CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN DESA DI ATAS BUKIT YANG MUDAH

Posted by on 27 July 2020 - 3:14 PM

Cara menggambar pemandangan alam yang mudah untuk pemula menggunakan oil pastels dan pensil warna. Menggambar pemandangan desa di atas bukit step by step. Konten ini merupakan penjabaran cara mudah menggambar sebuah pemandangan alam yang dijelaskan berdasarkan tahapan menggambar dan dilengkapi dengan video yang dapat ditonton di channel youtube.

Edutafsi.com - Cara Menggambar Pemandangan yang Gampang. Hai sobat tafsi, buat kalian yang lagi punya tugas menggambar tapi bingung mau menggambar apa, yuk kita menggambar pemandangan aja.

Pemandangan yang akan digambar kali ini cukup sederhana dan mudah untuk ditiru. Meski sederhana, tapi hasilnya tetap bagus.

Pemandangan kali ini adalah pemandangan sebuah desa yang terletak di atas sebuah bukit hijau yang terdiri dari beberapa rumah.

Rumah-rumah tersebut saling terhubung oleh jalan desa seperti yang dapat sobat tafsi lihat pada gambar di bawah.

Oke, daripada berlama-lama, yuk mending kita simak apa-apa saja yang diperlukan untuk menggambar kali ini dan warna apa aja yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang kita butuhkan untuk menggambar pemandangan alam ini antaralain:
1). Buku atau kertas gambar
2). Pensil 2B dan spidol hitam
3). Oil pastels dan pensil warna
4). Penggaris
5). Penghapus
6). Tisu

Untuk media gambar, sobat tafsi bisa gunakan buku gambar yang sobat pakai di sekolah atau bisa juga menggunakan kertas gambar untuk latihan.

Pensil dan spidol digunakan untuk tahap awal yaitu menggambar outline atau kerangka pemandangannya. Gunakan saja pensil 2B yang kalian punya di rumah.

Untuk pewarnanya, saya menggunakan oil pastels dan pensil warna. Sobat bisa gunakan salah satu yang kalian punya atau kalau ada keduanya juga lebih bagus.

Untuk oil pastelsnya, saya menggunakan oil pastels dari Greebel yang 55 warna sedangkan untuk pensil warnanya, saya pakai yang Faber castel yang 24 warna.

Kemudian saya juga menggunakan tisu yang dilipat sedemikian (membenuk segitiga) untuk meratakan warna atau blending warnanya. Tisu sifatnya optsional karena sobat juga bisa meratakan warna menggunakan jari.

Baca juga : Cara Menggambar Pemandangan Hutan. 

Tahapan Menggambar

Seperti biasa, edutafsi akan membagi proses menggambar kali ini menjadi dua tahapan, yaitu tahap menggambar (membuat kerangka pemandangan) dan tahap mewarnai.

#1 Menggambar Outline

Untuk tahap ini, sobat tafsi bisa menggunakan pensil 2B terlebih dahulu untuk menggambar pemandangan sesuai dengan contoh yang ada di bawah.

Setelah selesai, selanjutnya gunakan spidol hitam untuk memperjelas garis-garis yang sudah dibuat menggunakan pensil tadi sehingga gambarnya jadi lebih jelas.

Untuk sobat tafsi yang udah terbiasa menggambar menggunakan spidok, bisa juga langsung menggambar menggunakan spidol tanpa pensil lebih dahulu unuk menghemat waktu.

Kalau sobat menggambar lansung menggunakan spidol, usahakan menggambar dari objek yang paling depan terlebih dahulu agar garisnya tidak timpang tindih. 

#2 Mewarnai Gambar

Setelah gambarnya selesai, maka tahap berikutnya adalah tahap mewarnai. Gunakan pewarna yang sobat punya dengan warna yang disesuaikan.

Sobat bisa menggunakan warna seperti gambar di bawah sebagai contoh atau boleh juga menggunakan warna sesuai keinginan kalian.

Berikut warna yang digunakan untuk mewarnai gambar sesuai dengan contoh gambar di bawah.

1). Langit 
Untuk mewarnai langit dari bagian bawah ke atas, digunakan warna red, orange, yellow orange, chrome yellow, yellow, dan lemon yellow.

2). Pohon 
Untuk bagian daun pohon, dari bawah ke atas digunakan warna dark blue green, green, dan yellow green. Untuk bagian batang digunakan burnt umber dan grayish brown.

3). Tanaman Hias
Untuk tanaman hias yang berada di dekat rumah, digunakan warna dari bawah ke atas yaitu purple, light purple, dan lavender. Warna ini juga digunakan untuk mewarnai atap rumah.

4). Bukit Hijau
Untuk bukit yang berada di belakang rumah digunakan warna deep green, olive green, dan pale green. Sedangkan untuk warna rumput digunakan dark blue green, grass green, dan pale green.

5). Jalan
Untuk jalan digunakan warna brown, yellow ochre, dan pale orange. Warna yang sama juga digunakan pada salah satu atap rumah.

Demikian cara menggambar pemandangan desa di atas bukit yang dapat edutafsi bagikan, semoga bermanfaat.

Untuk melihat proses menggambarnya secara langsung, sobat tafsi dapat mengunjungi channel kami. Klik gambar di bawah untuk menonton videonya di youtube.

Cara menggambar pemandangan yang mudah


Kalau Sobat tafsi suka dengan konten dan videonya, jangan lupa untuk berlangganan ya, supaya kita bisa belajar menggambar bareng di sana. Terimakasih.



Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment