PENGGUNAAN WHAT DAN WHICH DALAM BAHASA INGGRIS

Posted by on 17 October 2019 - 10:01 AM

Apa perbedaan antara kata tanya "what" dan "which" dalam Bahasa Inggris? Bagaimana kita menentukan kata mana yang akan kita gunakan dalam kalimat tanya? Kapan kita pakai "what" dan kapan kita pakai "which"? Dan bagaimana mengubah kalimat tanya yang menggunakan kata what menjadi kalimat tanya yang menggunakan kata which atau sebaliknya?

Edutafsi.com - pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menentukan kata tanya apa yang akan kita pakai dalam kalimat tanya. Apakah kita pakai what atau pakai which.

Fungsi Kalimat Tanya

Sesuai dengan namanya, kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu atau untuk meminta jawaban berupa penjelasan akan suatu hal.

Ada beberapa kata yang umum digunakan dalam kalimat tanya seperti apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan sebagainya.

Masing-masing kata tanya memiliki fungsi tersendiri, begitupula halnya dengan kata tanya what dan which. Berikut fungsi dari kedua kata tanya tersebut.

#1 Fungsi What

Kata "What" umumnya digunakan untuk menanyakan sesuatu yang sifatnya general atau umum, yaitu yang cakupannya bisa sangat luas.

Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata what juga bisa sangat beragam karena tidak ada batasan dalam pertanyaan tersebut.

Beberapa contoh kalimat tanya menggunakan what:
1). What is your name?
(Siapa namamu?)

2). What are you thinking about?
(Apa yang sedang kamu fikirkan?)

3). What do you want to do today?
(Apa yang ingin kau lakukan hari ini?)

4). What is your option?
(Apa pilihanmu?)

5). What is she doing right now?
(Apa yang Ia kerjakan sekarang?).

Dari kelima contoh kalimat tanya di atas, yang menjadi bahan pertanyaan adalah sesuatu yang sifatnya general dan cakupannya luas.

Pada kalimat pertama, kita menanyakan nama. Nama adalah sesuatu yang general dan jawabannya bisa sangat beragam karena ada begitu banyak nama di dunia ini.

Begitu pula pada kalimat lainnya, jawaban untuk pertanyaan tersebut bisa sangat beragam karena yang ditanyakan adalah sesuatu yang sifatnya umum.

#2 Fungsi Which

Sama dengan what, kalimat tanya which juga dapat digunakan untuk menanyakan penjelasan mengenai suatu hal, akan tetapi sifatnya lebih spesifik.

Kata "which" umumnya digunakan untuk menanyakan sesuatu yang sifatnya lebih spesifik dan biasanya disertai dengan beberapa pilihan jawaban.

Karena pertanyaan which biasanya dibatasi dengan beberapa pilihan, maka jawaban atas pertanayaan yang memakai which jauh lebih sempit.

Beberapa contoh kalimat tanya menggunakan which:
1).Which color do you prefer, red or yellow?
(warna apa yang lebih kamu suka, merah atau kuning?)

2). Which movie do you want to watch, Maleficent 2 or The Lion King?
(Film apa yang ingin kamu tonton, Maleficent 2 atau The Lion King?).

3). Which book do you want to borrow, the red or the black one?
(Buku mana yang ingin kau pinjam, yang merah atau yang hitam?)

Dari ketiga contoh kalimat tanya di atas, dapat Sobat Tafsi lihat bahwa kata tanya which dalam kalimat tersebut menanyakan sesuatu yang sifatnya spesifik.

Perhatikan bahwa pada ketiga contoh di atas, kalimat tanyanya dilengkapi dengan dua pilihan jawaban yang spesifik.

Pada contoh pertama, pertanyaan diikuti dengan pilihan jawaban yaitu red or yellow. Jadi, pertanyaannya lebih spesifik antara warna merah atau kuning.

Hal yang serupa juga dapat kita lihat pada contoh lainnya. Jawaban untuk ketiga pertanyaan di atas sangat spesifik atau terbatas pada pilihan yang ditanyakan.

Baca juga : Apa Beda "Will" dan "Be going to"?

Kapan Pakai What atau Which?

Pada penjelasan di atas, Sobat Tafsi sudah melihat dengan jelas bagaimana perbedaan fungsi antara what dan which dalam kalimat tanya.

Lalu, bagaimana cara menentukan kata mana yang harus kita gunakan dalam kalimat tanya? kapan kita pakai what dan kapan kita pakai which?

Untuk menentukan kata mana yang kita gunakan, kita dapat melihat gagasan atau ide yang dibahas apakah sifatnya umum atau spesifik.

#1 Penggunaan What

Berdasarkan ulasan yang telah dijelaskan di atas, kita bisa menggunakan kata tanya what, jika hal yang kita tanyakan adalah :
1). General idea (hal yang umum)
2). Wide (luas cakupannya).

Jadi, jika sesuatu yang ingin kita tanyakan adalah sesuatu yang bersifat general atau umum dan memiliki cakupan yang luas, maka kita bisa gunakan kata "what".

Selain itu, kata what juga bisa kita gunakan jika kita menginginkan penjelasan atau jawaban yang beragam atau jawabannya tidak dibatasi.

#2 Penggunaan Which

Sebaliknya, kita bisa menggunakan kata tanya which dalam kalimat tanya, jika hal yang ingin kita tanyakan adalah :
1). Spesific idea (hal yang spesifik)
2). Limited (terbatas cakupannya).

Jadi, jika sesuatu yang ingin kita tanyakan adalah sesuatu yang sifatnya khusus atau spesifik dan cakupannya terbatas, maka kita bisa gunakan kata "which".

Poin penting yang perlu diperhatikan dari penggunaan kata tanya which adalah pembatasan jawaban dalam pertanyaan itu sendiri.

Jadi, jika kita ingin menggunakan kata which dalam kalimat tanya, maka idealnya kalimat tanya itu harus diserati dengan dua atau lebih opsi jawaban.

Mengubah Kalimat Tanya What - Which

Karena kata tanya what dan which memiliki fungsi yang hampir sama, maka kita bisa mengubah sebuah kalimat tanya dari kedua kata tersebut.

Berikut sebuah contoh kalimat tanya menggunakan what:
1). What is your favourite food?
(Apa makanan kesukaanmu?)

Jika diubah menggunakan kata which, maka kalimatnya bisa menjadi:
2). Which food do you prefer, sate or lontong?
(Makanan apa yang lebih kau suka, sate atau lontong?)

kapan pakai what dan which?

Berikut sebuah contoh kalimat tanya menggunakan which:
3). Which class do you prefer, music or art?
(Kelas apa yang lebih kau suka, musik atau seni?)

Jika diubah menggunakan kata what, maka kalimatnya bisa menjadi:
4). What is your favourite class?
(Apa kelas kesukaanmu?).

Demikian pembahasan singkat mengenai perbedaan penggunaan what dan which dalam kalimat tanya bahasa Inggris yang dapat edutafsi bagikan.

Baca juga : Kapan pakai "to" atau "for"?

Jika bahan belajar ini bermanfaat buat Sobat Tafsi, bantu kami membagikannya kepada teman-teman Kalian melalui share sosial media yang kalian punya.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment