Pembahasan Soal SBMPTN Biologi Klasifikasi Tumbuhan

Posted by on 03 May 2016 - 2:16 PM

Pembahasan soal SBMPTN bidang study biologi tentang klasifikasi tumbuhan ini meliputi beberapa subtopik dalam bab dunia tumbuhan (Plantae) yaitu tumbuhan berpembuluh, tumbuhan tidak berpembuluh, tumbuhan berbiji terbuka, tumbuhan berbiji tertutup, tumbuhan monokotil, dan tumbuhan dikotil. Dari beberapa soal yang pernah keluar dalam soal SBMPTN bidang study biologi, model soal tentang klasifikasi tumbuhan yang sering keluar antara lain menjelaskan klasifikasi tumbuhan berdasarkan pembuluhnya, mengidentifikasi dasar yang digunakan dalam penggolongan tumbuhan, mengenali tingkatan takson dalam klasifikasi tumbuhan, mengelompokkan beberapa tumbuhan berdasarkan tingkatan takson terendah, mengidentifikasi sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan tumbuhan, dan mengidentifikasi ciri-ciri suatu golongan tumbuhan, serta memahami klasifikasi tumbuhan monokotil dan dikotil.

Soal 1
Penggolongan dalam takson-takson pada tumbuhan tingkat tinggi terutama berdasarkan ...
A. Penyebaran geografisnya
B. Ukuran dan warnanya
C. Cara reproduksi dan struktur tubuhnya
D. Akar, batang, dan daunnya
E. Habitat dan substratnya

Pembahasan :
Sebenarnya banyak faktor yang dijadikan dasar dalam penggolongan tumbuhan seperti struktur jaringan, tipe akar, tempat hidup, dan sebagainya. Tetapi untuk tumbuhan tingkat tinggi, penggolongan dilakukan berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya.

Dilihat dari cara reproduksinya tumbuhan dikelompokkan berdasarkan alat reproduksi dan cara pembuahannya. Sedangkan struktur tubuh berkaitan langsung dengan struktur batang, daun, akar, dan pembuluh angkutnya.
Jawaban : C

Soal 2
Sistem klasifikasi yang didasarkan pada kesamaan struktur morfologi dan anatomi adalah sistem klasifikasi ...
A. Alamiah
B. Buatan
C. Filogenik
D. Konvergen
E. Divergen

Pembahasan :
Secara umum, klasifikasi terdiri dari tiga sistem, yaitu:
1. Sistem alami
2. Sistem buatan
3. Sistem filogenetik

Sistem klasifikasi alami merupakan penggolongan berdasarkan persamaan ciri morfologi dan anatomi yang dimiliki oleh suatu makhluk hidup.

Sistem klasifikasi buatan merupakan pengelompokkan berdasarkan ada tidaknya persamaan ciri morfologi alat reproduksi, lingkungan tempat tumbuh, dan daerah penyebaran makhluk hidup tersebut.

Sistem klasifikasi filogenetik merupakan pengelompokkan berdasarkan persamaan sifat tampak, kerja faal, tingkah laku yang dapat diamati, dan pewarisan keturunan yang mengacu pada hubungan evolusioner dari nenek moyang hingga perkembangan saat ini.
Jawaban : A

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Dunia Tumbuhan Plantae.

Soal 3
Ginkgo biloba merupakan salah satu jenis tumbuhan obat, termasuk ...
1. Tumbuhan berpembuluh
2. Tumbuhan biji terbuka
3. Tumbuhan kormofita
4. Kelas Gymnospermae

Pembahasan :
Ginkgo biloba merupakan tanaman obat yang biasa digunakan sebagai herbal alami untuk mengatasi gangguan atau kelainan darah dan terkenal khasiatnya untuk meningkatkan daya ingat.

Ginkgo merupakan tumbuhan kormofita berbiji dan termasuk ke dalam subdivisi Gymnospermae atau tumbuhan berbiji terbuka. Itu artinya, Ginkgo juga termasuk tumbuhan berpembuluh.

Jadi, opsi yang benar adalah 1, 2, dan 3. Opsi keempat salah karena Gymnospermae merupakan subdivisi bukan kelas.Gymnspermae merupakan subdivisi dari tumbuhan berbiji (Spermatophyta).
Jawaban : A

Soal 4
Melinjo (Gnetum gnemon) dan petai (Parkia speciosa) dimasukkan ke dalam Spermatophyta.
SEBAB
Melinjo (Gnetum gnemon) dan petai (Parkia speciosa) keduanya memiliki bunga.

Pembahasan :
Spermatophyta merupakan tumbuhan berbiji yang sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Spermatophyta terdiri dari dua subdivisi, yaitu:
1. Gymnospermae (biji terbuka)
2. Angiospermae (biji tertutup)

Melinjo termasuk tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan salah satu ciri tumbuhan berbiji terbuka adalah belum mempunyai bunga sebenarnya namun masih berupa strobilus.

Jadi, pernyataan benar tapi alasan salah.
Jawaban : C

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Kormofita Berbiji.

Soal 5
Tingkatan takson yang paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah ...
A. Divisi
B. Kelas
C. Ordo
D. Famili
E. Genus

Pembahasan :
Jagung dan padi menempati kedudukan sistematik pada tingkatan famili. Jagung dan padi sama-sama merupakan suku rumput-rumputan atau famili Gramineae.

Hal itu terlihat dari kesamaan ciri yang keduanya miliki seperti daun berbentuk pita, batang agak berongga dan beruas, berakar serabut, dan bunganya berbentuk bulir yang mudah terbang saat tertiup angin.
Jawaban : D

Soal 6
Tumbuhan berbiji tertutup juga disebut Anthophyta karena ...
A. Belum memiliki bunga sebenarnya
B. Sudah memiiki bunga sebenarnya
C. Alat reproduksi dengan spora
D. Alat reproduksi berupa strobilus
E. Perkawinannya teralihat

Pembahasan :
Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) merupakan anggota tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Spermatophyta sering juga disebut Anthophyta yaitu tumbuhan berbunga. Angiospermae termasuk Anthopita karena sudah memiliki bunga sebenarnya.
Jawaban : B

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Gymnospermae dan Angiospermae.

Soal 7
Di dalam sistem klasifikasi, Mangifera indica dan Mangifera odorata, termasuk dalam satu kelompok, yaitu pada tingkat ...
A. Genus
B. Spesies
C. Ordo
D. Famili
E. Kelas

Pembahasan :
Dalam penamaan makhluk hidup berdasarkan Binomial nomenklatur, kata pertama menunjukkan takson genus atau marga, sedangkan kata kedua menunjukkan spesies.

Mangifera indica dan Mangifera ordorata sama-sama berawalan Mangifera artinya kedua tumbuhan tersebut berada pada tingkat genus yang sama yaitu Mangifera.
Jawaban : A

Soal 8
Penulisan familia berikut yang sesuai dengan tipe tumbuhan adalah ...
1. Arecaceae
2. Palmae
3. Poaceae
4. Graminae

Pembahasan :
Penulisan takson famili ditulis dengan akhiran ae, misalnya :
1. Arecaceae (suku talas-talasan)
2. Palmae (suku palem-paleman)
3. Poaceae (suku rumput-rumputan)
4. Gramniae (suku rumput-rumputan)

Jadi, opsi yang benar adalah 1, 2, 3, dan 4.
Jawaban : E

Baca juga : Pembahasan SBMPTN Biologi Jaringan Tumbuhan.

Soal 9
Pasangan tanaman berikut yang menunjukkan banyak kesamaan ciri adalah ...
A. Citrus nobilis dan Citrus maxima
B. Citrus maxima dan Shorgum vulgare
C. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
D. Shorgum vulgare dan Phaseolus vulgaris
E. Citrullus vulgaris dan Phaseolus vulgaris

Pembahasan :
Kesamaan ciri dapat dijumpai pada tumbuhan yang berada dalam satu spesies atau satu genus. Pada opsi jawaban, pasangan tumbuhan yang berada pada satu genus adalah Citrus nobilis dan Citrus maxima.

Karena sama-sama genus citrus, Citrus nobilis (jeruk Garut) dan Citrus maxima (jeruk Bali) menunjukkan banyak kesamaan ciri.
Jawaban : A

Soal 10
Ubi kayu (Manihot utilissima) merupakan salah satu anggota divisi Spermatophyta.
SEBAB
Ubi kayu merupakan salah satu tumbuhan berbunga.

Pembahasan :
Ubi kayu termasuk tumbuhan biji (Spermatophyta) yang mempunyai alat reproduksi berupa bunga sehingga disebut juga tumbuhan berbunga (Anthophyta).



Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment