PEMBAHASAN UN BAHASA INDONESIA TENTANG RANGKUMAN ARTIKEL

Posted by on 12 February 2018 - 5:54 PM

Edutafsi.com - Ringkasan Paragraf. Pembahasan soal ujian nasional bidang studi bahasa Indonesia tentang rangkuman artikel untuk tingkat menengah atas. Selain menentukan ide pokok atau kalimat utama dari suatu paragraf, salah satu model soal yang cukup sering keluar tentang artikel atau teks adalah menentukan rangkuman atau ringkasan dari suatu artikel. Pada kesempatan ini, edutafsi akan membahas beberapa soal tentang rangkuman artikel yang pernah keluar dalam ujian nasional sebagai gambaran bagi murid untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional tahun ini.

Soal 1 : Menentukan Rangkuman dari Sebuah Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi masalah kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenai tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut.

Ketika proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan 17 agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat yakni 203,45 jiwa.

Rangkuman yang tepat untuk artikel tersebut adalah ....
A. Penduduk Indonesia berjumlah 203,45 juta, terdiri atas generasi muda dan penduduk usia lanjut.
B. Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945. Pada waktu itu penduduk Indonesia 70 juta jiwa.
C. Penduduk Indonesia setiap tahun bertambah terus karena masyarakat tidak tertarik ikut program KB.
D. Jumlah penduduk Indonesia setiap tahun bertambah terus sehingga menjadi beban pemerintah.
E. Indonesia harus berjuang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang berkembang hampir tiga kali lipat setelah kemerdekaan.

Pembahasan :
Rankuman merupakan penyajian singkat dari suatu karangan atau artikel asli yang tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli. Dalam karya tulis ilmiah, rangkuman atau ringkasan merupakan hal yang umum sebagai gambaran mengenai isi dari karay tulis tersebut.

Sebagai gambaran mengenai isi dari suatu artikel, tentu rangkuman artikel harus dibuat sedemikian rupa agar mencakup keseluruhan artikel itu sehingga poin penting atau informasi yang ingin disampaikan tidak hilang. Dengan kata lain, rangkuman memberikan gambaran singkat mengenai isi artikel secara keseluruhan.

Untuk menentukan rangkuman dari suatu artikel, maka kita perlu memahami apa yang menjadi pokok pembahasan dalam artikel tersebut. Dalam hal ini, cara paling umum adalah dengan melihat ide pokok atau kalimat utama dalam artikel tersebut untuk kemudian dirangkum berdasarkan kalimat penjelas yang lainnya.

Ide pokok dari artikel di atas terdapat pada kalimat utama di paragraf utama, yaitu bahwa Indonesia masih harus berjuang mengatasi masalah kependudukan. Pada paragraf berikutnya dijabarkan bagaimana jumlah penduduk terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan demikian, rangkuman yang paling tepat untuk artikel di atas adalah Indonesia harus berjuang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang berkembang hampir tiga kali lipat setelah kemerdekaan.
Jawaban : E

Soal 2 : Menentukan Ringkasan dari Artikel

Bacalah teks berikut ini dengan seksama!
(1) Merujuk pada beberapa studi perekonomian, Mardjijono menyampaikan kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja lebih kurang 40.000 orang. (2) Jateng menyumbang sekitar 10% kepada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja bagi 40.000 orang. (3) "Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41%, maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang", sambungnya. (4) Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (5) Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Ringkasan yang tepat untuk artikel di atas adalah ....
A. Jateng menyumbang sekitar 10 persen kepada pertumbuhan, berarti menyedaikan lapangan kerja untuk 40.000 orang.
B. Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.
C. Tahun ini tenaga kerja Jateng yang terserap 176.400 dan itu memberikan sumbangan kepada pertumbuhan nasional.
D. Kenaikan satu persen di Jateng diperkirakan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.
E. Kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah berbeda dalam menyerap tenaga kerja.

Pembahasan :
Sama seperti rangkuman, ringkasan juga merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli namun sedikit berbeda dengan rangkuman karena pada ringkasan tidak terdapat pendapat penulis sehingga murni diambil dari sesuatu yang diringkas dengan hanya mengambil pokok-pokok pentingnya saja.

Meski begitu, ringkasan juga harus tetap mempertahankan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsional. Sama seperti membuat rangkuman, secara umum ringkasan dapat disusun dengan membaca naskah asli secara seksama, mencatat gagasan-gagasan umumnya, kemudian meringkasnya menjadi lebih padat.

Gagasan utama pada artikel di atas adalah mengenai pengaruh kenaikan pertumbuhan ekonomi terhadap peningkatan penyerapan tenaga kerja. Hal itu dapat dilihat pada kalimat pertama dan didukung oleh kalimat lainnya. Dengan demikian, ringkasan yang paling tepat adalah Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.
Jawaban : B

Soal 3 : Menentukan Simpulan Paragraf

Bacalah kutipan esai berikut dengan seksama!
Pengajaran sastra di sekolah dari hari ke hari semakin sarat dengan persoalan. Keluhan dari para guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi sastra menjadi bukti konkret persoalan dalam pembelajaran sastra di sekolah. Persoalan yang dimaksud di antaranya pengetahuan dan kemampuan dasar para guru di bidang kesastraan sangat terbatas, buku dan bacaan penunjang di sekolah juga terbatas, kurikulum yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah.

Simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah .....
A. Banyak sekali siswa yang tidak mau belajar
B. Sangat sulit memahami karya sastra itu
C. Sungguh menyenangkan belajar sastra itu
D. Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah
E. Ternyata tidak hanya sastra yang bermasalah.

Pembahasan :
Selain disampaikan ulang dalam bentuk rangkuman atau ringkasan, sebuah karya tulis atau artikel juga dapat disampaikan dalam bentuk simpulan. Kesimpulan merupakan kesudahan pendapat dari pembahasan sebelumnya. Pada karya tulis ilmiah, kesimpulan merupakan jawaban dari pertanyaan yang ada pada rumusan masalah.

Sebuah kesimpulan harus menggambarkan keseluruhan isi pembahasan. Untuk merumuskan sebuah simpulan, harus diperhatikan hubungan logis antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya. Dalam hal ini, kita harus menentukan topik pembahasan yang dibahas dalam tulisan tersebut agar kesimpulan tidak melenceng dari topik pembahasannya.

Pada kutipan esai di atas, yang menjadi gagasan atau topik pembahasan adalah pemasalahan yang dihadapi dalam pengajaran sastra di sekolah. Dengan melihat hubungan logis antara gagasan tersebut dengan gagasan penjelas, maka simpulan yang paling tepat untuk paragraf di atas adalah pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.

Paragraf yang kalimat terakhirnya berupa kesimpulan umumnya dapat digolongkan sebagai paragraf induktif, yaitu paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Pada paragraf induktif, mula-mula dikemukakan fata-fakta ataupun uraian-uraian yang kemudian akan digeneralisasikan ke dalam sebuah kalimat yang berfungsi sebagai kalimat utama.
Jawaban : D

Demikianlah pembahasan soal ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia tentang rangkuman atau ringkasan artikel. Jika pembahasan soal ujian nasional ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia di bawah ini. Terimakasih.


Seluruh konten yang diterbitkan di edutafsi.com disusun oleh edutafsi dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang menerbitkan ulang konten dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun.


Advertisements