PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG TAJUK RENCANA

Posted by on 03 February 2018 - 9:18 PM

Edutafsi.com - Tajuk Rencana. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia tentang tajuk rencana untuk tingkat menengah atas. Tajuk rencana merupakan karya tulis semi ilmiah yang dibuat oleh pemimpin redaksi atau editor terhadap isu pokok yang dibahas dalam suatu surat kabar. Tajuk rencana umumnya berupa tulisan pendek berisi opini dan biasanya dimuat di surat kabar. Tajuk rencana ditujukan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat terhadap suatu isu yang tengah hangat diperbincangkan. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang tajuk rencana yang pernah keluar dalam ujian nasional bahasa Indonesia sebagai gambaran bagi murid untuk menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Masalah yang Dibahas dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar dan menelan korabn 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta tidak seperti kota metropolitan yang selama ini megah dalam sinetron.

Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di Puncak.

Masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A. Banjir melanda Jakarta sehingga menimbulkan banyak kerugian
B. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron
C. Banjir yang melanda Jakarta adalah kiriman dari Bogor
D. Masyarakat Jakartlah yang membuat kerusakan
E. Orang Jakarta menggusur petani dan membuat vila di Puncak.

Pembahasan :
Sama seperti paragraf atau karangan pada umumnya, di dalam sebuah tajuk rencana juga terdapat sebuah gagasan utama yang menjadi pokok pembahasan. Umumnya, pokok pembahasan dalam sebuah tajuk rencana adalah suatu masalah yang tengah hangat diperbincangkan. Pokok pembahasan itu dapat disimpulkan berdasarkan isi tajuk rencana secara keseluruhan atau dengan melihat kalimat yang merupakan kalimat utama dalam tajuk tersebut.

Pembahasan UNBK Bahasa Indonesia tentang tajuk rencana

Tajuk rencana di atas membahas mengenai banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu yang lalu. Penulis tajuk memaparkan bagaimana kondisi dan akibat yang ditimbulkan oleh banjir tersebut serta mengulas beberapa argumen terkait penyebab banjir. Jadi, masalah yang diungkapkan dalam tajuk rencana tersebut adalah banjir melanda Jakarta sehingga menimbulkan banyak kerugian.
Jawaban : A

Soal 2 : Menentukan Keberpihakan Penulis pada Tajuk Rencana

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut ini dengan seksama!
Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan. Masih terkait dengan rekayasa peraturan untuk mengurangi kemacetan, akan dikeluarkan aturan pembatasan kendaraan roda dua atau motor melintas di jalan-jalan utama seperti jalan Thamrin dan jalan Sudirman, pada jam-jam tertentu.

Untuk uji coba, Pemprov memilih jalan yang sejajar dengan jalur koridor I busway (Blok M-Kota). Selain dapat mengurangi kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya. Hal itu juga diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun, kita juga mengingatkan agar berbagai kebijakan yang akan diterapkan mesti dikaji lebih cermat dan mendalam agar tidak menimbulkan ekses-ekses yang justru dapat membuka persoalan baru.

Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan di atas adalah ....
A. Pemerintah pusat
B. Pemprov DKI
C. Pejalan kaki
D. Pengendara motor
E. Pengguna busway

Pembahasan :
Keberpihakan penulis merupakan kecenderungan penulis untuk memberikan dukungan pada pihak mana yang diungkapkan dalam sebuah tajuk rencana. Keberpihakan penulis dalam sebuah tajuk rencana umumnya tergambar dari beberapa kalimat yang ada dalam tajuk tersebut, dan biasanya itu berhubungan dengan topik yang dibahas. Dari kalimat ataupun argumen yang digunakan penulis maka dapat dilihat kemana penulis tersebut lebih berpihak.

Kutipan tajuk rencana di atas membahas mengenai upaya Pemprov DKI dalam mengurangi kemacetan di ibu kota. Pada kalimat pertama, penulis mengatakan bahwa "Usaha yang keras dari Pemprov DKI untuk mengurai kemacetan dan memberi layanan terbaik bagi warganya terus dilakukan". Kalimat tersebut menunjukkan adanya dukungan atau kecenderungan penulis berpihak pada pemprov DKI.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Pihak yang Tuju dalam Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut dengan seksama!
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dari produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.

Pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana di atas adalah ....
A. Perusahaan
B. Pengimpor
C. Pemerintah
D. Masyarakat
E. Pedagang

Pembahasan :
Untuk menentukan pihak yang dituju oleh redaksi dalam sebuah tajuk rencana, maka perlu diperhatikan apa isi atau pokok bahasan yang dibicarakan. Pada tajuk rencana di atas, yang menjadi pokok bahasan adalah program Presiden untuk memastikan adanya cadangan beras melalui produksi dalam negeri sebagai langkah menjaga harga pangan tetap stabil.

Salah satu kunci dalam menentukan pihak yang dituju antaralain pihak yang dituju sering menjadi pokok pembicaraan atau pembahasan. Pada tajuk rencana di atas, pihak yang paling sering dibahas adalah pemerintah dan Presiden. Jadi, secara umum, pihak yang dituju oleh redaksi dalam tajuk rencana di atas adalah pemerintah.
Jawaban : C

Soal 4 : Menentukan Isi Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Sejak pertama kali bencana gempa bumi dan tsunami melanda Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara, 26 Desember 2004, kita lihat besarnya kepedulian masyarakat. Tanpa ada yang mengomando, masyarakat berbondong-bondong memberikan bantuan, baik dalam bentuk uang, barang, dan juga tenaga.

Lalu apa yang harus dilakukan pemimpin nasional melihat keadaan yang begitu baik ini? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepantasnya tampil menyampaikan sebuah pidato nasional yang minta dipancarkan oleh seluruh stasiun televisi dan radio untuk mengucapkan terimakasih kepada seluruh bangsa ini.

Kita tidak hanya harus berterimakasih kepada bangsa asing yang memberikan bantuan, tetapi juga kepada bangsa sendiri. Sejak 26 Desember lalu, seluruh rakyat telah memperlihatkan solidaritas yang sangat luar biasa.

Setelah tiga minggu lebih hal itu berlangsung kita belum mendengar apresiasi pimpinan Negara kepada bangsa ini. Padahal, sekali lagi mereka pantas melakukan itu, karena secara langsung mereka menunjukkan bahwa kita masih berada dalam satu keluarga besar, bangsa Indonesia.
(Tajuk rencana, kompas 20 Januari 2005).

Isi dari tajuk rencana di atas adalah ....
A. Penulis merasa bangga terhadap bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan tsunami tanpa dikomandoi.
B. Bangsa Indonesia telah membantu korban gempa bumi dan tsunai Aceh dan Sumatera Utara tanggal 26 Desember 2004 degan semangat sukarela.
C. Penulis mengharapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terimakasih kepada Bangsa Indonesia yang telah membantu korban tsunami.
D. Presiden telah mengucapkan terimakasih kepada bangsa Indonesia yang telah membantu korban gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004.
E. Bangsa Indonesia harus mengambil hikmah dari musibah gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan Sumatera Utara.

Pembahasan :
Jika dibaca selacar keseluruhan, maka isi dari tajuk rencana di atas adalah harapan penulis agar sekiranya presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi sikap bangsa Indonesia dan berterimakasih karena bangsa Indonesia secara sukarela membantu korban gempa bumi dan tsunami tanpa harus dikomandoi. Pada paragraf terakhir tersirat kekecewaan penulis karena apresiasi dari pemerintah kepada bangsa sendiri belum ditunjukkan.
Jawaban : C

Soal 5 : Menentukan Kesimpulan Tajuk Rencana

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah. Inilah yang membuat pemerintah sulit untuk memacu produkstivitasnya. Sebaliknya untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS, anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlahnya yang mencapai 3,6 juta. Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah harus menyediakan dana Rp 7,6 triliyun.

Jawaban untuk keluar dari persoalan ini tidak bisa lain kecuali melakukan reformasi birokrasi, terutama rasionalisasi jumlah PNS sebab jumlah PNS yang ada terlalu besar dibandingkan yang dibutuhkan.

Dengan adanya rasionalisasi, pemerntah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistem gaji. Bukan hanya itu, pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment.

Simpulan isi penggalan tajuk rencana di atas adalah ....
A. Agar dapat menaikkan gaji PNS secara signifikan, pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.
B. Pemerintah mendapat kesulitan untuk menaikkan gaji PNS karena jumlahnya terlalu banyak.
C. Untuk memberikan gaji ke-13 saja pemerintah memerlukan dana sampai 7,6 triliyun.
D. Dengan rasionalisasi jumlah PNS pemerintah akan mampu memperbaiki sistem gaji PNS.
E. Pemerintah seharusnya dapat menerapkan sistem reward and punishment terhadap PNS.

Pembahasan :
Tajuk rencana di atas mengangkat isu mengenai rendahnya gaji PNS. Salah satu penyebabnya adalah karena jumlah PNS sangat banyak melebihi jumlah yang dibutuhkan. Dalam tajuk tersebut, kemudian penulis memberikan suatu usulan berupa reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS. Jadi, kesimpulan dari tajuk rencana di atas adalah pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS agar dapat menaikkan gaji PNS secara signifikan.
Jawaban : A

Demikianlah pembahasan beberapa soal ujian nasional bahasa Indonesia tentang tajuk rencana. Untuk pembahasan soal serupa anda dapat melihat pada menu ujian nasional atau menu Bahasa Indonesia. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini.
Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.