PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG KALIMAT UTAMA

Posted by on 01 February 2018 - 9:04 PM

Edutafsi.com - Menentukan Kalimat Utama Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang kalimat utama untuk tingkat menengah atas. Soal ujian bahasa Indonesia biasanya didominasi oleh teks atau naskah yang relatif panjang yang terdiri dari satu atau beberapa paragraf. Salah satu subtopik yang paling sering muncul dalam soal teks adalah menentukan kalimat utama dari paragraf tersebut. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang menentukan kalimat utama yang pernah keluar dalam soal ujian nasional bahasa Indonesia sebagai gambaran untuk murid sekaligus sebagai sarana latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Soal 1 : Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Istilah rangkuman, sinopsis, dan ringkasan sudah tidak asing lagi dalam bidang tulis-menulis. (2) Semua hal tersebut bisa ada dalam karya tulis. (3) Salah satu bentuk yang akan kita bicarakan yaitu ringkasan. (4) Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tetap mempertahankan urutan isi. (5) Ringkasan adalah gambaran kecil isi teks yang panjang.

Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Secara garis besar, sebuah paragraf terdiri dari gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf dan dinyatakan dengan menggunakan kalimat utama. Gagasan utama biasanya berada di awal atau di akhir paragraf.

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dapat dibedakan menjadi paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan dinyatakan dalam kalimat pertama. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf yaitu di kalimat akhir atau kalimat penutup.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia menentukan kalimat utama

Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan oleh beberapa kalimat. Kalimat tersebut dinamakan kalimat penjelas. Pada paragraf di atas, kalimat (2), (3), (4), dan (5) merupakan kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas gagasan utama yang ada pada kalimat (1). Jadi, kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat pertama atau di awal paragraf.
Jawaban : A

Soal 2 : Menentukan Letak Kalimat Utama

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan biaya Rp 5.000,00 per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan meinkmati keindahan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan situasi pantai Pangandaran.

Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Seperti yang telah dibahas pada soal nomor satu, kalimat utama umumnya berada di depan atau di akhir paragraf. Oleh karena itu, cara termudah menentukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat awal dan akhir kemudian bandingkan kalimat mana yang lebih tepat menjadi kalimat utama. Pada paragraf di atas (antara kalimat 1 dan 5), kalimat yang lebih tepat menjadi kalimat utama adalah kalimat pertama sebab gagasan pada kalimat itu diperjelas di kalimat lainnya.
Jawaban : A

Soal 3 : Mengidentifikasi Kalimat Utama Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Musim kompetisi 20017/2018 belum juga berakhir, tetapi Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. Saat itu, Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. Musin kompetisi 2017/2018 belum berakhir, tetapi Inter Milan sudah pendapatkan pemain baru.
B. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga Italia.
C. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu.
D. Inter Milan sudah berniat membawanya ke stadion San Siro, namun Ederson memilih Nice.
E. Inter Milan sebenarnya sudah berniat merekrut Ederson, tapi baru tahun ini tercapai.

Pembahasan : 
Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama dalam sebuah paragraf. Kalimat utama menjadi dasar dalam pengembangan paragraf. Dari kalimat utama tersebut dikembangkanlah beberapa kalimat penjelas yang berfungsi memperjelas gagasan utamanya.

Paragraf di atas secara keseluruhan membahas tentang Milan yang sudah mendapatkan pemain baru meskipun musim kompetisi belum berakhir. Kemudian pada beberapa kalimat penjelas dijelaskan siapa dan bagaimana pemain baru yang dimaksud tersebut. Jadi, kalimat utama dari paragraf tersebut adalah kalimat awal dari paragraf tersebut.
Jawaban : A

Soal 4 : Kalimat Utama dalam Paragraf

Cermati paragraf di bawah ini dengan seksama!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusak lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja menyatakan secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hukum dalam berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan, dan profesional.

Yang merupakan kalimat utama dari paragraf di atas adalah ....
A. Kalimat 5
B. Kalimat 4
C. Kalimat 3
D. Kalimat 2
E. Kalimat 1

Pembahasan :
Jika dilihat dari segi pengembangannya, paragraf di atas merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Hal itu dapat dilihat dari keseluruhan isi paragraf. Gagasan utamanya adalah lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. Kemudian gagasan tersebut dikembangkan oleh kalimat (2), (3), (4), dan (5) yang memperjelas kalimat (1) sebagai kalimat utama paragraf tersebut.

Kalimat kedua menjelaskan beberapa kasus kerusakan lingkungan yang luput dari hukum, kemudian kalimat ketiga menjelaskan pernyataan tokoh terkait penanganan kasus lingkungan. Selanjutnya, kalimat 4 dan kalimat 5 merupakan kelanjutan dari kalimat 3 yang berfungsi mendukung gagasan utamanya.
Jawaban : E

Soal 5 : Letak Kalimat Utama Suatu Paragraf

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Sepertinya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada ganda campuran untuk mempersembahkan gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran itu berambisi meraih gelar ketiga kalinya di India. (3) Di semi final kemarin, Aprilia, satu-satunya tunggal putri Indonesia kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman, Juliant Schenk, 21-18, 21-18 (4) Banyak yang mengakui permainannya terlalu monoton dan seringkali membuat kesalahan sendiri. (5) Permainan depan juga diduga dilakukan terburu-buru untuk mematikan bola.

Kalimat utama dari paragraf tersebut terdapat pada ....
A. Kalimat 1
B. Kalimat 2
C. Kalimat 3
D. Kalimat 4
E. Kalimat 5

Pembahasan :
Gagasan atau ide pokok dari paragraf di atas adalah harapan banyak orang agar Indonesia menjuarai India Terbuka Super Series. Gagasan tersebut diwakili oleh kalimat pertama paragraf tersebut. Sedangkan kalimat berikutnya merupakan penjelas yang menggambarkan bagaimana banyak orang menaruh harapan pada ganda campuran karena wakil Indonesia lainnya sudah kalah.
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang menentukan kalimat utama dari suatu paragraf atau karangan. Jika pembahasan soal kalimat utama ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.