FUNGSI ATAU MANFAAT SENI RUPA

Updated by on May 7, 2015 - May 07, 2015

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Jika kita lihat berdasarkan pengelompokan itu, jelaslah terlihat fungsi atau manfaat karya seni rupa bagi kehidupan kita. Terlepas dari jenisnya, secara khusus seni rupa mengandung nilai estetika yang dapat memberikan rasa nyaman atau kekaguman kepada penikmat seni rupa secara umum. Sekalipun nilai estetika adalah hal yang relatif dan cara manusia menilai karya seni rupa begitu beragam, namun tidak dapat dipungkiri bahwa karya seni rupa syarat akan keindahan baik itu seni rupa murni yang memang lebih mengutamakan keindahan, maupun seni rupa terapan yang tujuannya lebih pada aplikasi dalam kehidupan. Ketika anda menemukan seseorang yang begitu mencintai hobinya membuat karya seni rupa, mungkin anda bertanya-tanya dalam hati tentang apa sebenarnya yang membuat orang tersebut begitu betah terlebih jika anda melihat bahwa hobi tersebut tidak menhasilkan uang.

Tapi jika anda berada di posisi orang tersebut, sebagai orang yang punya minat dan bakat dalam menghasilkan karya seni rupa maka anda akan tahu bahwa kepuasan batinlah yang terkadang mendorong seseorang melakukan hal semacam itu.

Terlepas dari jenisnya, berikut beberapa fungsi seni rupa :
  1. Untuk memuaskan batin seniman penciptanya atau memberikan kepuasan tersendiri
  2. Memberikan keindahan yang dapat dinikmati secara luas dengan penilaian yang berbeda
  3. Menyampaikan nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman
  4. Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis
  5. Sebagai sarana ritual keagamaan
  6. Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu peristiwa tertentu
Berdasarkan cakupannya, fungsi seni rupa dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

#1 Fungsi Individu
Memenuhi kebutuhan emosional
Salah satu fungsi seni rupa bagi perorangan adalah memenuhi kebutuhan emosional. Seni rupa memberikan kepuasan tersendiri bagi penciptanya ataupun bagi penikmatnya.

Seseorang yang merasa sedih mungkin mendapat penghiburan dengan menikmati keindahan lukisan yang membangkitkan kenangannya akan suatu hal yang indah.

Menghadiri suatu pameran seni rupa juga dapat menjadi alternatif untuk memulihkan suasana hati atau fikiran yang lelah dengan rutinitas sehari-hari, terlebih jika kita adalah pecinta seni rupa.

Memenuhi kebutuhan fisik
Seni rupa terapan yang digunakan dalam kehidupan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik. Karena ditujukan untuk peralatn hidup, maka kenyamanan sangat dibutuhkan.

Adanya seni rupa terapan yang tak hanya memperhatikan fungsi tetapi juga nilai estetika menjadi keunggulan tersendiri yang dapat menimbulkan kenyamanan sebagai salah satu pilar penting pemenuhan kebutuhan fisik.

Desain busana dan aksesoris yang menarik memberikan kenyamanan dan nilai guna yang diselaraskan guna pemenuhan kebutuhan fisik individu.

#2 Fungsi sosial
Rekreasi
Rekreasi atau hiburan merupakan salah satu fungsi seni yang paling dapat dirasakan. Keindahan dan kenyamanan suatu karya seni rupa menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menghibur banyak orang dari berbagai kalangan.

Sama halnya seperti keindahan musik yang yang mampu membangkikan keceriaan, seni rupa juga mampu membantu manusia untuk menyegarkan diri setelah menjalani rutinitas yang melelahkan.

Fungsi seni rupa

Komunikasi
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan media sosial, karya seni rupa juga semakin efektif dalam menyampaikan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Lihatlah bagaimana seorang pelukis yang berada di Eropa menyampaikan ide-ide dan nilai budayanya melalui sebuah lukisan.

Karya tersebut kemudian dapat dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia melalui media sosial dimana pelukis tersebut membagikan karyanya. Banyak orang yang memiliki kesamaan visi kemudian berkomunikasi melewati karya mereka dan saling memberi apresiasi.

Pendidikan
Bagaimana suatu karya seni rupa menjadi pendidikan bagi penikmatnya? Ya, hal itu karena setiap karya seni rupa memiliki pesan dan nilai tersendiri. Banyak hal yang kita peroleh ketika menikmati suatu kaya seni rupa. 
Banyak desain bangunan terkenal yang tercipta karena disainernya belajar banyak hal dari seni arsitektur bangunan terdahulu yang berkesan baginya.

Begitupula halnya desain busana yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak desainer yang belajar dai karya seni rupa yang sudah ada dan mengembangkannya.


Seluruh konten yang diterbitkan di edutafsi.com disusun oleh edutafsi dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.


Pembahasan Terkait

Learn more >>

Advertisements