf di aats terdapat pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Kalimat sumbang merupakan kalimat yang tidak sesuai dengan rangkaian kalimat lain sehingga terlihat janggal dan melenceng dari topik yang dibicarakan. Paragraf di atas secara keseluruhan membicarakan mengenai sikap menghargai pahlawan yang berjasa membangun negara. Tentu saja kata pahlawan dimaksudkan untuk mereka yang telah berjuang dan rela berkorban demi meraih kemerdekaan.

Kalimat (1) merupakan kalimat utama yang mengandung gagasa pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat (3), (4), dan (5) merupakan kalimat penjelas yang padu dan relevan menjelaskan gagasan utamanya. Sedangkan kalimat (2) memang membahas mengenai pahlawan, namun pahlawan yang dimaksud berbeda dengan sosok pahlawan yang berjuang melawan penjajah. Jadi, kalimat sumbang dalam paragraf di atas adalah kalimat 2.
Jawaban :  B

Demikialah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share di bawah ini. Terimakasih.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.