CARA MUDAH MENGGAMBAR BUNGA MATAHARI

Posted by on 30 March 2019 - 7:56 PM

Bunga matahari termasuk salah satu jenis bunga yang banyak digemari oleh masyarakat. Bunga matahari biasanya dibudidayakan untuk dimanfaatkan biji dan minyak bijinya. Beberapa waktu yang lalu bahkan sempat viral sebuah taman bunga matahari yang banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk berfoto ria dan membagikannya di media sosial.

Edutafsi.com - Pada kesempatan ini, kita akan belajar cara menggambar dan mewarnai bunga matahari menggunakan oil pastels. Cara pada tutorial ini sangat mudah jadi Kamu pasti bisa menirunya.

Alat dan Bahan

Untuk menggambar bunga matahari seperti gambar di bawah, adapun alat dan bahan yang digunakan pada tutorial kali ini antaralain kertas gambar, spidol hitam, pensil 2B, dan cat oil pastels.

Sobat Tafsi bisa menggunakan buku gambar yang biasa dipakai di sekolah atau kertas khusus untuk sketsa gambar, atau bisa juga menggunakan kertas hvs untuk latihan.

Spidol hitam digunakan untuk membuat garis tepi atau outline dari bunga matahari yang akan digambar. Pensil 2B digunakan untuk memperjelas garis tepi setelah pewarnaan selesai.

Cara menggambar bunga matahari

Untuk oil pastels, edutafsi menggunakan produk Greebel yang 12 warna. Produk ini kita beli dengan harga Rp 18.000,00. Harga di daerah Kalian mungkin lebih mahal atau lebih murah.

Oil pastels yang digunakan tidak harus Greebel. Bisa merek apapun. Gunakan saja apa yang ada di rumah atau sesuaikan dengan kantung Kalian.

Warna yang Digunakan

Seperti yang dapat Sobat Tafsi lihat di atas, kita hanya menggunakan enam warna, yaitu:
1). Hitam, cokelat, kuning, dan orange untuk bunga
2). Hijau dan cokelat untuk batang
3). Hijau tua dan hijau muda untuk daun.

Tahapan Menggambar Bunga Matahari

Oke Sobat Tafsi, jika alat dan bahannya sudah tersedia, maka kita sudah bisa mulai belajar menggambar. Berikut tahapan menggambar bunga matahari pada tutorial kali ini.

#1 Membuat Kerangka

Langkah pertama adalah membuat outline atau kerangka gambar. Pertam-tama buat sebuah lingkaran sedang untuk bagian tengah bunga matahari. Kemudian buat beberapa garis lurus seperti terlihat pada gambar 1.

Selanjutnya, tarik sebuah garis lengkung yang menhubungkan ujung dua garis yang berdekatan sehingga dihasilkan bentuk seperti gambar 2. Pada tahap ini, kita sudah berhasil menggambar satu bunga matahari yang mekar.

Berikutnya, gambar tangkai dan daun untuk bunga yang pertama. Tarik garis lengkung dari bagian bawah bunga dan tambahkan daun seperti gambar 3.

Menggambar bunga matahari

Kemudian, tambahkan satu batang bunga lagi yang tampak dari samping dan berukuran lebih kecil dibanding bunga yang pertama seperti terlihat pada gambar 4.

Baca juga : Cara Menggambar Bunga Kamboja.

#2 Mewarnai Gambar

Setelah kerangka gambar selesai, maka tahap selanjutnya adalah tahap mewarnai. Pertam-tama, kita warnai terlebih dahulu bagian bunga yang besar. Pewarnaan dimulai dari bagian tengah.

Untuk bagian tengah bunga, gunakan warna hitam dan cokelat seperti terlihat pada gambar 5. Kemudian gunakan oil pastels kuning untuk mewarnai mahkota atau petal bunga.

Selanjutnya, dengan menggunakan jari, sapukan warna pada bagian tengah bunga sehingga hitam dan cokelat sedikit bercampur. Setelah itu, tambahkan warna orange di bagian pangkal petal. Usap warna tersebut agar bercampur dengan kuning yang ditimpahnya.

Cara mewarnai bunga matahari

Dengan warna kuning dan orange, warnai bunga kecil yang berada di sebelah bunga pertama. Kemudian gunakan oil pastel hijau untuk mewarnai kelopak bunga seperti pada gambar 7.

Selanjutnya, gunakan warna hijau tua untuk mewarnai batang kemudian padukan dengan warna cokelat. Lalu gunakan warna hijau muda dan hijau tua untuk mewarnai daun sehingga dihasilkan gambar seperti gambar 8.

Langkah terakhir, gunakan pensil 2B atau bisa juga spidol untuk menebalkan kembali garis-garis tepi gambar yang tertutup cat supaya gambarnya menjadi lebih jelas.

Bunga matahari selesai digambar!

Demikian tutorial cara mudah menggambar bunga matahari menggunakan oil pastels yang dapat edutafsi bagikan. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat buat Sobat tafsi semua.

Kalau Sobat Tafsi masih bingung mengikuti langkah dan keterangan pada penjelasan di atas, Kamu mungkin bisa menonton contoh jelasnya melalui video di bawah ini.

Tonton video : Menggambar Bunga Matahari.

Seperti biasa, kalau Kalian merasa konten ini bermanfaat, bantu edutafsi membagikannya ke teman-teman kalian dengan cara share melalui sosial media yang Kalian punya.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi, follow IG Tafsi Junior, dan subscribe youtube Tafsi Video. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment