PENGERTIAN ULUL AZMI DAN RASUL YANG MEMILIKI SIFAT AZAM

Posted by on 19 November 2019 - 7:11 AM

Apa yang dimaksud dengan ulul azmi? Siapa sajakah para rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi? Mengapa para nabi tersebut menyandang gelar ulul azmi? Pada kesempatan ini, kita akan belajar mengenai apa itu ulul azmi dan mengapa mereka disebut ulul azmi. Edutafsi juga akan memberikan tips untuk mengingat nama para nabi yang ulul azmi.

Apa Itu Ulul Azmi?

Edutafsi.com - Ulul azmi berkaitan dengan istilah azam, yaitu niatan yang dinyatakan dengan perbuatan atau ucapan yang tidak akan ditolak.

#1 Menurut Bahasa

Dari segi bahasa, kata ulul azmi berarti pemilik keteguhan hati, yaitu orang-orang yang memiliki pendirian dan keteguhan yang kuat.

#2 Menurut Al-Thabary

Menurut Al-Thabary, istilah ulul azmi merujuk pada para nabi yang memiliki keuletan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai cobaan ketika menyampaikan ajaran Allah.

#3 Menurut Thahir bin Asyur

Dalam kitabnya At-Thahir wat Tanwir, Imam Thahir bin Asyur memaknai istilah ulul azmi sebagai orang-orang yang diberi sifat azam, yaitu yang memiliki keteguhan hati.

#4 Menurut Tafsir Al-Jalalain

Dalam tafsir Al-Jalalain, istilah ulul azmi merujuk pada orang-orang tertentu yang memiliki sifat teguh dan sabar atas beban-beban yang dihadapi.

#5 Menurut Syekh Dr. Sayyid T

Menurut Syekh Dr. Sayyid Thantawi dalam tafsirnya "At-Tafsir Al-Wasith", ulul azmi merujuk pada para rasul yang menanggung beban yang lebih berat dalam menegakkan kalimat Allah daripada rasul lainnya.

Dari beberapa arti yang telah disebutkan di atas, maka dapat kita simpulkan bahw ulul azmi merupakan orang-orang yang memiliki keteguhan hati yang luar biasa.

Lebih khusus, Ulul azmi merupakan gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki keteguhan dan kesabaran luar biasa terutama dalam menghadapi berbagai cobaan ketika menyampaikan ajaran Allah.

Siapa Saja Rasul Ulul Azmi?

Rasul ulul azmi adalah para rasul yang memiliki keteguhan hati yang luar biasa dalam menegakkan kalimat Allah meskipun beban dan rintangan mereka sangat berat.

Ada lima rasul yang mendapat gelar ululazmi, mereka adalah nabi Nuh, nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad.

Untuk mengingat nama para nabi yang ulul azmi, sobat tafsi dapat menyingkatnya dengan kata "NIMIM".

Nimim merupakan singkatan untuk :
N = Nabi Nuh
I = Nabi Ibrahim
M = Nabi Musa
I = Nabi Isa
M = Nabi Muhammad SAW

Perhatikan bahwa singkatan tersebut disusun berdasarkan periode atau masa kenabian yang lebih dahulu hingga periode yang paling akhir.

Mengapa Mereka Termasuk Ulul Azmi?

Sesuai dengan arti yang telah kita bahas sebelumnya, kelima rasul yang mendapat gelar ulul azmi menyandang gelar tersebut karena mereka memiliki keteguhan hati yang luar biasa dibanding yang lainnya.

#1 Nabi Nuh

Nabi Nuh menyandang gelar ululazmi salah satunya adalah karena ketabahannya dalam menegakkan agama Allah di tengah-tengah kaum Rasib yang lebih senang menyembah berhala.

Kaum Rasib menentang ajaran Nuh dan menolak menyembah Allah. Termasuk dari mereka adalah anak dan istrinya yang juga membangkang.

#2 Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim termasuk rasul yang ululazmi karena kesabarannya menghadapi umatnya dan raja yang zalim bernama Namrudz. Nabi Ibrahim sempat dibakar hidup-hidup oleh mereka namun diselamatkan oleh Allah SWT.

Kesabaran Nabi Ibrahim juga teruji ketika Ia diperintahkan untuk menyembelih anak kesayangannya yang bernama Ismail. Karena kepatuhannya, sembelih diganti denga domba dari surga.

#3 Nabi Musa

Nabi Musa menyandang gelar ululazmi salah satunya adalah karena kesabarannya dalam menghadapi kaum Bani Israil yang senang membangkang dan raja Firaun yang mengakui dirinya sebagai Tuhan.

Musa kerap berhadapan dengan para penyihir istana dan selalu ada mu'jizat menyertainya. Pasukan Firaun akhirnya binasa dalam perjuangan nabi Musa menyeberangi laut merah.

#4 Nabi Isa

Salah satu ketabahan nabi Isa yang membuatnya menyandang gelar ululazmi adalah ketabahannya ketika menghadapi banyak umatnya yang tidak terima saat banyak orang beriman dari kalangan fakir miskin sehingga mereka berencana menyalip nabi Isa.


Tapi Allah menyelamatkan nabi Isa dengan mengubah wajah salah satu umatnya menjadi wajah nabi Isa. Sedangkan nabi Isa, diangkat oleh Allah SWT ke surga.

#5 Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW juga merupakan rasul yang memiliki keteguhan hati yang luar biasa. Keteguhan hati Beliau layak dijadikan tauladan.

Sejarah Islam telah mencatat banyak hal mengenai ketabahan nabi Muhammad dalam menegakkan agama Islam di tengah-tengah kaum Quraisy yang selalu menentang dan menghina ajarannya.

Demikian pembahasan singkat mengenai istilah ulul azmi yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat.

Jika bahan belajar ini bermanfaat buat sobat tafsi, bantu kami untuk share ke teman-teman kalian melalui share sosial media yang kalian punya.



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment