CARA MEMBUAT BUNGA HIAS DARI KERTAS KREP

Posted by on 26 March 2019 - 10:03 AM

Edutafsi.com - DIY Craft. Kertas krep merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki tekstur agak kasar tetapi dengan tingkat kekerasan yang lembut sehingga mudah dibentuk. Karena teksturnya yang mirip dengan tisu, kertas krep juga disebut kertas tisu di beberapa daerah. Kertas ini biasanya dijual dengan berbagai pilihan warna yang cerah sehingga cocok digunakan untuk hiasan atau dekorasi.

Pada kesempatan ini, edutafsi akan membagikan sebuah tutorial DIY cara membuat sebuah bunga hias menggunakan kertas krep yang gampang banget buat Sobat Tafsi coba.

Bunga hias yang akan kita buat pada tutorial ini adalah bunga hias berbentuk bulat atau menyerupai bola dengan ukuran yang lumayan besar.

Adapun alat dalan bahan yang kita perlukan untuk membuat DIY kali ini antaralain:
1). Kertas krep (merah, kuning, dan merah muda)
2). Kawat untuk batang
3). Sedotan (pipet) hijau untuk bagian daun
4). Selotip batang untuk membungkus kawat
5). Tali palstik untuk mengikat bunga
6). Gunting untuk memotong kertas
7). Penggaris untuk mengukur kertas
8). Penjepit kertas untuk alat bantu jepit.

Untuk warna kertas Sobat Tafsi bisa sesuaikan dengan selera Kalian. Selain itu, alat dan bahan di atas juga bisa diganti dengan alat lain yang fungsinya sama.

Cara membuat bunga dari kertas krep

Intinya, manfaatkan saja alat-alat yang memang ada di rumah Kalian jadi akan lebih hemat karena tidak harus membeli semuanya.

Kertas krep dapat Sobat Tafsi beli di toko ATK atau toko khusus kerajinan tangan dengan harga lebih kurang Rp 2.000,- perkajangnya.

Oke supaya tidak kepanjangan absa-basinya langsung aja berikut ini beberapa langkah atau tahap membuat bunga hias menggunakan kertas krep.

#1 Memotong Kertas

Gunakan gunting untuk memotong kertas krep menjadi berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 30 cm dan lebar 10 cm (ukuran 30 x 10).

Untuk membuat satu bagian bunga kecil dibutuhkan 4 lembar (4 helai) kertas krep berukuran 30 x 10 cm.

Untuk menghasilkan 1 bunga bulat dibutuhkan 4 bagian kecil bunga, Jadi, untuk membuat 1 bunga dibutuhkan 16 lembar kertas krep ukuran 30 x 10 cm.

#2 Melipat Kertas

Selanjutnya, tumpuk 4 lembar kertas menjadi satu. Kemudian gunakan penjepit kertas untuk menjepit salah satu ujung kertas.

Tujuan penggunaan penjepit kertas adalah untuk mempermudahkan kita dalam melipat kertas.

Setelah dijepit, ambil bagian ujung kertas lainnya (yang tidak dijepit) kemudian lipat secara bolak-balik dengan lebar lipatan lebih kurang 1,5 cm.

Lipat kertas secara bolak-balik (seperti membuat kipas dari kertas) sampai lipatan mencapai ujung kertas satunya yang dijepit.

Setelah selesai dilipat, ambil tali pastik secukupnya untuk mengikat bagian tengah kertas (sehingga lipatan kertas terbagi dua sisi sama panjang).

#3 Menarik Kertas

Setelah bagian tengah kertas diikat, posisikan tali ke arah bawah. Selanjutnya, ambil lembaran pertama kertas (kertas yang berada di lapisan paling atas).

Tarik kertas tersebut ke atas secara perlahan. Sambil menarik kertas pertama, pegang kertas lain di bawahnya agar lebih mudah dipisahkan.

Lakukan proses tersebut secara perlahan dan hati-hati agar kertas tidak robek. Tarik kertas sampai seluruh lapisan pertama tegak ke atas.

Selanjutnya, ulangi langkah tersebut untuk lapisan kedua dan ketiga. Setelah selesai lapisan ketiga, kertas lapisan keempat (paling bawah) tinggal dirapikan mengikuti kertas lainnya.

DIY Bunga kertas krep

Sampai di sini, kita sudah berhasil membuat sebuah bagian kecil bunga. Selanjutnya, buat lagi tiga bagian kecil bunga dengan cara yang sama.

#4 Menyatukan Bagian Bunga

Jika sudah dihasilkan 4 bagian bunga yang kecil, maka selanjutnya keempat bagian tersebut akan digabungkan menjadi satu membentuk bunga bulat.

Caranya mudah, satukan keempatnya dengan mengaitkan tali plastik dari masing-masing bagian satu-persatu sehingga keempatnya menyatu.

Setelah itu, gunakan gunting untuk merapikan bagian bunga yang kurang rapi. Usahakan agar tinggi bagian bunga sama sehingga dihasilkan bulatan yang lebih rapi.

#5 Memasang Tangkai dan Daun

Langkah selanjutnya, kaitkan bunga ke kawat dengan cara mengikat kawat dengan menggunakan tali pastik yang ada pada bunga tersebut.

Setelah itu, gunakan selotip batang untuk membungkus kawat. Bungkus dari bagian paling atas (tepat di bawah bunga) sampai kira-kira mmebungkus separuh batang.

Terakhir, buat daun menggunakan sedotan. Gunting agak lancip di bagian ujung sedotan lalu gunting ke dalam secukupnya.

Kemudian gunakan gunting untuk melengkungkan sedotan tersebut sehingga dihasilkan bentuk daun yang melengkung seperti pada gambar.

Pasangkan daun tersebut ke batang dan sebuah bunga berbentuk bulat dari kertas krep pun selesai dibuat.

Dengan cara yang sama, buat dua bunga bulat lainnya menggunakan kertas krep dengan warna yang lain sesuai dengan selera Kalian.

Gimana Sobat Tafsi? Bagus kan hasilnya? Cocok banget nih buat hiasan atau dekorasi ruangan untuk penggunaan jangka pendek. Murah meriah lagi!

Sayangnya, karena terbuat dari kertas, bunga hias ini cenderung tidak tahan lama dan tidak bisa dibersihkan. Apabila terkena air, juga akan rusak.

Meski demikian, bunga hias ini sangat cocok jika ditempatkan di ruangan yang jarang terpapar abu dan sinar matahari karena akan lebih tahan lama.

Jadi, buat Sobat Tafsi yang pengen berkreasi buat menghias ruangan Kalian, gak ada salahnya nih mencoba berkreasi dengan kertas krep.

Demikian tutorial DIY cara membuat bunga hias berbentuk bola menggunakan kertas krep yang dapat edutafsi bagikan, semoga bermanfaat.

Oya, tutorial ini juga sudah dipost dalam bentuk video ya. Buat Sobat Tafsi yang pengen menonton videonya bisa dilihat di channel youtube kita, Tafsi Video atau melalui link di bawah ini.

Tonton Video : DIY Bunga Hias Dari Kertas Krep.

Dan terakhir, dukung terus edutafsi dengan cara share konten ini ke teman-teman Kalian kalau memang bermanfaat. Dan ikuti kita di sosial media.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment