KUMPULAN RUMUS LISTRIK STATIS, GAYA COULOMB, DAN MEDAN LISTRIK

Posted by on 22 December 2014 - 3:07 PM

Sesuai dengan sebutannya, listrik statsis atau electrostatic merupakan salah satu cabang dalam ilmu fisika yang membahas mengenai muatan listrik yang berada dalam keadaan statis atau diam. Muatan listrik yang berada dalam keadaan dinamis akan dibahas dalam konsep listrik dinamis. Adanya gaya tarik yang timbul dari sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke rambut terhadap potongan kecil kertas merupakan salah satu fenomena yang dapat dijelaskan berdasarkan konsep listrik statis.

Berbicara tentang listrik tentu tidak lepas dari muatan listrik. Berdasarkan konsep, muatan listrik terdiri dari dua macam yaitu muatan positif dan muatan negatif sedangkan benda yang tidak bermuatan disebut netral. Suatu benda akan dikatakan bermuatan positif jika jumlah proton lebih besar dari jumlah elektronnya dengan kata lain benda tersebut kekurangan elektron. Sebaliknya, benda akan dikatakn bermuatan negatif jika benda tersebut kelebihan elektron.

Interaksi yang terjadi antar muatan dapat dijelaskan dengan konsep gaya Coulomb. Gaya tolak-menolak antar dua benda yang berdekatan terjadi bila benda-benda tersebut memiliki muatan yang sejenis. Sebaliknya, dua benda yang berdekatan akan saling tarik menarik jika muatan mereka tidak sejenis.

Pengertian Medan Listrik

Medan listrik merupakan suatu ruang di sekitar benda bermuatan listrik dimana ketika benda-benda bermuatan lainnya diletakkan dalam ruang itu maka akan mengalami gaya listrik. Dengan kata lain, medan listrik adalah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik merupakan efek yang ditimbulkan oleh adanya muatan listrik di dalam suatu benda.

Medan listrik digambarkan dengan garis gaya listrik yang arahnya menjauhi (keluar) muatan postif dan mendekati (masuk) muatan negatif.

Konsep Listrik Statis

rumus listrik statis
Untuk mengetahui apakan terdapat medan listrik atau tidak, maka dapat digunakan muatan uji untuk melihat apakah muatan uji tersebut mengalami gaya atau tidak. Jika muatan tersebut mengalami gaya (tolak atau tarik), maka di sekitar daerah tersebut terdapat medan listrik, sebaliknya, jika tidak ada gaya yang bekerja pada muatan uji maka tidak ada medan listrik. Besarnya kuat medan listrik merupakan hasil bagi gaya Coulomb terhadap muatan uji, yang secara matematis ditulis E = F/q.




Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

0 comments :

Post a Comment