JENIS-JENIS PENSIL YANG COCOK UNTUK MENGGAMBAR

Posted by on 16 January 2015 - 8:30 AM

Untuk menghasilkan sebuah karya gambar pensil yang indah dibutuhkan jenis pensil yang tepat. Penggunaan jenis dan karakter pensil yang tepat dalam setiap tahapan dan teknik menggambar merupakan salah satu faktor yang menentukan nilai estetika suatu karya.

Sebagian orang memang dapat menghasilkan suatu maha karya dengan hanya menggunakan satu buah pensil, akan tetapi akan jauh lebih baik jika anda sebagai pemula menggunakan beberapa jenis pensil yang memiliki karakter dan fungsi berbeda sesuai kebutuhan anda.

Secara umum terdapat tiga macam pensil yang sering digunakan dalam menggambar yaitu pensil biasa, pensil refill dan pensil mekanik. Sebagai pemula akan sangat penting untuk mengetahui karakter dan fungsi masing-masing pensil.

Jenis-jenis Pensil

Karakter atau sifat yang membedakan satu pensil dengan pensil yang lain adalah kekerasan dan kehitaman. Tingkat kekerasan dan kehitaman suatu pensil bergantung pada jumlah karbon dan tanah liat yang digunakan.

Perbedaan karakter itulah yang menyebabkan setiap jenis pensil memiliki fungsinya masing-masing. Terdapat beberapa jenis pensil sesuai sudut pandangnya sebagai berikut :

Berdasarkan kekerasan
Jika ditinjau berdasarkan kekerasannya, pensil dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu keras, sedang, dan lunak. Untuk menunjukkan tingkat kekerasan umumnya produsen pensil menggunakan huruf H (Hardness).

Semakin besar angka pada huruf H, maka akan semakin keras sifatnya. Berikut ini tabel jenis-jenis pensil beradasarkan tingkat kekerasan.

Lunak Sedang Keras Keterangan
2B B 4H H = hard


HB = halfblack


B = black


F = firm
3B HB 5H
4B F 6H
5B H 7H
6B 2H 8H
7B 3H 9H


Berdasarkan kehitaman
Berdasarkan kehitaman, pensil terdiri dari beberapa jenis yaitu pensil dengan intensitas kehitaman rendah, sedang, dan tinggi. Pensil biasanya diberi kode dengan huruf B (Blackness) untuk menyatakan kehitamannya.

Source : dokumen pribadi.
Semakin besar angka pada huruf B maka semakin tinggi intensitas kehitamannya.

Dari jenis pensil H, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, dan jenis EB, pensil H merupakan pensil dengan kehitaman paling rendah dan jenis pensil EB memiliki intensitas kehitaman paling tinggi.



Berdasarkan kegunaan
Tingkat kekerasan dan kehitaman pensil menyebabkan tiap-tiap pensil memiliki fungsi yang berbeda-beda. Meskipun setiap merek memiliki standar yang berbeda, akan tetapi secara umum anda dapat menggunakan acuan berikut ini.

Jenis Kegunaan
H Membuat perencanaan dan sketsa
B
2B
3B Membuat outline dan arsiran
4B
5B
6B Untuk keperluan tertentu seperti menggambar karakter kaca, air, dan lain sebagainya.
7B
8B

Demikianlah jenis-jenis pensil yang dapat anda gunakan dalam melukis, semoga bermanfaat. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, maka kami harap anda berkenan membaginya kepada teman-teman anda di social media. Terimakasih.

Edutafsi.com adalah blog tentang bahan belajar. Gunakan menu atau penelusuran untuk menemukan bahan belajar yang ingin dipelajari.

0 comments :

Post a Comment