RANGKUMAN MATERI FISIKA KELAS X SMA SEMESTER GANJIL

Posted by on 17 February 2018 - 12:02 AM

Edutafsi.com - Ringkasan Teori Fisika kelas sepuluh semester gasal. Di kelas sepuluh, materi fisika yang dipelajari terbilang materi yang sederhana dan merupakan pemantapan dari materi yang pernah dipelajari di tingkat menengah pertama. Pada rangkuman bahan belajar fisika ini, materi akan dibagi menjadi empat bab, yaitu besaran dan satuan, gerak lurus, gerak melingkar, dan dinamika partikel. Rangkuman ini hanyalah pembahasan secara garis besar yang disusun berdasarkan peta konsep edutafsi. Peta konsep disusun berdasarkan subtopik yang penting untuk dipahami. Untuk pembahasan lebih lanjut, anda dapat memilih topik pelajaran yang ingin dipelajari.

Bab 1 Besaran dan Satuan

Pada bab ini akan dibahas beberapa subtopik, yaitu pengukuran, alat ukur, besaran, satuan, jenis-jenis besaran dan penjumlahan vektor. Poin penting yang harus dikuasai pada bab ini antaralain mengenal beberapa alat ukur dan ketelitiannya, mengetahui jenis-jenis besaran, memahami satuan dari suatu besaran, dan mengidentifikasi dimensi dari suatu besaran.

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan tertentu. Berdasarkan satuannya, besaran fisika dibedakan menjadi dua jenis, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Sedangkan berdasarkan arah dan nilainya, besaran fisika dibedakan menjadi besaran vektor dan besaran skalar.

Pengukuran adalah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. Beberapa alat ukur yang umum digunakan untuk mengukur besaran pokok antaralain mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, stopwatch, neraca, gelas ukur, dan sebagainya.

Pada bab ini, murid diharapkan dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan besaran, satuan, dimensi, dan pengukuran. Menjelaskan jenis-jenis besaran dan contohnya, membedakan besaran vektor dan besaran turunan, menentukan dimensi dari suatu besaran, memahami ketelitian alat ukur dan cara menggunakannya, serta menentukan resultan dari besaran vektor.

Bab 2 Gerak Lurus

Pada bab ini akan dibahas beberapa subtopik, yaitu besaran pada gerak lurus, gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak vertikal, dan gerak parabola. Poin penting yang harus dikuasai pada bab ini antaralain memahami beberapa besaran dalam gerak lurus, jenis-jenis gerak lurus beserta ciri-cirinya, rumus gerak lurus, dan grafik gerak lurus.

Dalam materi gerak lurus, terdapat beberapa besaran fisika yang harus dipahami. Besaran tersebut antaralain jarak tempuh, perpindahan, kelajuan, kecepatan, waktu, dan percepatan. Dalam gerak lurus juga dipelajari beberapa istilah seperti posisi, titik acuan, kelajuan rata-rata, kecepatan sesaat, dan sebagainya.

Gerak merupakan proses perubahan posisi benda terhadap acuan tertentu. Suatu benda dikatakan bergerak terhadap benda lainnya (titik acuan) jika kedudukan benda tersebut selalu berubah setiap saat terhadap acuan tersebut. Gerak lurus adalah gerak benda pada lintasan yang relatif lurus. Berdasarkan karakteristiknya, gerak lurus dibedakan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus beruba beraturan.

Gerak lurus berubah beraturan dalam arah vertikal dikenal dengan istilah gerak vertikal. Gerak vertikal secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke bawah, dan gerak vertikal ke atas. Perpaduan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan akan menghasilkan gerak parabola atau gerak peluru.

Bab 3 Gerak Melingkar

Pada bab ini akan dipelajari beberapa subtopik, yaitu besaran pada gerak melingkar, gerak melingkar beraturan, gerak melingkar berubah beraturan, hubungan antar roda, dan gaya sentripetal. Poin penting yang harus dikuasai pada bab ini antaralain memahami besaran-besaran fisika pada gerak melingkar, jenis-jenis gerak melingkar dan ciri-cirinya, rumus gerak melingkar, dan beberapa aplikasi gaya sentripetal dalam kehidupan sehari-hari.

Besaran fisika pada gerak melingkar sebenarnya mirip dengan gerak lurus hanya saja istilahnya berbeda. Beberapa besaran pada gerak melingkar antaralain perpindahan sudut, kecepatan sudut, kelajuan sudut, percepatan sudut, dan waktu. Dalam gerak melingkar terdapat beberapa istilah yang harus dipelajari seperti radian, kecepatan tangensial, sentripetal, dan sebagainya.

Sesuai dengan namanya, gerak melingkar merupakan gerak benda pada lintasan berbentuk lingkaran. Perpindahan yang dicapai benda adalah perpindahan sudut. Berdasaran karakteristiknya, gerak melingkar dapat dibedakan menjadi gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan. Pada gerak melingkar berubah beraturan terdapat percepatan sudut yang konstan.

Dalam gerak melingkar juga akan dipelajari mengenai percepatan sentripetal. Percepatan sentripetal adalah percepatan yang arahnya selalu tegak lurus terhadap kecepatan linearnya dan mengarah ke pusat lingkaran. Sedangkan gaya yang menyebabkan tarikan yang arahnya selalu ke pusat lingkaran disebut gaya sentripetal.

Pilih Topik Pelajaran

Besaran dan Satuan
BESARAN DAN SATUAN
  • A. Pengukuran dan Alat Ukur
    B. Besaran dan Satuan
    C. Besaran Pokok dan Besaran Turunan
    D. Besaran Vektor dan Besaran Skalar
    E. Penjumlahan Vektor
  • Pelajari >>
Gerak Lurus
GERAK LURUS
  • A. Besaran pada Gerak Lurus
    B. Gerak Lurus Beraturan
    C. Gerak Lurus Berubah Beraturan
    D. Gerak Vertikal
    E. Gerak Parabola
  • Pelajari >>
Gerak melingkar
GERAK MELINGKAR
  • A. Besaran pada Gerak Melingkar
    B. Gerak Melingkar Beraturan
    C. Gerak Melingkar Berubah Beraturan
    D. Hubungan Antar Roda
    E. Gaya Sentripetal
  • Pelajari >>
Dinamika Partikel
DINAMIKA PARTIKEL
  • A. Formulasi Hukum Newton
    B. Gaya Normal
    C. Gaya Gesekan
    D. Aplikasi Hukum Newton
    E. Dinamika Partikel Sederhana
  • Pelajari >>

Bab 4 Dinamika Partikel

Pada bab ini akan dipelajari beberapa subtopik seperti formulasi hukum Newton, gaya normal, gaya gesekan, aplikasi hukum Newton, dan dinamika partikel sederhana. Poin penting yang harus dikuasai pada bab ini antaralain memahami bunyi dan rumus hukum I, II, dan III Newton, mengenali gaya-gaya yang bekerja pada benda meliputi gaya berat, gaya normal, gaya gesekan, dan menganalisi dinamika pergerakan benda.

Hukum Newton yang membahas mengenai dinamika gerak benda terdiri dari tiga, yaitu hukum I Newton, hukum II Newton, dan hukum III Newton. Hukum I disebut juga sebagai hukum kelembaman. Hukum II Newton menjelaskan hubungan resultan gaya dengan hasil kali massa dan percepatan sedangkan hukum III Newton menjelaskan suatu aksi reaksi.

Pada beberapa kasus yang dianalisis dengan hukum Newton, terdapat beberapa gaya yang umum bekerja pada benda, yaitu gaya luar (tarikan, dorongan, tekanan, dsb), gaya berat benda, gaya normal, dan gaya gesekan. Gaya normal adalah gaya yang tegak lurus bidang. Gaya gesekan gaya yang timbul akibat gesekan dua permukaan benda.

Demikianlah rangkuman materi fisika kelas X semester gasal yang dapat edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi proses pembelajaran. Jika rangkuman ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia. Terimakasih.


Edutafsi.com adalah blog bahan belajar sekolah yang ditujukan untuk membantu murid belajar. Dukung edutafsi untuk terus berkembang dengan like laman facebook edutafsi dan follow IG Tafsi Junior. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements