CARA MEMBUAT BUNGA KEMBANG SEPATU DARI KERTAS

Posted by on 29 March 2019 - 7:50 PM

Tutorial DIY membuat bunga hias menyerupai kembang sepatu menggunakan kertas krep. Bunga kembang sepatu ada beberapa jenis dan dua yang paling familiar di Indonesia adalah kembang sepatu yang terdiri dari 5 helai dan kembang sepatu tumpuk yang sekilas terlihat seperti mawar.

Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar cara membuat kerajinan tangan berupa bunga hias menyerupai kembang sepatu tumpuk menggunakan kertas krep berwarna merah.

Karena menggunakan kertas krep, kerajinan tangan ini terbilang sangat murah karena hanya dengan 1 kajang kertas krep seharga Rp 2000,-  kita sudah bisa membuat beberapa kuntum bunga.

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam tutorial DIY kali ini antaralain:
1). Kertas krep merah
2). Putik sintetis warna pink
3). Kawat untuk batang
4). Selotip batang
5). Tali plastik atau benang
6). Gunting dan penggaris.

Untuk kawat, edutafsi menyarankan membeli kawat pergulung seharga Rp 5.000,- karena lebih hemat dibanding membeli kawat bunga yang dijual perbatang. Kawat pergulung itu bisa dipakai untuk membuat batang sekitar 50 batang. 

DIY membuat bunga dari kertas krep

Untuk putik sintetis, edutafsi membelinya di toko khusus kerajinan tangan dengan harga Rp 5.000,- perbungkus. Dalam satu bungkus terdapat lebih kurang 100 putik sintetis.

Selotip batang merupakan selotip kertas hijau yang memiliki perekat sehingga dapat melekat pada kawat saat membungkus kawat. Harganya Rp 4.000,- pergulung.

Kalau Sobat Tafsi tidak bisa menemukan selotip batang, Kalian bisa menggunakan bahan pengganti seperti kertas krep hijau, sedotan hijau, atau kantung plastik hijau.

Proses Pembuatan

Kalau Sobat Tafsi sudah membaca atau menonton tutorial membuat bunga hias berbentuk bola mengunakan kertas krep yang sebelumnya dipost, pasti Kalian tidak akan kesulitan membuat bunga ini karena prosesnya hampir sama.

#1 Membentuk Kertas Krep

Langkah pertama dipotong kertas krep berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 16 cm dan lebarnya 10 cm. Jadi, ukuran kertasnya adalah 16 cm x 10 cm.

Untuk membuat satu kuntum bunga, dibutuhkan empat lembar kertas dengan ukuran yang sama. Jika sudah tersedia empat lembar kertas, maka tumpuk keempatnya menjadi satu.

Setelah itu, lipat kertas secara bersamaan dengan lebar lipatan kira-kira 3,5 sampai 4 cm. Tujuan melipat kertas adalah untuk membentuk bagian pinggir kertas.

Bagian pinggir ketas akan dibentuk melengkung. Gunakan gunting untuk memotong bagian pingir kertas. Gunting pinggiran kertas di kedua sisi sehingga saat kertas dibuka dihasilkan bentuk seperti pada gambar 1.

#2 Melipat Kertas Krep

Setelah bentuk dasar selesai dibuat, maka selanjutnya kertas tersebut kembali dilipat. Tapi kali ini lebar lipatannya kira-kira 1,5 cm dan dilipat secara bolak-balik seperti membuat kipas dari kertas.

Tujuan lipatan ini adalah sebagai kerangka proses pembentukan bunganya nanti. Lipat dari salah satu ujung hingga bertemu ujung lainnya dan hasilnya lebih kurang seperti gambar 2.

#3 Memasang Putik

Langkah berikutnya gunakan tali plastik atau benang untuk mengikat bagian tengah kertas. Di waktu yang bersamaan, pasangkan pula putik bunganya.

Caranya, letakkan putik di bagian tengah kertas kemudian gunakan tali untuk mengikat putik bersamaan dengan kertas. Ikat dua kali agar lebih kuat.

Saat mengikat, pastikan tali dan putik berada dalam posisi yang benar. Posisi yang benar adalah tali berada di bagian bawah sedangkan putik berada di bagian atas seperti gambar 3.

#4 Menarik Kertas

Setelah putik berhasil dipasang, selanjutnya regangkan kertas sehingga kedua tepinya saling bertemu dan membentuk lingkaran. Rapikan juga bagian tengahnya. Tujuannya adalah agar kita mudah saat akan menarik kertas ke atas.

Berikutnya, ambil kertas lembaran pertama (yang paling atas atau yang dekat dengan putik). Tarik kertas tersebut mendekati putik secara pelan-pelan.

Cara membuat bunga kembang sepatu

Tarik kertas hingga kertas tegak dan mengelilingi putik. Lakukan proses yang sama untuk lembar kertas berikutnya, sehingga dihasilkan bentuk seperti gambar 4.

Baca juga : Cara Membuat Bunga Bulat dari Kertas Krep.

#5 Memasang Batang

Pada langkah 4, kita sudah berhasil membuat sekuntum bunga. Langkah berikutnya, tingal melengkapi bunga dengan batang dan daun.

Untuk daun, sobat Tafsi bisa menggunakan sedotan hijau, tali plastik hijau, atau kertas krep hijau. Pada tutorial ini digunakan sedotan hijau.

Setelah kawat dikaitkan pada bunga, selanjutnya kawat dibungkus dengan selotip sambil memasang daun pada batangnya. Bungkus kawat hingga bagian yang diinginkan tertutup.

Dengan cara yang sama (langkah 1 - 5), buatlah beberapa tangkai bunga lagi. Pada tutorial ini dibuat 5 tangkai bunga yang kemudian dirangkai menjadi satu batang dan diletakkan dalam vas bunga.

Bunga hias kembang sepatu selesai dibuat!

Demikian tutorial singkat cara membuat bunga kembang sepatu menggunakan kertas krep yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat buat Sobat yang suka berkreasi.

Kalau Kamu bingung dengan tahapan di atas, proses pembuatan selengkapnya dapat Sobat Tafsi tonton di channel youtube kita Tafsi Video, atau melalui link di bawah ini.

Tonton Video : DIY Bunga Kembang Sepatu.

Seperti biasa, jika konten kerajinan tangan ini bermanfaat, bantu edutafsi membagikannya ke teman-teman Kalian supaya manfaatnya tidak berhenti hanya pada Kalian.

Buat Sobat Tafsi yang suka membuat kerajinan tangan dan punya ide membuat sesuatu, boleh loh dishare di komentar. Barangkali kita bisa belajar bareng.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment