PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT TANYA

Posted by on 13 February 2018 - 10:03 AM

Edutafsi.com - Kalimat Tanya. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang kalimat tanya untuk tingkat menengah atas. Selain menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dari suatu paragraf, salah satu model soal yang juga cukup sering keluar dalam ujian nasional adalah menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf. Pada model soal ini, murid diminta menyusun kalimat tanya yang jawabannya ada pada teks soal. Berikut edutafsi bagikan pembahasan beberapa soal tentang kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Pertanyaan yang Sesuai Isi Teks

Bacalah kutipan teks berikut dengan seksama!
Sekitar 300 dari 400-an kios dan jongko (los) di pasar inpres Sayati, kota Bandung Sabtu (26/8) dini hari musnah terbakar. Dalam peristiwa itu seorang perempuan pedagang ayam potong, Fatimah bin Yusuf (50-an) tewas terbakar karena terkurung api di dalam kiosnya.

Keterangan yang dihimpun Sabtu siang menyebutkan api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 ketika para pedagang masih tertidur lelap. Karena kencangnya tiupan angin kemarau dan terbakaranya tenda-tenda plastik, api dengan cepat menjalar ke hampir semua bagian pasar yang terletak di jalan Kopo itu.

Api baru bisa diatasi sekitar pukul 07.30, setelah sekitar sepuluh mobil pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, akibat luapan masa, jalan Poros Kopo Soreang sempat macet total selama beberapa jam.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks berita di atas adalah ....
A. Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
B. Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?
C. Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
D. Dari mana datangnya tiupan angin kencang ke lokasi kebakaran?
E. Mengapa para pedagang terlelap tidur ketika terjadi kebakaran?

Pembahasan :
Kalimat tanya adalah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau informasi yang membutuhkan jawaban. Kalimat tanya dicirikan dengan penggunaan tanda tanya (?) pada akhir kalimat dan penggunaan beberapa kata tanya misalnya apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Kalimat tanya umunya digunakan untuk menyatakan pertanyaan atas suatu informasi. Pertanyaan yang sesuai dengan isi suatu teks adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan dalam teks tersebut. Dengan kata lain, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan membaca teks tersebut secara seksama.

Teks di atas merupakan teks berita yang menyampaikan informasi mengenai kebakaran di pasar Inpres Sayati. Nah, berdasarkan informasi dan data yang ada dalam teks berita tersebut, mari kita tinjau satu persatu pertanyaan pada opsi jawaban untuk melihat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.

Perhatikan ulasan berikut ini!
Pertanyaan : Berapa rupiah kerugian atas kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : tidak ditemukan jawaban dalam teks. Tidak ada kalimat dalam teks berita tersebut yang membahas mengenai kerugian akibat kebakaran.

Pertanyaan : Di manakah Fatimah, korban kebakaran tersebut dimakamkan?Jawaban : pada teks hanya disebutkan lokasi korban terbakar, yaitu di dalam kiosnya namun tidak dijelaskan dimana korban dimakamkan.

Pertanyaan : Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?
Jawaban : yang menjadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati adalah seorang perempuan pedagang ayam potong bernama Fatimah bin Yusuf (disebutkan pada paragraf pertama). 

Karena pertanyaan pada opsi C ada jawabannya pada teks, maka pertanyan D dan E tidak perlu lagi diperiksa karena pasti jawabannya adalah pertanyaan C. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi teks berita tersebut adalah Siapa yang mejadi korban kebakaran pasar Inpres Sayati?.
Jawaban : C

Soal 2 : Menentukan Jawaban Berdasarkan Isi Teks

Berdasarkan kutipan teks berita pada soal nomor 1, jawaban yang tepat atas pertanyaan "Bagaimana cara mengatasi kobaran api dalam peristiwa pasar Inpres Sayati tersebut?" adalah ....
A. Mengoperasikan mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian
B. Mengerahkan para penduduk di sekitar lokasi kebakaran
C. Membangunkan para pedagang yang masih terlelap
D. Mengerahkan aparat keamanan kota dan Kabupaten Bandung
E. Membangunkan masyarakat yang sedang tertidur lelap.

Pembahasan :
Jawaban untuk pertanyaan di atas dapat ditemukan pada paragraf ketiga. Pada paragraf ketiga disebutkan bahwa api baru bisa diatasi sekitar pukul 07.30, setelah sekitar sepuluh mobil pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Jadi, berdasarkan teks tersebut, cara mengatasi kobaran api dalam peristiwa kebakaran itu adalah dengan cara mengerahkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.
Jawaban : A

Soal 3 : Menentukan Kalimat Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf di atas adalah ....
A. Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?
B. Bagaimana cara menjaga agar lingkungan tetap sehat?
C. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
D. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
E. Kapan pemerintah harus memberikan pelayanan kesehatan?

Pembahasan :
Paragraf di atas membahas tentang perilaku sehat sebagai pilar yang paling utama. Kalimat penjelas menjelaskan alasan mengapa perilaku sehat menjadi pilar yang paling utama. Sehingga pertanyaan yang paling tepat untuk paragraf tersebut adalah "Mengapa perilaku sehat merupakan pilar paling utama?".
Jawaban : A

Soal 4 : Menentukan Kalimat Tanya Sesuai Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) "Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang", sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Kalimat tanya yang sesuai dengan artikel di atas adalah ....
A. Apakah lapangan kerja dapat tercukupi melalui pertumbuhan ekonomi nasional?
B. Bagaimana hubungan antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?
C. Bagaimana jika terjadi penambahan pengangguran setiap tahunnya?
D. Siapakah yang bertanggungjawab terhadap pertumbuhan ekonomi nasional?
E. Kapan Jawa Tengah dapat memberikan lapangan kerja terhadap pengangguran?

Pembahasan :
Sebenarnya, karena kalimat tanyanya sudah disediakan dalam opsi jawaban, maka murid hanya tinggal memilih saja kalimat tanya mana yang tepat untuk teks soal. Ada dua cara yang umum digunakan untuk menentukan kalimat tanya yang relevan dengan isi teks, yang pertama dengan membaca teks terlebih dahulu untuk mengetahui isinya dan yang kedua dengan langsung melihat opsi jawaban untuk menemukan jawaban pada teks soal.

Dengan cara pertama, kita dapat membaca teks soal dengan seksama agar mengetahui isi teks tersebut. Dalam hal ini dibutuhkan keahlian membaca cepat dan menyerap informasi dari teks yang dibaca. Setelah mengetahui isinya, maka dengan mudah dapat ditentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi teks (yaitu, kalimat tanya yang jawabannya ada dalam teks).

Dengan cara kedua, kita dapat langsung memeriksa satu-persatu kalimat tanya yang disediakan dalam opsi jawaban untuk kemudian diperiksa jawabannya pada teks soal. Dala hal ini, juga dibutuhkan kecermatan dalam menangkap informasi dengan teknik mmebaca cepat.

Pada pembahasan ini, edutafsi menggunakan cara pertama, yaitu membaca teks terlebih dahulu dengan cepat untuk mengetahui isinya. (Terkadang, isi teks sudah tercermin dari kalimat utama atau ide pokoknya). Pada teks di atas, secara keseluruhan, teks itu membahas mengenai pengaruh tingkat pertumbuhan ekonomi nasional dengan penyerapan tenaga kerja.

Berdasarkan topik tersebut, maka kalimat tanya yang sesuai untuk teks di atas adalah "Bagaimana hubungan antara pertumbuhan ekonomi nasional terhadap lapangan kerja?". Pertanyaan tersebut sudah terjawab melalui kalimat utama paragraf didukung kalimat penjelas.
Jawaban : B

Soal 5 : Mengidentifikasi Pertanyaan yang Sesuai

Bacalah kutipan berikut ini dengan cermat!
Konflik agraria yang berkelanjutan serta tidak terselesaikannya masalah sampai akar persoalannya sangat linear hubungannya dengan semakin maraknya perlawanan yang dilakukan oleh kaum tani. Hal ini terlihat dengan aksi 500-an petani dari Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Dengan didampingi oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mereka melakukan aksi demonstrasi selama seminggu di beberapa instansi seperti di Mabes Polri, BPN, Kementrian Keuangan, Kemnetrian BUMN, istana, KPK, dan DPR. Sengketa lahan masyarakat Ogan Ilir (20 desa, 6 kecamatan) dengan PTPN VII Unit Usaha Cinta Manis ini telah berlangsung selama 30 tahun, sejak tahun 1985. Sengketa ini terkait perampasan tanah seluas 3.000 ha.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....
A. Konflik apa yang sangat erat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?
B. Siapakah yang mendampingi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia berdemonstrasi?
C. Mengapa konflik antara petani Ogan Ilir dengan WALHI tidak kunjung selesai?
D. Bagaimanakah cara petani Ogan Ilir berdemonstrasi selama seminggu?
E. Berapa lama demonstrasi itu berlangsung di depan gedung DPR dan istana?

Pembahasan :
Secara keseluruhan, paragraf di atas membahas mengenai konflik agraria yang sangat linear hubungannya dengan perlawanan kaum tani di Ogan Ilir mengenai sengketa lahan masyarakat. Pertanyaan yang sesuai (ada jawabannya di dalam teks) adalah "Konflik apa yang sangat erat hubungannya dengan perlawanan petani Ogan Ilir?". Jawaban untuk pertanyaan itu ada di kalimat pertama, yaitu konflik agraria. Penggunaan kata-kata "Sangat linear hubungannya" serupa dengan kata "erat kaitannya".
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal tentang kalimat tanya yang pernah keluar dalam ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Jika pembahasan soal tentang kalimat tanya ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.