CARA MUDAH MENGGAMBAR BUNGA TULIP

Posted by on 06 April 2019 - 6:29 AM

Bunga tulip merupakan salah satu jenis bunga yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Sama seperti mawar, tulip termasuk tanaman hias yang paling banyak dibudidayakan oleh manusia. Di Belanda, tulip bahkan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena tanaman ini tumbuh subur di negara tersebut dengan berbagai warna yang mempesona.

Pada kesempatan ini, edutafsi akan membagikan sebuah tutorial singkat cara menggambar bunga tulip merah menggunakan oil pastels yang simpel tapi indah khusus untuk Sobat Tafsi.

Karena sederhana, gambar bunga tulip kali ini sangat cocok untuk anak-anak atau pemula yang baru belajar menggambar menggunakan oil pastels. Di akhir postingan juga disertakan link video buat Kamu yang lebih suka belajar melalui video.

Alat dan Bahan

Edutafsi.com - Jadi, di tutorial kali ini kita akan belajar cara menggambar sebuah tanaman hias tulip yang sudah berbunga lengkap dengan potnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Adapun alat dan bahan yang digunakan antaralain:
1). Kertas gambar
2). Spidol dan pensil 2B
3). Oil pastels

Untuk kertas gambar, Sobat Tafsi bisa gunakan buku gambar yang biasa Kalian pakai di sekolah atau bisa juga menggunakan kertas khusus untuk menggambar sketsa. Untuk latihan, Kalian juga bisa menggunakan kertas hvs yang biasa untuk ngeprint.

Cara mudah menggambar bunga tulip

Selanjutnya, kita juga membutuhkan spidol hitam dan pensil 2B untuk membuat kerangka gambar. Kalau Sobat Tafsi tidak terbiasa menggambar menggunakan spidol, bisa menggunakan pensil terlebih dahulu baru kemudian dipertebal menggunakan spidol.

Tapi, kalau kalian sudah terbiasa menggambar langsung memakai spidol, bisa langsung menggunakan spidol untuk membuat kerangka gambar. Sementara pensil 2B dapat digunakan untuk memperjelas garis gambar setelah proses pewarnaan selesai.

Untuk oil pastels, pada tutorial ini kebetulan edutafsi menggunakan merek Greebel karena produk ini yang kita temukan di toko. Kalian bisa menggunakan merek lain yang tersedia di tempat Kalian.

Warna-warna untuk Menggambar Tulip

Untuk bunga tulip seperti gambar di atas, adapun warna yang digunakan antara lain merah, putih, hijau, hijau muda, biru, orange pucat, cokelat, dan hitam.

Merah dan putih digunakan untuk mewarnai bagian bunga, hijau dan biru digunakan untuk mewarnai bagian batang dan daun, sedangkan orange pucat, cokelat, dan hitam untuk bagian pot.

Jika alat dan bahan sudah tersedia, mari kita mulai belajar menggambar bunga tulip. Kalian bisa ikuti step demi step di bawah ini, atau Kalian bisa berinovasi sesuai kreativitas Kalian masing-masing.

Step Menggambar Bunga Tulip

Proses menggambar bunga tulip lengkap dengan potnya dimulai dengan membuat kerangka gambar, kemudian dilanjutkan dengan proses pewarnaan menggunakan oil pastels. Jadi, secara garis besar ada dua tahapan, yaitu membuat outline dan mewarnai.

#1 Membuat Kerangka Gambar

Untuk membuat kerangka gambar, kita bisa menggunakan spidol hitam. Pertama, buat kurva lengkung menyerupai huruf U lalu tambahkan lengkungan di bagian atasnya dan bagi bentuk U tersebut menjadi dua bagian sehingga dihasilkan bentuk seperti gambar 1.

Dengan cara yang sama, buat dua kuntum bunga tulip lainnya dengan ukuran yang berbeda dan tambahkan sedikit batang sehingga dihasilkan tiga kuntum bunga tulip seperti pada gambar 2.

Selanjutnya, tambahkan empat helai daun berbentuk panjang sehingga dihasilkan gambar 3. Cara mudah menggambar daun, Kalian bisa memulainya dari atas ke bawah. Tarik garis lengkung sesuai gambar atau kreasikan bentuk yang Kalian inginkan.

Cara mudah menggambar bunga tulip

Terakhir, buat pot berbentuk bulat seperti gambar 4 dengan cara menarik sebuah garis lengkung dari kiri ke kanan untuk bagian atas pot lalu lanjutkan dengan membuat bentuk seperti U dari sisi kiri dan kanan garis lengkung pertama.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sobat Tafsi bisa membuat kerangka menggunakan pensil terlebih dahulu baru setelah kerangkanya selesai, gunakan spidol untuk memperjelasnya.

Baca juga : Cara Menggambar Bunga Matahari.

#2 Mewarnai Bunga Tulip

Setelah kerangka gambar selesai, selanjutnya adalah proses mewarnai. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah, proses pewarnaan dimulai dari bagian bunga, batang, daun, lalu bagian pot.

Untuk bunga, gunakan warna merah dan putih. Pertama, sapukan oil pastels merah ke seluruh bagian bunga lalu timpah dengan warna putih di bagian-bagian tepi untuk menghasilkan gradasi warna seperti gambar 5. Sobat Tafsi bisa kreasikan sesuai kreativitas Kalian.

Selanjutnya, gunakan warna hijau dan hijau muda untuk mewarnai batang dan daun. Untuk batang, gunakan warna hijau. Untuk daun, gunakan warna hijau dan hijau muda untuk menghasilkan gradasi warna yang diinginkan. Tambahkan sedikit biru di area duan yang gelap.

Cara mudah menggambar bunga tulip

Berikutnya, gunakan orange pucat dan cokelat untuk mewarnai tanah. Pertam-tama, sapukan orange pucat ke seluruh bagian tanah, lalu timpah dengan warna cokelat di bagian tepi dan tengah untuk menghasilkan gradasi seperti gambar 7.

Untuk pot, digunakan warna cokelat dan hitam. Pertama-tama, sapukan oil pastels cokelat ke seluruh bagian pot. Lalu timpa dengan warna hitam di bagian pinggir dan usap sehingga menyatu dengan warna cokelat yang ditimpahnya.

Langkah terkahir, gunakan pensil 2B untuk memperjelas kembali garis-garis tepi gambar yang tertimpa cat saat proses pewarnaan. Untuk tahap ini, Kalian juga bisa menggunakan spidol.

Tetapi, karena oil pastels cukup berminya, menggunakan spidol bisa merusak mata spidol sehingga warna yang dihasilkan spidol jadi kurang jelas untuk pemakaian berikutnya. Oleh karena itu, eudtafsi menyarankan lebih bagus gunakan pensil 2B saja untuk sentuhan akhir ini.

Sebuah tanaman hias bunga tulip lengkap dengan potnya berhasil digambar!

Nah, seperti janji edutafsi tadi, buat Sobat Tafsi yang sulit memahami step-step di atas atau lebih suka belajar menggambar melalui video, berikut dilampirkan link video belajar menggambar bunga tulip menggunakan oil pastels.

Tonton video : Menggambar Bunga Tulip.

Demikian tutorial cara menggambar bunga tulip yang simpel, mudah, dan indah menggunakan oil pastels yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Seperti biasa, jika konten yang kamu baca bermanfaat, bantu kita ya untuk share ke teman-teman Kamu melalui share media sosial supaya teman-teman Kamu juga mendapatkan manfaatnya.

Dukung juga channel youtube kita di Tafsi Video dengan cara berlangganan supaya edutafsi bisa terus membagikan konten-konten yang bermanfaat yang sekaligus sebagai penunjang untuk bahan belajar atau tutorial di blog ini.

Terimakasih telah berkunjung, dan selamat berkreasi.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment