PERBEDAAN PENGGUNAAN TO DAN FOR DALAM BAHASA INGGRIS

Posted by on 03 October 2019 - 7:22 AM

Kapan kita menggunakan "for" dalam kalimat bahasa Inggris? dan kapan kita lebih tepat menggunakan "to" dalam kalimat daripada kata "for" ? Dapatkah Kamu menjelaskan perbedaan antara kedua kata depan tersebut dan menentukan kalimat mana yang menggunakan kata depan "to" atau "for" yang tepat dalam Bahasa Inggris?

Kata "to" dan "for" merupakan preposisi atau kata depan yang cukup umum digunakan dalam kalimat Bahas Inggris sehari-hari.

Jika kalimat yang menggunakan kata to dan for diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, maka artinya akan terdengar sama. Akan tetapi, pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda.

Edutafsi.com - Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa poin penting mengenai perbedaan "to" dan "for" dari segi penggunaannya.

Tapi, sebelum kita membahas apa saja perbedaannya, kita akan melihat persamaan antara "to" dan "for" serta melihat fungsi keduanya terlebih dahulu.

Persamaan To dan For

Seperti yang telah dijelaskan di atas, to dan for, keduanya merupakan preposisi atau kata depan yang memiliki beberapa arti tergantung konteks kalimatnya.

Salah satu arti dari "to" dan "for" yang membuat keduanya terlihat sama adalah "untuk". Tergantung konteksnya, to dan for dalam kalimat bisa diartikan sebagai "untuk".

Untuk jelasnya, mari kita perhatikan dua contoh berikut ini:
1). My mother asks me to help her (Ibuku memintaku untuk membantunya).
2). My mother asks me for help (Ibuku meminta bantuanku).

Dari kedua contoh di atas, dapat kita lihat bahwa kata to dan for dalam kalimat tersebut sama-sama memiliki arti untuk.

Akan tetapi, jika Sobat Tafsi perhatikan lebih jeli, maka Kalian akan menemukan perbedaan yang sangat jelas mengenai penggunaan to dan for dalam kedua kalimat tersebut.

Apa bedanya? Dapatkah kita menukar posisi to dan for dalam kedua contoh di atas? Simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi To dan For

Secara umum, kata to memiliki beberapa arti yang bergantung pada konteks kalimatnya seperti untuk, ke, atau kepada. Sementara for secara umum diartikan sebagai untuk atau selama.

Arti secara umum :
1). To : untuk, ke, kepada
2). For : untuk, selama.

Jika melihat kedua contoh kalimat di atas, fungsi to dan for di sana yaitu untuk menjelaskan alasan dari suatu kegiatan. Fungsi tersebut diwakili oleh arti keduanya, yaitu "untuk".

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk menerangkan atau menjelaskan (alasan) dari suatu kegiatan, tetapi keduanya sangat berbeda dari segi penggunaan. Berikut beberapa fungsi dan perbedaannya.

#1 Menjelaskan Alasan

Perbedaan pertama yang paling mencolok adalah terletak pada kata berikutnya setelah kata depan to atau for. Untuk jelasnya mari kita lihat kembali kedua contoh tadi.

Contoh kalimat :
1). My mother asks me to help her (Ibuku memintaku untuk membantunya).
2). My mother asks me for help (Ibuku meminta bantuanku).

Dari contoh di atas, pada kalimat pertama, kata to diikuti oleh kata kerja (verb). Kata kerja yang dimaksud adalah kata help yang artinya membantu.

Sedangkan pada kalimat kedua, kata for tidak diikuti oleh kata kerja melainkan diikuti oleh kata benda (noun). Kata benda yang dimaksud adalah help yang artinya bantuan.

Jadi, Sobat Tafsi dapat menggunakan kata to sebagai preposisi dalam kalimat untuk menjelaskan sesuatu dengan menambahkan kata kerja atau verb setelah kata to tersebut.

Sedangkan untuk penggunaan kata for, umumnya digunakan sebagai preposisi untuk menjelaskan maksud dengan cara menambahkan kata benda setelah kata for.

Berikut beberapa contoh lain:
1). I go to the store to buy milk (Saya pergi ke toko untuk membeli susu)
2). I go to the store for milk (Saya pergi ke toko untuk susu).

Pada kalimat pertama jelas disebutkan bahwa tujuan saya pergi ke toko adalah untuk membeli susu. Pada kalimat kedua tidak dijelaskan spesifik membeli tapi kata pergi ke toko sudah dianggap sebagai bentuk kepastian untuk membeli sesuatu, dan yang dibeli adalah susu.

Perhatikan, bahwa pada kalimat pertama, kata to diikuti oleh sebuah kata kerja, yaitu buy yang artinya membeli. Sedangkan kata for pada kalimat kedua diikuti oleh kata benda, yaitu milk yang artinya susu.

Baca juga : Kata Benda Tunggal dan Jamak.

#2 Menunjuk Penerima

Fungsi berikutnya dari kata to dan for adalah untuk menjelaskan atau menunjuk siapa penerima (to point out the recepient) dalam suatu kalimat.

Contoh kalimat :
1). I give this book to her (Saya memberi buku ini kepadanya).
2). I made this book for her (Saya membuat buku ini untuknya).

Pada kedua contoh di atas, dapatkah Kamu melihat perbedaan penggunaan kata to dan for dalam kalimat tersebut? Apa bedanya?

Perbedaannya terletak pada kata kerja yang mendahului keduanya. Pada kalimat pertama, kata kerjanya adalah give (memberi) sedangkan pada kalimat kedua kata kerjanya adalah made (membuat).

Kata memberi dan membuat memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Kata give (memberi) merupakan kata kerja yang menjelaskan motion (pergerakkan).

Pada contoh pertama, ketika saya memberi buku padanya, maka buku berpindah dari saya ke dia. Jadi, ada pergerakan atau motion di sana. Nah, dalam kondisi seperti ini, preposisi yang digunakan adalah to.

Pada kalimat kedua, kata kerja made (membuat) merupakan kata kerja yang menjelaskan situasi atau keadaan, yaitu situasi membuat sesuatu.

Ketika saya membuat buku untuk dia, tidak serta merta buku itu berpindah dari saya ke dia (tidak ada motion), tapi memang tujuan penerimanya adalah dia. Nah, dalam kondisi seperti ini, preposisi yang digunakan adalah for.

Berikut beberapa contoh lain :
1). I send the letter to you (Saya mengirim surat itu kepadamu).
2). I draw this scenery for my son (Saya menggambar pemandangan untuk anak saya).

Pada kalimat pertama, kata kerja send (mengirim) menjelaskan pergerakan atau motion. Dalam hal ini, surat tersebut berpindah dari saya ke kamu.

Pada kalimat kedua, kata kerja draw (menggambar) menjelaskan situasi atau proses menggambar. Dalam hal ini tidak secara langsung menjelaskan perpindahan gambar pemandangan ke anaknya.

Perbedaan To dan For

Nah, dari beberapa contoh di atas, berikut dua perbedaan yang mendasar antara to dan for dari segi penggunaannya dalam kalimat yang fungsinya sama.

#1 Jenis Kata Setelahnya

Untuk penggunaan yang fungsinya menjelaskan alasan, penggunaan kata to dikuti oleh kata kerja atau verb, sedangkan penggunaan kata for diikuti oleh kata benda (noun).

Kapan pakai to atau for dalam bahasa inggris

Formula :
1). Subject + verb + object + to verb + complement.
2). Subject + verb + object + for noun + complement.

#2 Bentuk Kata Kerjanya

Untuk penggunaan yang fungsinya menjelaskan penerima (destinasi), penggunaan kata to didahului oleh kata kerja yang menjelaskan motion atau pergerakan, sedangkan penggunaan kata for didahului oleh kata kerja yang menjelaskan situasi.

Formula :
1). Subject + motion verb + object + to + recepient
2). Subject + situasion verb + obejct +  for + recepient.

Beberapa contoh motion verb antaralain go, walk, bring, give, take, run, drive, carry, send, climb, fly, swim, crawl, lead, drag, dan sebagainya. Beberapa contoh situation verb antaralain make, draw, eat, sing, choose, play, cook, dan sebagainya.

Jadi, jika Sobat Tafsi menggunakan kata kerja motion verb dalam sebuah kalimat misalnya go atau bring,  maka preposisi yang digunakan adalah to.

Sebaliknya, jika Sobat menggunakan kata kerja situation verb dalam sebuah kalimat misalnya make atau cook, maka preposisi yang digunakan adalah for.

Baca juga : Jenis-jenis Text Bahasa Inggris.

Demikian perbedaan penggunaan kata to dan for dalam kalimat bahasa Inggris yang dapat edutafsi bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment